beauty school

Ini Dia Jenis Spot Treatment yang Tepat untuk Setiap Tipe Jerawat!

seo-img-article

Agar lebih efektif, beda tipe jerawat juga perlu beda jenis spot treatment, lho! Pasti pingin kan, jerawat cepat hilang? Yuk, simak di sini!

Kamu pernah ngerasain nggak, suatu hari pakai spot treatment di satu jerawat dan hasilnya cepat hilang, tapi di jerawat lain nggak ada progress? Nah, bisa jadi jenis spot treatment serta kandungan didalamnya yang kamu pakai kurang cocok dipakai untuk tipe jerawat tersebut. Ternyata, setiap tipe jerawat itu memiliki penyebab serta cara pengobatan yang berbeda-beda. Jadi, kalau kamu mau jerawat cepat lenyap, ada baiknya kamu mengerti tipe jerawat kamu sehingga bisa disesuaikan dengan spot treatment yang tepat. Biar makin jelas, yuk, simak di sini!

Jenis-jenis jerawat

First thing first, kamu tentu harus tahu apa tipe jerawat kamu. Nah, beberapa waktu lalu Female Daily sudah pernah lho, bikin video tentang ini. Kalau belum nonton, wajib nonton di sini ya! Intinya, untuk tipe jerawat sendiri itu ada 4 jenis, yaitu papule, pustule, cystic acne (jerawat batu), hormonal acne, dan fungal acne. Tak lupa juga blackhead dan whitehead yang pastinya sering dijumpai banyak orang. Kira-kira, spot treatment seperti apa ya yang cocok untuk tiap jenis jerawat ini?

Papule

Papule atau papula adalah jenis jerawat yang pada umumnya berupa benjolan kemerahan dan memiliki whitehad didalamnya. Jenis jerawat ini juga termasuk inflammatory acne yang disebabkan oleh bakteri atau pori-pori tersumbat. Untuk jerawat papula, kamu bisa pakai spot treatment dengan kandungan Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, sulfur atau tea tree. Kandungan-kandungan ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat serta meredakan inflamasi.

Baca juga: 3 Facial Wash Drugstore untuk Kulit Berjerawat

Pustule

Nah, kalau jerawat pustule atau pustula ini juga mirip dengan jerawat papula. Jerawat pustula juga merupakan jerawat meradang, namun didalamnya terdapat nanah. Pasti kamu tahu deh, kalau jerawat kamu itu pustula. Untuk menanganinya, alternatif yang direkomendasikan adalah pimple patch. Ini agar nanah dapat terangkat dengan baik tanpa terpapar kotoran atau bakteri. Selain itu, kamu bisa juga pakai obat jerawat dengan kandungan Salicylic Acidatau Benzoyl Peroxide.

Cystic acne

Cystic acne atau jerawat batu ini lebih ‘ekstrim’ lagi dibanding papula atau pustula. Biasanya jerawat batu ini besar, merah, dan terasa sakit. Umumnya, penyebabnya adalah hormon yang tidak seimbang atau genetik. Nggak hanya besar, tapi jerawat batu juga lebih sulit disembuhkan. Lebih baik, kamu langsung konsultasi ke dermatolog ya, agar diberi perawatan yang sesuai. Meski begitu, kamu juga bisa coba memakai spot treatment dengan kandungan Benzoyl Peroxide yang sedikit lebih tinggi.

Baca juga:Super Acne: Jenis Jerawat yang Nggak Mempan Diobati

Fungal acne

Fungal acne yang biasa disebut jerawat jamur ini juga sedikit tricky untuk disembuhkan. Biasanya fungal acne akan terasa gatal pada kulit, muncul dengan jumlah yang banyak pada satu bagian muka, dan tidak mempunyai ‘mata’. Pada umumnya, perscription untuk fungal acne adalah Ketoconazole 2%, yang merupakan medikasi anti-fungal yang akan merawat infeksi-infeksi dikarenakan jamur. Namun, kamu juga bisa pakai obat jerawat dengan kandungan anti-fungal seperti green tea, propolis, sulfuratau azelaic acid. Tetap ada baiknya konsultasi ke dermatolog juga ya!

Whitehead

Bintik-bintik kecil berwarna putih ini merupakan jerawat komedonal yang biasanya disebabkan karena tersumbatnya pori-pori. Untuk menanganinya, kamu bisa menggunakan spot treatment dalam bentuk gel, krim, masker, atau pimple patch yang ada kandungan Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, atau AHA. Bisa juga dibantu dengan memakai adapelene. Kandungan-kandungan ini akan mencegah peradangan dan membersihkan pori-pori.

Blackhead

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan penampakan blackhead, bintik-bintik hitam yang kerap muncul di hidung atau dagu. Untuk mengatasi blackheads, kamu dapat memakai produk over-the-counter yang lagi-lagi mengandung kandungan seperti BHA (Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide) atau dengan AHA (Glycolic Acid).

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Jerawat Kamu Susah Hilang

So, itu dia jenis spot treatment sesuai dengan tipe jerawatnya yang sebaiknya kamu coba. Semoga dengan memerhatikan lebih kandungan dan jenis spot treatment kamu, jerawat jadi cepat hilang ya! Ada yang punya spot treatment kesayangan nggak? Yuk, share di bawah, siapa tahu bisa bantu FD Members yang lain!

Image : Freepik, Shutterstock/Shaynepplstockphoto, frank60, Vedix.com.

raiagumay

raiagumay

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment