banner-detik

beauty school

WAJIB TAHU! Cara Anti-ribet Atasi Kulit Sensitif

seo-img-article

Semakin beragamnya gangguan internal dan eksternal, hingga banyaknya pilihan skincare saat ini juga bisa menjadi faktor yang memengaruhi kondisi kulit kita, lho. Nggak heran semakin banyak pula orang yang akhirnya memiliki kulit sensitif.

Tapi, perlu kalian ketahui bahwa kulit sensitif itu bukan termasuk ke dalam tipe kulit. Ini adalah kondisi kulit yang mudah bereaksi secara berlebihan karena dipicu oleh berbagai faktor. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari ingredients skincare yang kurang cocok, terlalu sering exfoliating, stres, mandi air panas, hingga polusi dan perubahan cuaca ekstrem yang tidak dapat diterima oleh kulit. 

Semakin sering kulit kamu menjadi sensitif, artinya semakin rendah toleransi yang dimiliki kulitmu dalam menghadapi berbagai gangguan internal dan eksternal tersebut.

Reaksi kulit ini juga bisa beragam bentuknya, mulai dari iritasi, kemerahan, gatal, perih, hingga rasa kulit terasa kering dan tertarik secara tidak normal. Bahkan, jerawat juga bisa jadi terus menerus muncul akibat hal ini. 

Apabila hal ini terjadi, artinya skin barrier kita itu sedang terganggu atau bisa jadi rusak. Skin barrier yang rusak inilah yang membuat kulit kehilangan kelembapan, sehingga gangguan eksternal bisa dengan mudah masuk ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan beragam masalah.

Nah, artinya untuk menghindari kondisi kulit jadi sensitif, kita harus pintar nih menjaga kesehatan skin barrier. Ada beberapa hal mudah yang sebenarnya bisa kamu lakukan. 

 

1. Cek Kondisi Kulit ke Dokter Sp.KK

Untuk menghindari kita self-diagnosed dan berujung kepada cara penanganan yang salah, mengunjungi dokter kulit terpercaya adalah solusi paling tepat. Dengan konsultasi ini, dokter akan melakukan pengecekan apa yang menjadi faktor pemicu kulit kita menjadi sensitif sehingga kita bisa menghindarinya dengan lebih baik.

Bisa jadi sensitivitas kulit kita juga dipicu oleh faktor genetik atau keturunan. Jika demikian, perawatan khusus dari dokter tentunya akan sangat membantu.

 

2. Hindari Sumber Pemicu Iritasi

Kalau kita merasa terganggu dengan kondisi kulit ini, maka cara yang paling tepat adalah menghindari sumber pemicunya. Contoh gampangnya adalah, hindari hal-hal yang bisa merusak skin barrier kita, seperti menggunakan sabun dengan SLS, mencuci wajah dan mandi dengan air panas, serta menggunakan kandungan skincare yang keras.

3. Gunakan Produk Perawatan Khusus Kulit Sensitif

Pakai produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif seperti ERHA SKINSITIVE Skin Barrier Series. Rangkaian ini dibuat oleh ahli dermatologi dengan fungsi untuk memperbaiki skin barrier, memberikan kelembapan ekstra, sekaligus menenangkan kulit yang teriritasi. Apa aja sih produknya? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Skin Barrier Facial Wash

Pembersih wajah ini punya formula yang sangat gentle dengan busa lembut yang efektif membersihkan kotoran tanpa membuat kulit terasa tertarik atau kering. Sabun cuci muka ini mengandung Panthenol yang berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan alami kulit, Ekstrak Aloe Vera yang berfungsi untuk bantu menenangkan kulit teriritasi, dan PHA sebagai gentle exfoliator untuk bantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut. 

Diformulasikan tanpa SLS, tanpa fragrance, hypoallergenic (tidak rentan memicu reaksi alergi), dan tidak mengandung surfaktan yang keras.

 

Skin Barrier Face Moisturizer

Pelembap adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan skin barrier. Nah, Skin Barrier Face Moisturizer dengan formula sangat gentle ini bekerja secara menyeluruh (oklusif, humektan, dan emolien). Walaupun begitu, teksturnya tidak greasy dan tetap nyaman dipakai pada pagi dan malam hari.

Diperkaya dengan Ceramide Complex sebagai 4 barrier defense system, moisturizer dengan formula pH balance ini dapat membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier, memberikan kelembapan ekstra, serta mendorong produksi Ceramide alami dalam kulit yang merupakan salah satu komponen penting dari skin barrier.

Selain itu, pelembap ini juga dilengkapi dengan Niacinamide yang berfungsi untuk melembapkan, Allantoin yang berfungsi untuk menenangkan kulit teriritasi, serta Vitamin E untuk menangkal efek radikal bebas.

 

Skin Barrier Body Moisturizer

Selain area wajah, kulit sensitif juga bisa dirasakan di bagian tubuh. Maka dari itu, penting untuk menggunakan pelembap tubuh yang tepat.

Body moisturizer ini memiliki formula hypoallergenic dan fragrance free. Diperkaya degan Ceramide Complex, 7 ekstrak alami sebagai anti-inflammatory, dan Vitamin E yang bekerja sebagai anti-oksidan. Formulanya tentu sangat lembut dan teksturnya juga tidak lengket di kulit, sehingga benar-benar nyaman untuk dipakai kapan saja ketika kita butuh kelembapan ekstra pada tubuh. Supaya kulit terhidrasi dengan baik, gunakan dua kali sehari segera setelah mandi.

Ketiga produk ini juga bisa digunakan dan aman untuk kamu yang punya Eksim (Atopik Dermatitis). Yuk rasakan manfaatnya untuk kulit sensitifmu dan dapatkan produk ERHA SKINSITIVE di seluruh jaringan klinik ERHA, Official Store ERHA di e-commerce kesayangan kalian, atau bisa langsung kunjungi erhastore.co.id

 

Ada yang sudah coba ERHA SKINSITIVE Skin Barrier series ini juga belum? Share di kolom komentar ya pengalaman kalian!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment