banner-detik

beauty school

Masalah Kulit yang Timbul Jika Mengabaikan Cuci Muka!

Merawat kulit memang penting, terutama area kulit wajah yang sering tersorot pandangan orang. Setiap orang pasti mendambakan tampilan prima yang bisa menjadikan dirinya lebih percaya diri. Untuk menuju wajah yang sehat dan cantik tentu perlu perjuangan yang sepadan, salah satunya dengan rutin mencuci muka di malam hari.

Sekali atau dua kali melupakan cuci muka memang nggak langsung menimbulkan masalah kulit. Namun apabila dilakukan secara berkala dan sengaja, maka akan menimbulkan masalah kulit yang nggak diinginkan. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa terjadi pada kulit, kalau kamu nggak rajin mencuci muka di malam hari.

Kulit kering dan dermatitis

Kalau masalah yang satu ini, rasanya nggak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan kulit kering. Karena hanya dalam satu hari melupakan cuci muka, saat pagi hari akan merasakan kulit begitu kering dan kusam, apalagi jika jenis kulit kamu adalah normal hingga kering. Penting untuk mencuci muka di malam hari, nggak cuma di pagi hari aja. Selain menyegarkan wajah, cuci muka dengan facial wash juga bisa mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di wajah.

Penyumbatan pori-pori hingga timbul jerawat

Meski hanya di rumah saja, kamu tetap harus mencuci wajah kamu supaya kotoran yang ada di wajah nggak numpuk dan bikin jerawat. Apalagi kalau kamu pergi sebentar keluar rumah dan menggunakan makeup, meskipun makeup tipis, tapi tetap harus dibersihkan hingga tuntas supaya nggak ada kotoran atau sisa riasan yang menyumbat pori-pori hingga menimbulkan jerawat dan komedo.

Ketika ada penghalang di kulit kamu, berupa kotoran, minyak, bakteri dan lainnya, ini nggak hanya bikin pori-pori jadi clogging, tapi juga bikin produk skincare lainnya nggak meresap dengan maksimal. Untuk itu, penting membersihkan wajah di malam hari, meski sibuk seharian. Setelah double cleansing, barulah kamu bisa menggunakan produk toner, essence, serum, dan moisturizer.

Penuaan dini

Hal ini bisa saja terjadi pada siapa saja, sebab setiap harinya kulit akan terpapar radikal bebas secara terus-menerus. Jika nggak dirawat dengan baik menggunakan produk skincare, maka serangan radikal bebas dan kotoran lainnya bisa membahayakan kulit. Ketika tubuh nggak mampu melawan radikal bebas, kamu bisa kehilangan kolagen yang ada dalam tubuh, sehingga hal ini memicu timbulnya garis halus dan kerutan lebih cepat, yang disebut penuaan dini. Nggak mau kan, masih umur 20-an tapi terlihat seperti 40-an?

Makanya, penting banget mencuci muka nggak cuma sekali, tapi dua kali, pagi dan malam. Jangan lupa aplikasikan skincare lainnya setelahnya, kulit tetap terhidrasi dengan baik.

 

Image : Freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment