banner-detik

bath n body

4 Soap Bar Lokal yang Bisa Dipakai untuk Kulit Eczema

seo-img-article

Zaman sekarang, soap bar punya bentuk yang bagus-bagus, serta punya sensasi yang menyenangkan saat dipakai mandi. Simak yuk, 4 soap bar  lokal yang natural dan eczema-friendly!

Siapa yang masih suka mandi dengan menggunakan soap bar atau sabun batang? Saya masih! Saya saat ini justru lebih suka pakai soap bar daripada sabun cair lho, terutama sabun batang yang homemade dan natural, atau artisan soap bar ya. Alasannya karena biasanya sabun jenis ini lebih nyaman digunakan. Soap bar biasanya punya busa yang lumayan banyak, setelah dibilas  nggak licin, namun juga nggak mengeringkan kulit dan nggak bikin eczema saya kambuh. Sabun cair yang eczema friendly biasanya minim sekali busanya dan ketika dibilas meninggalkan sensasi licin. Alasan kedua, saya suka gemes sendiri sama bentuk-bentuk artisan soap bar yang mirip kue. Bikin saya ingin mengoleksi semuanya.

Artisan soap bar semacam ini biasanya menggunakan bahan-bahan yang aman dan lembut untuk kulit sensitif, juga nggak bikin kulit kering. Jadi nggak heran kalau banyak yang meng-klaim produknya aman digunakan untuk wajah dan badan. Namun saya sendiri tidak pernah memakai sabun batang untuk wajah.

Artisan soap bar nggak selalu mahal, kok. Banyak juga merek-merek lokal yaang membuat artisan soap bar dengan kualitas yang bagus. Biasanya selain menggunakan sabun, dalam sabun batang ini juga ditambahkan essental oil atau bahan aktif lain, untuk menambah aroma, warna, ataupun menfaat di kulit.

Sensatia Botanicals Soap

Ini merek sabun mandi favorit saya. Setiap kali ke Bali, yang sebelum pandemi saya lakukan dua bulan sekali, saya selalu menyempatkan diri ke Sensatia Botanicals Store di Legian. Untuk soap bar-nya, saya sudah mencoba semua varian karena mereka punya Sensatia Botanicals Nine Ultimate Natural Soap Minis, yang berisi sembilan varian sabun batangnya dalam ukuran kecil. Favorit saya adalah varian Sensatia Botanicals Red Roses Shea Butter Soap, yang mengandung shea butter untuk menutrisi kulit kering, dan beraroma damask rose essential oil yang feminin dan lembut.

Dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah, Sensatia Botanicals Soap ini punya pH levels 8,5 – 9,5 yang nggak membuat kulit kering. Sabun ini juga aman untuk ibu hamil dan menyusui, tidak menggunakan bahan dan proses produksi yang berbahaya bagi lingkungan, dan tidak diuji cobakan kepada hewan.

Teratu Beauty Handmade Natural Soap Bar for Body & Face

Yang ini sudah masuk ke wishlist saya! Teratu Beauty punya delapan varian soap bar yang menarik untuk dicoba. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu 39 ribu rupiah per batangnya. Dan seperti Sensatia Botanicals Soap, Teratu Beauty juga menyediakan bundle yang berisi delapan jenis dalam ukuran kecil-kecil, yaitu Teratu Beauty Handmade Natural Eight in One Natural Soap Cube for Body & Face, yang cocok banget kalau kamu ingin coba semua variannya satu-persatu sebelum menentukan mana yang cocok untuk kulitmu.

Saya sendiri sangat tertarik untuk mencoba varian Teratu Beauty Unscented Pure Kefir Soap Bar, karena masih jarang sekali artisan soap bar lokal yang memakai kefir sebagai bahan bakunya. Teratu Beauty Unscented Pure Kefir Soap Bar cocok untuk kulit sensitif, eczema, rosacea, psoriasis, dan juga untuk acne-prone skin. Mungkin bisa jadi solusi untuk jerawat punggung saya juga!

Bathaholic Natural Soap

Saya adalah penggemar pewangi ruangan dari Bathaholic. Saya sudah lama sekali memakai reed diffuser, fragrance oil, sampai dengan car fragrance dari Bathaholic untuk rumah dan mobil saya. Favorit saya adalah aroma Arabian Night yang lembut dan powdery. Nah, Bathaholic ini punya natural soap bar juga, dengan varian aroma yang sama seperti fragrance oil-nya, yang dijual dengan harga 40 ribu rupiah saja. Saya tentu sangat tertarik mencobanya, terutama Bathaholic Arabian Night Natural Soap yang punya warna biru navy yang unik.

Sabun ini mengandung teh hitam untuk menghaluskan, melembapkan, dan menyegarkan kulit. Dan dalam prosesnya tidak menggunakan bahan pembersih sintetis. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu 40 ribu rupiah saja per buah.

Cocona Care Natural Soap Bar

Buat penggemar toiletries dari bahan natural dan essential oil, pasti sudah nggak asing sama merek lokal Cocona Care. Nah, Cocona Care ini punya empat varian soap bar. Saya sendiri tertarik mencoba varian Lavender dan Jasmine dari brand ini. Sabun mandi dari Cocona Care ini menggunakan bahan utama Virgin Coconut Oil atau VCO, dan menggunakan essential oil sebagai pewanginya. Sabun dengan harga 55 ribu rupiah ini juga dibuat tanpa paraben, tanpa mineral oil, tanpa silikon, dan tanpa pewarna buatan.

 

Yuk, cobain artisan soap bar lokal! Pakai sabun yang nyaman dan lucu-lucu begini bisa bikin kita nggak males mandi dan cuci tangan lho!

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment