skin care

4 Kesalahan yang Bikin Produk Skincare Nggak Bekerja Maksimal

seo-img-article

Coba cek di antara 4 kesalahan ini apakah kamu lulus menyimpan dan menggunakan skincare dengan benar!

Selain pengaruh hormon, lingkungan, dan juga kandungan yang digunakan, cara kita memakai dan menyimpan produk skincare kesayangan juga memengaruhi efektivitas produk yang kita gunakan, lho. Berikut 4 kesalahan yang sering diabaikan dan bisa bikin produk skincare mu jadi kurang bekerja secara efektif dan maksimal!

Baca juga: Hasil Serum Nggak Maksimal? Ini Beberapa Alasannya!

Dropper serum menyentuh wajah

kesalahan skincare nggak bekerja maksimal

Kebanyakan serum yang beredar di pasaran memiliki aplikator dropper seperti pipet dengan bahan kaca. Yang agak tricky, ketika menggunakan produk dengan dropper seperti ini, sering kali dropper tanpa sadar jadi ikut menyentuh wajah. Format produk ini rentan menjadi tempat berkembang biak bakteri, yang mana dropper akan memindahkan bakteri dari wajah kembali ke larutan skincare yang ada di dalam botol. Selain itu, kandungan produk yang menggunakan dropper juga tidak dikembangkan untuk melawan bakteri dari kulit, seperti krim yang biasa diaplikasikan dengan jari. Kamu bisa meneteskannya ke telapak tangan terlebih dahulu atau mengaplikasikannya secara langsung ke wajah dengan hati-hati.

Menyimpan dan membiarkan skincare terkena sinar matahari langsung

Meski terlihat ‘estetik’, beberapa bahan skincare seperti Vitamin C dan juga parfum tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, lho. Panas dari sinar matahari bisa mempercepat pemecahan bahan aktif sehingga skincare tidak bisa bekerja efektif dan maksimal. Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku pada sinar matahari langsung, keadaan panas berlebih seperti kondisi di dalam mobil yang tidak menyala atau dekat dengan mesin yang panas juga bisa membuat kemasan perlahan meleleh atau melengkung, khususnya kemasan-kemasan plastik. Simpan produk-produk kecantikan dengan suhu ruangan di dalam storage tertutup seperti lemari, laci, atau kotak khusus agar produk lebih aman.

Baca juga: 3 Ide Menyimpan Beauty Products Agar Tampil Lebih Menarik

Menyimpan skincare di kamar mandi

Tidak boleh menyimpan skincare dengan paparan sinar matahari langsung bukan berarti produk harus disimpan di kamar mandi yang lembap juga. Keadaan lembap dan dingin, apalagi bila produk tidak ditutup dengan rapat dan terciprat air, bisa berisiko bahan aktif jadi lebih cepat rusak. Kondisi yang lembap justru menjadi lingkungan paling ideal bagi bakteri untuk berkembang biak, dan tentu bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit baru. Cara menyimpan skincare paling tepat adalah di tempat yang kering, sejuk dalam suhu ruangan, tertutup, dan gelap. Kondisi terlalu panas atau terlalu dingin untuk beberapa kandungan aktif justru bisa merusak efektivitasnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Skincare Agar Kandungannya Tidak Mudah Rusak

Nggak menutup produk dengan rapat

Seperti yang telah sempat disebutkan sebelumnya, produk skincare yang nggak ditutup rapat rawan terkontaminasi udara dan bakteri. Apalagi kalau disimpan di tempat yang berdebu dan kotor, kemungkinan kontaminasinya akan semakin meningkat. Dari segi praktikal pun, produk skincare yang nggak ditutup rapat akan mudah tumpah, nggak mungkin dong digunakan lagi? Meski buru-buru jangan lupa menutup produk dengan rapat ya!

Sudah tahu kan sekarang, kesalahan apa saja yang bisa bikin skincare mu nggak lagi bekerja secara maksimal? Ingat baik-baik ya!

 

Images: freepik.com

athifahch

athifahch

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment