banner-detik

beauty school

Hasil Serum Nggak Maksimal? Ini Beberapa Alasannya!

seo-img-article

Sudah berminggu-minggu pakai, kok hasil serum nggak maksimal? Serum memang jadi salah satu kuncian untuk menjaga kesehatan kulit. Tapi nggak semua serum bisa dipakai, atau bisa cocok di semua jenis kulit. Bisa jadi, cara kamu salah dalam memakai serum.

Nggak bisa dipungkiri, baik di media sosial manapun, semua orang merekomendasikan serum sebagai salah satu produk yang wajib dikenakan semua orang, karena fungsinya ada yang bisa mencerahkan, meredakan jerawat dan lain sebagainya. Tapi bagaimana kalau ternyata salah? Berikut adalah beberapa penyebab kenapa hasil serum nggak bisa bekerja maksimal di wajah kamu.

Karena latah beli tanpa melihat kebutuhan kulit

Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang memang sulit hilang: FOMO (fear of missing action). Sekali ada yang beli, semua ikutan latah beli. Satu barang ada yang nge-hits, langsung FOMO, rasanya pingin ikutan punya. Ada skincare yang modelnya pakai influencer atau aktor dan aktris kesayangan, langsung deh beli juga. Padahal, penggunaan serum ini harus cukup teliti. Karena produk perawatan yang dibeli bukan untuk sekadar pajangan, tapi perlu dipakai untuk merawat kulit.

Jadi, kamu WAJIB memilih kandungan yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau sampai salah pilih, kulit kamu bisa jadi berjerawat, bruntusan, atau malah kering. Jadi pastikan kalau beli serum, ketahui dulu permasalahan kulit kamu apa, dan browsing kandungan mana yang seharusnya kamu gunakan dan mana yang tidak, supaya serum yang kamu beli bisa bekerja secara maksimal.

Baca juga: 7 Rekomendasi Serum Lokal dengan Kandungan Centella Asiatica

Pakai serum nggak sesuai urutan 

skincare untuk jerawat

Kalau urusan merawat wajah, wajib memerhatikan setiap detilnya. Sebab, kalau nggak begitu, bisa jadi ada yang menimbulkan masalah atau nggak bekerja secara optimal. Contohnya, memakai serum nggak sesuai urutan. Beberapa orang, mungkin nggak peduli dengan urutan skincare, yang penting pakai. Padahal yang baik adalah, pakai dari tekstur tercair, kemudian diakhiri dengan tekstur paling pekat.

Setelah mencuci muka, kamu bisa mengenakan toner, kemudian dilanjutkan dengan serum. Setelah itu bisa kamu aplikasikan moisturizer dan sunscreen, untuk menjaga kulit wajah tetap lembap dan nggak kusam karena terpapar sinar matahari.

Baca juga: 5 Produk Brightening Serum Lokal yang Harganya di Bawah 100 Ribu!

Tidak konsisten menggunakan serum

Belajar konsisten, bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu mengenakan skincare, termasuk serum. Perlu banget diterapkan ketika pertama kali kamu beli serum, karena pakai skincare itu hasilnya nggak bisa langsung terlihat. Maka perlu bersabar dan konsisten, supaya serum bisa bekerja secara maksimal.

Serum pada umumnya bisa digunakan setiap hari, ketika pagi dan malam hari, dengan urutan skincare yang tepat, kecuali, exfoliating serum. Exfoliating serum atau serum dengan kandungan AHA dan BHA berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, mengaktifkan regenerasi sel-sel kulit, sehingga 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Jadi, sebaiknya baca dulu label kemasan, atau baca website dan caption Instagram brand dengan detil sebelum pemakaian. Kalau kamu menggunakan serum secara teratur, kamu bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan setelah 1 sampai 6 bulan pemakaian.

 

 

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan, “Kenapa hasil serum nggak maksimal?. Mungkin caramu ada yang salah, seperti beberapa poin di atas. Setelah diperbaiki, semoga wajah kamu bisa semakin sehat dan bersinar ya!

 

Image: Freepik, dok. Female Daily & Instagram Everwhite

Slow Down

Please wait a moment to post another comment