sponsored post

Apa Sih Manfaat Minuman Kolagen Bagi Kulit? Temukan Jawabannya di Sini!

seo-img-article

 

Minuman kolagen kini marak di pasaran. Sebenarnya, gimana cara kerjanya dan apa saja manfaatnya? Simak, yuk!

 

Sebenarnya, keberadaan minuman kolagen atau suplemen kolagen di pasaran sudah cukup lama. Namun, beberapa tahun terakhir semakin marak, seiring dengan meningkatnya kesadaran banyak orang tentang pentingnya skincare. Karena kehadiran minuman kolagen ini kian banyak, FD jadi semakin penasaran dan ingin mengulik lebih lanjut. Benarkah minuman kolagen bisa membuat kondisi kulit jadi lebih prima? Apakah hanya sugesti?

Faktanya, kadar kolagen alami dalam tubuh kita pasti akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Padahal, kolagen adalah komponen protein penting dalam struktur kulit. Bila kondisinya semakin sedikit, maka kulit akan berubah jadi lebih kering, dan kekencangan kulit tidak sebaik ketika kita masih muda.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi minuman kolagen bisa membantu menambah bahan baku kolagen dalam tubuh. Minum suplemen kolagen juga bisa membantu produksi protein lainnya yang bisa membuat kulit sehat, seperti elastin dan fibrilin.

Namun, penting untuk diingat atau digaris bawahi bahwa minuman kolagen tidak akan menambah kolagen secara langsung pada lapisan dermis kulit, tapi akan menstimulasi kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen. Jadi, minuman kolagen sebenarnya tidak akan berfungsi direct ke kulit seperti kita memakai krim dengan kandungan kolagen, tapi juga berguna bagi bagian tubuh lainnya, seperti tulang dan sendi, bahkan rambut dan kuku.

Bagi kulit, asupan kolagen bisa membantu melembapkan kulit, menjaga kepadatan dan elastisitas kulit, mempercepat regenerasi kulit, mencegah penuaan dini, hingga membantu penyembuhan luka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Collagen untuk Bikin Kulit Awet Muda!

Apa kata dokter?

Dalam interview untuk artikel FD beberapa waktu lalu, dr. Dewi Hasanah SpKK juga mengatakan bahwa pada prosesnya, suplemen kolagen yang kita minum akan dipecah menjadi amino acid supaya bisa diserap di saluran cerna. Jadi, bukan langsung ke kulit, melainkan merangsang tubuh untuk membentuk kolagen. Dr. Arini Widodo, SpKK juga mengungkapkan bahwa minuman kolagen yang diminum seharusnya mengandung hydrolized collagen, yang artinya punya molekul lebih kecil untuk diserap oleh tubuh – karena bila tidak, maka hasilnya tidak akan terlalu berpengaruh. Biasanya, minuman kolagen juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C, karena vitamin C ini bisa memicu produksi kolagen lebih banyak pada kulit kita.

Nah, berkat penjelasan dokter dan membaca berbagai jurnal, FD tertarik mencoba minum minuman kolagen selama 2 minggu terakhir, namanya BYT Colla Collagen Juice Powder Drink. Setelah minum 2 kali sehari secara rutin, saya merasa tubuh nggak gampang sakit, kulit pun jadi terasa lebih lembap, lho. Kenapa pilih BYT Colla? Apa kelebihannya? Berikut beberapa keunggulan BYT Colla Collagen Juice Powder Drink yang harus kamu tahu:

Mengandung Tripeptide Collagen

Hydrolized collagen yang digunakan oleh BYT Colla adalah Tripeptide Collagen. Ini adalah jenis kolagen yang berasal dari 3 keping asam amino, molekulnya lebih kecil jadi mudah diserap oleh tubuh, bahkan penyerapannya 2,8 kali lebih cepat. Sehingga, ketika sampai di tubuh tidak perlu dipecah lagi oleh enzim diusus, jadi bisa langsung diserap, sehingga lebih efektif. Kolagen yang dipakai ini juga bersumber dari ikan, yang punya asam amino yang padat, sehingga bisa bekerja lebih cepat dibandingkan kolagen yang diperoleh dari hewan lainnya.

Dilengkapi dengan L-Glutathione Grade A

Glutathione berperan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga kulit nggak mudah rusak, nggak gampang bermasalah, mencegah hiperpigmentasi dan kulit kusam. Dalam dunia kecantikan, Glutathione juga merupakan bahan yang terkenal aman untuk membantu mencerahkan kulit. Glutathione juga bisa menjaga imun tubuh dan penting untuk regulasi pertumbuhan sel. BYT Colla memakai L-Glutathione Grade A yang kualitasnya lebih unggul, diimpor langsung dari Jepang.

Kaya nutrisi yang penting untuk kulit

BYT Colla juga mengandung Pomegranate Extract yang baik untuk menjaga keremajaan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, Strawberry Extract yang kaya antioksidan dan vitamin C, Acai Berry Extract yang bisa membantu kulit tetap plumpy dan tinggi vitamin, Blueberry Extract yang mempercepat proses regenerasi kulit, Goji Berry Extract untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, serta bahan-bahan lainnya yang bisa merawat kulit, seperti Vitamin C, Green Tea Extract, Sea Algae, Aloe Vera Extract, Apple Extract, Red Beet Extract, dan Zinc. Lengkap, kan?

Pakai pemanis stevia

Khawatir mengonsumsi terlalu banyak gula? Tenang, BYT Colla menggunakan pemanis alami stevia, kok. Stevia ini kerap digunakan sebagai pengganti gula biasa, karena memberikan rasa manis namun tanpa kalori dan nggak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan gula darah.

Sudah tersertifikasi halal

Untuk kamu yang concern dengan label halal, nggak perlu khawatir. Minuman kolagen ada yang mengandung kolagen ikan atau berbagai hewan lainnya. Nah, BYT Colla mengandung kolagen yang terbuat dari ikan dan sudah terdaftar halal MUI.

Jadi, BYT Colla ini bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit sehari-hari, karena kaya nutrisi dan antioksidan yang bisa melindungi kamu dari radikal bebas dan lingkungan yang buruk, bisa membantu kamu agar nggak gampang sakit, plus bikin kulit kamu lebih lembap dan nggak gampang inflamasi. BYT Colla bisa jadi booster untuk makanan sehat yang kamu konsumsi, serta produk-produk skincare yang kamu pakai setiap hari.

Gimana? Penasaran, kan? Rasanya enak, lho. Kamu bisa mengonsumsinya 1 sachet setiap pagi dan malam hari, dengan dicampur air 150 ml. Diminum dingin lebih enak! Tenang saja, minuman kolagen sifatnya suplemen, sehingga nggak membuat ketergantungan. Pastikan kamu selalu baca kemasan dan info produk dulu sebelum mengonsumsi atau memakai produk apapun ya.

 

Kamu harus ingat juga, kalau peran minuman kolagen untuk memperbaiki tampilan kulit tentu tidak bisa instan dan berdiri sendiri. Kamu tetap harus melakukan yang lebih utama, yaitu merawat kulit dengan produk skincare, termasuk menggunakan sunscreen setiap hari agar kandungan kolagen dalam kulit kita nggak mudah rusak akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa, healthy lifestyle is a must! Kamu harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi setiap hari ya, termasuk juga protein dan vitamin C, yang sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit.

 

 

Image: Dok. Female Daily/Andreas Halim

Sumber:

https://mdpi-res.com/d_attachment/antioxidants/antioxidants-09-00181/article_deploy/antioxidants-09-00181.pdf

https://pubs.acs.org/doi/10.1021/acs.jafc.6b05679

https://www.jdsjournal.com/article/S0923-1811(17)30574-1/pdf

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/glutathione-definition-uses-benefits-more/

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment