banner-detik

burts bees

Gimana Cara Pakai Sunscreen Stick yang Benar?

seo-img-article

Sunscreen Stick harus dipakai dengan cara yang benar, agar dapat melindungi kulit wajah dari sinar matahari secara optimal.

Belakangan banyak sekali brand lokal yang mengeluarkan sunscreen stick ya? Ada Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA,  ++++, LT PRO Sun Protection Stick SPF 38 PA++++, Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick, dan masih ada beberapa lainnya. Saya jadi sering lihat orang pakai sunscreen stick, baik sebagai bagian skincare routine pagi hari atau untuk re-apply. Tapi saya perhatikan, masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara memakai sunscreen stick ini dengan benar.

Sunscreen adalah produk yang sensitif terhadap dosis. Sunscreen harus dipakai dengan minimal jumlah tertentu agar bisa memberikan proteksi yang optimal untuk kulit kita. Makanya sampai saat ini, saya masih setia memakai sunscreen berbentuk cream atau lotion, karena gampang ditakar, sebanyak dua jari setiap kali pemakaian.

Nah, kalau sunscreen stick, bagaimana cara memakai agar kulit tetap terproteksi dengan baik?

1. Gosokkan dulu ke punggung tangan

Sebelum mengoleskan ke area wajah, sebaiknya gosok-gosokkan dulu sebentar sunscreen stick-mu ke pinggung tanganmu. Panas dari gesekan tersebut akan membuat permukaan sunscreen stick sedikit lumer, jadi akan lebih mudah dan lancar ketika kita gosokkan ke area wajah. Hal ini untuk menghindari area wajah kita terkena gesekan yang terlalu kasar. Pastikan kamu sudah mencuci tanganmu dengan baik ya!

2. Oleskan merata ke seluruh permukaan wajah

Nah, ini hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan sunscreen stick. Kita harus teliti mengoleskan bagian perbagian, jangan sampai ada bagian kulit yang terlewat atau berlubang, karena sunscreen memang harus secara merata melapisi permukaan kulit untuk melindunginya dari sinar matahari. Kalau ada bagian yang terlewat, bagian tersebut tidak akan mendapatkan proteksi.

Kasih perhatian lebih pada bagian-bagian cekungan dan lekukan wajah, seperti area sekitar mata dan cuping hidung. Karena seringkali bagian tersebut terlewat dan tidak teroles sunscreen stick dengan benar

3. Ulangi sebanyak empat kali

Saat mengoleskan perbagian, lakukan bolak-bolik minimal empat kali, baru pindah ke bagian lain. Sunscreen stick memang harus dioleskan empat kali untuk mendapatkan proteksi setara dengan pemakaian sunscreen cream atau lotion sebanyak dua jari. Jadi sabar-sabar saat mengoleskan ya.

4. Selalu bersihkan permukaan sunscreen stick setelah dipakai

Masalah utama sunscreen stick sebenarnya adalah higienitasnya. Produknya harus secara langsung menyentuh kulit berulang kali sebelum disimpan, dan kemudian akan dipakai lagi. Jadi memang wajib banget membersihkan permukaan sunscreen stick setiap kali habis dipakai. Apalagi kalau kamu punya acne-prone skin. Karena kebayang nggak sih kamu selalu mengoleskan sunscreen stick yang kotor ke wajah kamu terus menerus?

Cara membersihkannya simpel saja kok sebenarnya. Usap-usapkan saja area permukaan sunscreen stick pada tisu, sampai minyam dan kotoran di permukaannya menghilang. Cuma memang harus rajin dan jangan sampai kelupaan ya step ini.

5. Jangan gunakan untuk re-apply di atas makeup!

Ini mungkin opini yang nggak populer, tapi menurut saya, sunscreen stick memang tidak sebaiknya dipakai untuk re-apply, apalagi kalau kamu menggunakan makeup. Alasan pertama, tentu higienitas. Makeup yang kamu pakai pasti sedikit banyak akan berpindah ke sunscreen stick. Kalau tidak benar saat membersihkannya, bisa menimbulkan berbagai masalah kulit.

Alasan kedua, gesekan sunscreen stick ke kulit wajah, akan menggeser makeup. Nah, karena takut makeup bergeser, biasanya orang akan cenderung berhati-hati dan pakai produk sunscreen stick ini tidak ditekan dengan benar atau mengambang di kulit, yang penting kena sedikit. Padahal seperti yang sudah kita tahu, sunscreen harus digunakan dengan jumlah minimal tertentu untuk menghasilkan perlindungan yang optimal untuk kulit. Menggunakan sunscreen stick dengan ragu-ragu seperti itu tentu akan memengaruhi jumlah produk yang berpindah ke kulit kita.

 

Sunscreen stick adalah produk sunscreen yang bagus dan tentu boleh digunakan sebagai pelengkap skincare sehari-hari. Namun, harus diperhatikan cara pemakaian dan kebersihannya ya.

 

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment