banner-detik

lifestyle

Yuk, Ikuti 5 Tips Ini Agar Diet Lebih Sehat dan Hasil Tetap Optimal!

seo-img-article

Ingin berat badan turun namun maksa dengan diet yang berlebihan? Jangan ya! Yuk, ikuti tips-tips ini agar diet jadi lebih sehat namun hasil tetap optimal!

Terkadang karena terlalu fokus untuk mencapai target diet, kita sering lupa bahwa cara diet tersebut mungkin tidak sehat untuk tubuh. Banyak juga orang yang berasumsi bahwa diet adalah mengurangi porsi makan dan jenis makanannya. Padahal diet tidak hanya dua hal itu saja, lho. Nah, agar proses diet tetap sehat bagi tubuh, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikuti. Agar hasil tetap optimal namun tidak mengganggu kesehatan tubuh!

Baca juga: Tak Mau Perut Buncit? Kurangi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Hitung kebutuhan kalori kamu

Agar diet menjadi sehat, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghitung kebutuhan kalori badan kamu sebelum merubah pola dan jenis makanan. Kebutuhan tubuh itu berbeda-beda lho, dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia dan kondisi kesehatan. Saat kamu sudah mengetahui kebutuhan kalori ini, tubuh akan berjalan lebih normal dan sehat, mulai dari cara kerja otak, pemompaan darah, hingga pernapasan. Ini dikarenakan tubuh akan memperoleh kalori dengan kadar yang tepat dari makanan dan minuman, alhasil tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Hindari diet ‘modis’

Hayo, siapa yang suka keracunan untuk ikut-ikut tren diet terkini? Beda seperti tren skincare atau makeup, mengikuti diet ‘modis’ atau yang sering disebut fad diet ini bisa bahaya lho untuk tubuh. Fad diet ini biasanya mempromosikan penurunan berat badan secara instan. Walaupun cepat, prosesnya sangat ketat dan alhasil berat badan dapat berubah secara drastis dari waktu ke waktu. Sebisa mungkin juga kamu hindari konsumsi pil atau obat penurun badan yang tidak reliable. Agar tetap aman dan kesehatan tubuh tidak terganggu!

Baca juga: Ini 5 Pilihan Outfit yang Cocok untuk Menutupi Perut Buncit!

Olahraga secara rutin

Nah, percuma kalau kamu sudah susah-susah menyesuaikan pola makan baru namun tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin. Karena let’s be real, diet dengan mengubah makanan saja tidak cukup. Agar proses penurunan badan tetap optimal, kamu bisa usahakan melakukan olahraga secara rutin, walaupun hanya olahraga ringan. Kamu bisa mencoba rutin jalan kaki, jogging, yoga, cardio, dan sebagainya.

Jangan lupa konsumsi serat

Kenapa konsumsi serat itu penting? Karena serat merupakan salah satu nutrisi yang bisa bantu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak cepat naik kembali. Serat memiliki banyak manfaat bagi pencernaan, gula darah, dan juga kolesterol. Beberapa makanan yang kaya akan serat adalah kacang-kacangan, jagung, alpukat, brokoli, tomat, dan beras merah.

Baca juga:Ini 5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah untuk Mengatasi Perut Buncit!

Mencoba program katering diet

Kalau kamu terlalu malas untuk menyesuaikan pola makanan sendirian, tenang, ada satu opsi lagi nih yang menarik, yaitu penggunaan program katering diet sehat. beberapa program diet yang bisa kamu coba adalah program D8 andalan dari SKYN Clinic, Dapurfit, Less Salt, Yellow Fit Kitchen, Fit Gourmet, atau kalau kamu mencari catering yang plantbased, kamu bisa coba Tiasa Plantbase, dan Plantful,

Jadi gimana, makin semangat nggak untuk melakukan diet secara sehat? Tentunya konsistensi dan dedikasi juga diperlukan selama proses berlangsung, agar hasil yang diinginkan tercapai. Semangat ya untuk kamu yang sedang diet, dan yang paling penting, stay healthy!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment