beauty school

Perlu Pakai Sunscreen Saat Cuaca Mendung? Ini Jawabannya!

seo-img-article

Edukasi pentingnya menggunakan sunscreen sudah sering dibahas di Female Daily. Pakai sunscreen setidaknya sebanyak dua jari, untuk memastikan kulit benar-benar terlindungi dari bahayanya paparan sinar matahari.

Kami, tim editorial Female Daily, juga selalu mengingatkan teman-teman pembaca untuk menggunakan sunscreen dalam kondisi cuaca apapun. Walaupun langit terlihat mendung, tapi yang namanya UVA dan UVB tetap ada, walaupun nggak terlihat di mata.

Mungkin, masih banyak dari kalian yang menyepelekan menggunakan sunscreen saat cuaca sedang mendung atau ketika masuk musim hujan. Demi memberikan sebuah validasi atas pentingnya menggunakan sunscreen dalam kondisi apapun, saya melakukan sedikit eksperimen untuk kalian. Ternyata efeknya buruk lho, jadi ini cukup saya saja yang mengalami ya!

Jadi kisaran tiga minggu lalu, saya memutuskan untuk berenang selama 2 jam lebih tanpa menggunakan sunscreen. Pembelaan saya berenang tanpa sunscreen adalah karena cuma sebentar, paling 30 menit. Tapi karena sambil ngobrol jadilah berendam di kolam berenang sampai 2 jam, haha. Saat berenang memang cuaca sedang mendung sekali, nggak ada cahaya matahari yang muncul. Saya tahu kulit akan sedikit menggelap walaupun nggak ada matahari, tapi saya nggak menyangka kalau kulit benar-benar akan terbakar hingga perih.

Foto sebelah kiri setelah saya mandi dan mulai terasa kalau kulit bagian hidung perih, dan foto kanan saya menggunakan masker dari True To Skin untuk meredakan kemerahan dan rasa perih. Ketika menggunakan masker, makin terlihat area-area terbakar di kulit, dan ternyata parah sekali. Lalu setelah lihat lagi, yang terbakar juga bukan hanya wajah saja, tapi kulit area tangan pun sampai merah dan gosong.

Baca juga: 5 Sunscreen Lokal dengan Niacinamide untuk Melindungi Sekaligus Mencerahkan Kulit!

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa menggunakan sunscreen sangat penting, walaupun cuaca terasa dingin dan mendung. Karena UVB tetap ada dan siap membakar kulit kalian hingga kering, kemerahan dan mengelupas. Penggunaan sunscreen secara rutin dan setiap hari bukanlah konspirasi atau trik marketing industri kecantikan, tapi karena sunscreen memang diperlukan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Baca juga: Praktis Melindungi Kulit, Ini 3 Produk Suncare dari Dew It yang Bisa Kamu Coba!

Apakah kamu juga pernah mengalami hal serupa? Mulai sekarang, yuk lebih rajin menggunakan sunscreen tiap hari, walaupun kita sedang di rumah saja dan cuaca sedang mendung!

 

Image: Dok. Female Daily/Ochell, Pexels, Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment