banner-detik

fitnfab

3 Penyebab Perut Buncit yang Jarang Diketahui!

seo-img-article

Perut buncit pasti bikin sebal. Tapi cek dulu, siapa tahu kamu sering melakukan 3 hal ini!

Selain pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur, ada beberapa hal kecil yang perlu kamu perhatikan karena bisa juga memberikan sumbangan bagi perut buncit, nih. Hal-hal ini mungkin remeh, tetapi kalau jadi kebiasaan, pengaruhnya bisa signifikan, lho! Berikut 3 penyebab perut buncit yang jarang diketahui!

Baca juga: Susah Langsing? Coba Deh Advanced Treatment di Klinik Kecantikan!

Makan dan Mengunyah terlalu cepat

penyebab perut buncit

Apakah kamu tipe orang yang makan dengan cepat dan terkesan terburu-buru? Kalau iya, kamu harus segera mempertimbangkan untuk makan lebih lambat, deh. Makan dan mengunyah terlalu cepat membuat membuat kita ‘menelan’ udara lebih banyak. Udara yang masuk ini akan membuat perut lebih gassy dan kembung. Selain itu, makan dan mengunyah terlalu cepat tidak dapat memecah makanan dan melepaskan enzim pencernaan dengan proper. Hal ini membuat makanan jadi lebih lama bertahan di dalam usus karena tidak luruh dengan benar dan menghasilkan gas.

Makan dan kunyahlah makanan dengan santai tanpa terburu-buru. Kira-kira kunyah 20-32 kali sebelum menelan agar makanan dapat dihancurkan secara mekanis dengan benar. Eat mindfully!

Minum terlalu banyak saat makan

penyebab perut buncit

Rutin minum memang memberi banyak sekali manfaat bagi tubuh, namun, terlalu sering minum di sela-sela makan juga bisa membuat perut buncit, lho. Kamu pasti tahu, minum terlalu banyak akan membuat perut kembung, apalagi di saat makan yang pasti semakin mengenyangkan. Hal ini juga berlaku untuk minum terlalu banyak dalam satu waktu, yang membuat perut penuh dengan air dan jadi bloating. Minumlah dengan menyesap atau menyeruput air tanpa terburu-buru saat makan. Atau lebih baik lagi, minumlah minimal 30 menit sebelum dan setelah makan agar makanan tidak tercampur dengan air terlalu banyak hingga perut jadi terlalu penuh.

Baca juga: Yuk, Ikuti 5 Tips Ini Agar Diet Lebih Sehat dan Hasil Tetap Optimal!

Makan terlalu asin

penyebab perut buncit

Apakah kamu pernah merasa setelah makan terlalu asin pipi jadi lebih bengkak dari biasanya? Hal ini dipengaruhi oleh kadar sodium yang tinggi dari garam yang menahan air di dalam tubuh. Bukan hanya bisa membuat perut jadi terlihat lebih buncit, wajah, kaki, dan tangan juga akan nampak lebih bengkak dari sebelumnya. Untuk menetralisir, setelah makan makanan asin, minumlah air putih dan makanlah kacang-kacangan, buah, atau sayuran-sayuran seperti pisang, jeruk, tomat, kentang, atau bayam yang kaya akan potassium.

Baca juga: 3 Manfaat Diet Vegan yang Wajib Diketahui

Apakah kamu sering melakukan 3 hal ini? Semoga selanjutnya bisa diminimalisir agar perut tidak mudah kembung dan buncit lagi, ya!

 

Images: freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment