banner-detik

beauty school

Mengatasi Fungal Acne Saat Perubahan Cuaca

seo-img-article

Tinggal di negara tropis dengan tingkat kelembapan tinggi bisa memicu reaksi fungal acne bahkan jika sudah ada ‘bibitnya’ bisa membuatnya bertambah parah.

Istilah fungal acne atau yang dikenal sebagai Malassezia Folliculitis disebabkan oleh fungi atau jamur pityrosporum ovale yang sebenernya merupakan flora normal pada kulit orang dewasa. Nah, yang bikin repot kalau terjadi overgrowth atau berkembang biak tanpa kontrol yang disebabkan oleh faktor kelembapan tinggi, cuaca panas, keringat, bahkan nggak cocok skincare produk yang mengandung yeast atau yang sudah melewati proses fermentasi.

Baca juga: Ngalamin Adult Acne? Ternyata Ini Penyebabnya!

Pada kondisi normal pertumbuhan jamur Pityrosporum ovale kurang dari 47%, namun kalau ada faktor pemicu bisa meningkat sampai 74% yang bisa menyebabkan permasalah kulit seperti fungal acne, sampai dermatitis atopik salah satu di antaranya seborrheic dermatitis. Nah, saya mau sharing gimana mengatasi  fungal acne di musim pulang kampung yang identik dengan perubahan cuaca.

Fungal Acne Female Daily 2021

1. Jangan Panik

Saat fungal acne muncul dengan ciri-ciri kulit sangat gatal, muncul bruntusan dalam bentuk yang seragam, baik dengan mata putih (pustule) atau tidak, pasti mayoritas kita jadi panik dan stres. Saat tingkat kecemasan meningkat biasanya jadi pemicu untuk mulai pegang-pegang muka bahkan menggaruk area yang gatal. Nah, sebaiknya hal ini dihindari ya, dengan cara…

2. Make Yourself Comfortable

Berdasarkan pengalaman pribadi kalau fungal acne dipicu oleh perubahan cuaca dan kelembapan, ada baiknya tetap ada di suhu ruangan yang bikin kita nyaman dan nggak mengeluarkan banyak keringat. Setidaknya untuk mengatasi fungal acne, alangkah lebih baik untuk nggak memperburuk keadaan dan memberi “makan” fungi tersebut dengan kelembapan tinggi.

Memakai baju dengan bahan menyerap keringat yang nyaman bisa membantu mengurangi rasa gatal yang muncul, mengusir gerah hasil sugesti dari pakaian yang ketat dan nggak nyaman.

Baca juga: Ini Dia Cara Hilangkan Jerawat Tanpa Obat Jerawat!

3. Hindari Pemicunya

Pertumbuhan fungal acne bisa bertambah parah jika skincare produk yang kita pakai ternyata mengandung sumber makanan untuk fungi tersebut berkembang biak. Nah yang pertama dilakukan, rajin baca ingredient list di kemasan skincare produk kamu dan hindari sementara jika mengandung bahan-bahan seperti ini: Yeast Ferments, Esters, Cholesterol, Polysorbates, Fatty Acid dan Oils.

Betul banget kalau kamu bilang bahan-bahan ini common ada di skincare produk yang kita gunakan setiap hari. Lantas, apa iya harus kita stop semuanya? Baiknya iya untuk sementara agar nggak memicu pertumbuhan fungi.

Fungal Acne Female Daily

4. Antidote Fungal Acne

Kedua, cara mengatasi fungal acne adalah pakai skincare produk yang mengandung bahan-bahan di bawah ini sebagai penawarnya. Surprisingly, gampang ditemukan, kok!

Ketoconazole– merupakan bahan aktif anti mikroba dan anti keratinolitik yang sering ditemukan di shampoo anti ketombe untuk mengurangi rasa gatal dan pertumbuhan fungi yang berlebihan.

Sulfur– memiliki sifat keratinolitik yang dapat melepaskan jamur bersamaan dengan sel kulit mati dari stratum korneum. Saat diaplikasikan kulit sulfur memproduksi Penthathionic Acid yang merupakan racun untuk jamur! Aha!

Honey & Propolis– nggak asing lagi ya kalau madu dan propolis memiliki peran sebagai antimikroba dan anti peradangan yang bisa meredakan kemerahan yang muncul bersamaan dengan fungal acne.

BHA– merupakan exfoliating agent yang larut dalam minyak dan bekerja lebih dalam untuk membersihkan pori-pori. Ini menguntungkan karena mengangkat minyak berlebih dan berfungsi sebagai anti fungal juga.

Urea– merupakan underrated ingredient yang bersifat menarik air dan menahannya di dalam kulit atau yang dikenal sebagai humektan.

Baca juga: Jenis-Jenis Obat Jerawat yang Harus Kamu Tahu

5. Produk Skincare

Nah, selanjutnya pasti sudah ditunggu-tunggu yaitu produk skincare apa yang mengandung bahan-bahan yang bisa menetralisir fungal acne. Semua produk ini sudah pernah saya coba dan nggak memberi saya dampak buruk saat ada fungal acne (result may vary).

Also, cruelty free.

Klairs Fungal Acne Female Daily

Klairs Supple Preparation Unscented Toner

BHA-Fungal-Acne-Female-Daily

Cosrx BHA Blackhead Power Liquid

 Benton Fungal Acne Female Daily

Benton Aloe Propolis Soothing Gel

FSS Fungal Acne Female Daily

image credit: forskinssake.com

For Skin’s Sake Hydrating Serum

Finally, selalu ingat kalau fase penyembuhan fungal acne nggak berlangsung instan, bahkan bisa memakan waktu berminggu-minggu, jadi faktor lain seperti sabar dan telaten adalah koentji. Tapi kalau kamu merasa ragu dan membutuhkan rekomendasi lebih lanjut jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mengatasi fungal acne, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment