peace of mind

Sering Overthinking? Ini 4 Cara Mengatasinya

seo-img-article

Kalian merasakan nggak sih, sejak WFH jadi sering mengalami overthinking? Khususnya pada malam hari, saat menuju mau tidur? Kalau saya, memang dasarnya sering banget overthinking, namun sejak pandemi, jarang ngobrol sama tim editorial dan tinggal sendiri, overthinking saya malah makin parah. Nggak jarang overthingking ini malah bikin mood jelek dan mengganggu kesehatan mental saya. Soalnya kalau sudah overthinking, ujung-ujungnya merasa diri nggak kompeten dan ngerasa kurang maksimal dalam mengerjakan semua hal, khususnya urusan kantor.

Menurut Prita Yulia MAharani, M. Psi., Psikolog dari aplikasi Riliv, mengatakan bahwa overthinking itu adalah ketika kita memikirkan suatu hal dengan cara berlebihan. Faktanya, banyak orang lho yang mengalami overthinking dan nggak sadar kalau ini merupakan kebiasaan yang buruk.

Baca juga: Ini Bahaya Hustle Culture Zaman Sekarang

“Sayangnya, banyak orang menganggap kalau overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan untuk berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele, bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi sulit tidur karena terus kepikiran.”

Jalan sore

Hal simpel pertama yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki. Jalan kaki cukup efektif untuk mengalihkan overthinking yang kita alami. Karena saat berjalan kaki, banyak hal yang bisa kita lihat, sehingga, kita nggak lagi fokus memikirkan hal-hal sepele secara berkepanjangan.

yoga meditasi

Melakukan meditasi

Sedikit sulit, tapi meditasi pernapasan bisa membantu kamu untuk keluar dari permasalahan overthinking. Kenapa yang disarankan meditasi pernapasan? Karena saat meditasi ini, kamu diminta untuk fokus dengan cara berpanaf yang baik dan benar. Ada banyak jenis meditasi yang kamu lakuakan dan bisa didapatkan secara online.

Baca juga: FD Experiment: 10 Hari Break Instagram untuk Mental Health

Mendengarkan musik

Suasana hening bikin suara overthinking kita semakin berisik. Makanya kalau sedang sendirian di rumah, nggak ada salahnya dengarkan berbagai jenis musik yang kamu suka. Ketika mendengarkan musik, secara nggak sadar, otak kita akan terfokus pada nada lagu atau lirik yang sedang diputar.

Baca juga: Mengerti Mental Health dan Cara Menghadapinya

Baca buku

Ini cara yang paling saya suka, yaitu membaca buku. Namanya juga membaca, kita harus fokus dengan buku tersebut untuk memahami isi dan alur ceritanya. Selain itu, dengan membaca buku imajinasi kita juga diajak untuk bekerja, memvisualisasikan suasana dalam cerita. Dijamin, overthinking yang kalian alami akan terlupakan begitu saja. Buku yang dibaca juga bisa mermacam-macam, bisa novel atau komik.

Image source : Book photo created by pressfoto,

ochell

ochell

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment