banner-detik

beauty school

Malas Membersihkan Makeup? Ini Efek Samping yang Harus Kamu Tahu!

seo-img-article

Malas membersihkan makeup setelah seharian kerja di luar, bukanlah alasan yang baik untuk selalu dituruti. Bahkan sekalipun nggak pakai makeup, wajah tetap harus dibersihkan supaya nggak ada kotoran atau polusi yang nempel di wajah.

Saat melakukan kegiatan baik di luar ataupun di dalam rumah, kulit kita tetap terpapar banyak debu yang nggak tampak, namun bisa menyumbat pori-pori kulit wajah. Itulah alasan kita harus tetap rajin membersihkan wajah 2 kali dalam sehari. Apalagi, kita perlu mengangkat sisa sunscreen dan makeup yang dipakai seharian.

Para pekerja shift malam, karyawan agency, sutradara, karyawan media, dan pekerja kreatif lainnya di industri hiburan, biasanya sering pulang larut, sehingga sudah nggak bertenaga lagi untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Memang sih, rasa letih itu nggak bisa dipungkiri.

Namun, tetap saja itu merupakan kebiasaan yang tidak baik! Lebih baik biasakan membersihkan makeup dan merawat kulit serajin mungkin, karena kamu akan lebih kerepotan untuk menyembuhkan masalah kulit yang terlanjur datang. Simak deh bahaya malas membersihkan makeup di bawah ini!

1. Timbul jerawat

Satu gangguan yang paling menyebalkan dan sering dianggap musuh bagi semua orang adalah jerawat. Siapa sih yang sukarela dihinggapi jerawat berminggu-minggu? Jelas nggak ada. Makeup yang dibiarin nempel semalaman di wajah, bisa bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak di wajah. Hal ini tentu bikin pori-pori kamu tersumbat.

Kalau pori-pori sudah tersumbat? Selamat datang, jerawat dan komedo! Kamu bisa menemukan jerawat di wajah kamu langsung keesokan paginya, karena malas membersihkan makeup. Apalagi kalau riasan yang kamu gunakan cukup berat, misalnya dengan foundation berlapis-lapis. Jadi, penting banget untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Kalau sekiranya malas, kamu bisa menggunakan tissue khusus pembersih riasan yang lebih praktis, lalu setelanya cuci wajah dengan facial wash.

Baca juga: Ini Dia 5 Pembersih Wajah Tanpa SLS!

2. Infeksi pada mata

malas membersihkan makeup

Nggak cuma timbul jerawat, malas membersihkan makeup juga bisa membahayakan area mata. Dengan tidur menggunakan riasan mata yang masih menempel, kesehatan mata kamu akan terancam. Pasalnya, eyeliner, eyeshadow, dan maskara yang masih menempel dan belum bersih dengan sempurna bisa menyebabkan infeksi pada mata.

Bahkan, kulit kelopak mata bisa jadi gatal dan kering, begitu juga dengan timbulnya jamur dan benjolan.  Ada video yang sempat viral di TikTok, yang memperlihatkan bulu mata seseorang yang malas membersihkan riasan mata. Ada banyak binatang sangat kecil, yang nggak berasa hinggap di mata. Hii! Mengerikan banget!

Baca juga: 5 Rekomendasi Pembersih Wajah dengan Kandungan Lidah Buaya

3. Menghambat proses regenerasi kulit

malas membersihkan makeup

Siapa sih yang nggak mau punya kulit mulus? Pasti semua orang ingin memiliki wajah yang halus dan sel kulit yang beregenerasi dengan baik. Namun sayangnya, kalau kamu malas membersihkan makeup sebelum tidur, hal ini akan sulit tercapai. Karena, waktu yang tepat untuk regenerasi sel kulit adalah di malam hari ketika tidur. Jadi, kalau kamu nggak membersihkan wajah hingga tuntas, proses regenerasi nggak bisa bekerja secara maksimal.

Akibatnya, kulit kamu jadi mudah kusam dan rentan mengalami permasalahan kulit lainnya. Untuk itu, penting banget untuk membersihkan makeup sebelum tidur! Bahkan setipis apapun makeup yang kamu gunakan, tetap harus dibersihkan. Makeup pergi ke pasar, ke minimarket, sampai makeup buat foto Instagram, jangan lupa dibersihkan dengan metode double cleansing ya, supaya bersihnya sempurna.

Baca juga: 5 Produk Bi-Phase Cleanser yang Layak Dicoba untuk Membersihkan Makeup!

Memang untuk efek samping ini nggak bisa dilihat sekejap mata. Namun, alangkah baiknya untuk mencegah daripada mengobati, kan?

 

Image : freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment