banner-detik

lifestyle

Efek Samping Overhydration yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Minum air memang penting untuk kesehatan. Namun sesuatu yang berlebihan juga nggak baik. Begitu juga dengan overhydration karena berlebihan minum air. Ternyata punya efek samping juga lho!

 

Memang rasanya wajar untuk lebih peduli pada diri sendiri di masa pandemi. Sebab, penyakit bisa datang kapan saja tanpa melihat waktu dan keadaan. Minum air putih yang banyak bisa jadi solusi untuk mempertahankan hidrasi dalam tubuh. Tapi ternyata, kalau jumlahnya sampai berlebihan, juga nggak baik. Overhydration adalah kondisi ketika tubuh menerima terlalu banyak air sehingga sudah organ-organnya sudah tidak “sanggup” lagi atau tidak bisa bekerja maksimal. Tubuh kita bisa mengalami hal-hal berikut ini kalau kita overhydration!

Sakit kepala hingga pingsan

Mengutip dari Harpers Bazaar, Kepala Kedokteran Olahraga dan Profesor Bedah Ortopedi di Mount Sinai Health System, James Gladstone, memaparkan bahwa kelebihan cairan bisa menimbulkan gejala awal seperti sakit kepala, kemudian mual. Karena kelebihan hidrasi jadi lebih parah, kamu bahkan bisa mengalami perubahan status mental. Bahkan parahnya lagi bisa menyebabkan kejang, kram otot dan pingsan. Namun pingsan cukup jarang terjadi karena kelebihan air. Biasanya yang pingsan didiagnosa kelelahan dan kurang cairan.

Gladstone juga menyampaikan kalau efek ini biasanya disebabkan oleh pengenceran natrium dalam sistem tubuh. Memang jarang terjadi, namun untuk menghindari hal berbahaya tersebut, sebaiknya minum air putih secukupnya saja tanpa berlebihan. Sebaiknya 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas.

Baca juga: Kulit Kering dan Sensitif? Rawat dengan 8 Skincare Oatmeal Ini!

Merasa lelah sepanjang hari

Sementara itu, menurut Mayo Clinic. Minum air terlalu banyak juga berbahaya, karena bisa menyebabkan hilangnya energi. Akan muncul rasa mengantuk dan lelah karena elektrolit tubuh yang nggak seimbang. Mungkin inilah yang terjadi jika kamu merasa lelah padahal sudah tidur cukup lama. Bisa jadi, karena asupan air yang kamu konsumsi cukup banyak. Apalagi, kalau dari pagi sampai malam ada menu sup atau sayur yang banyak airnya. Kamu juga tetap minum air mineral, kopi, teh, jus, susu, dan lainnya. Tentu tubuh kamu akan kewalahan untuk menerima banyak air.

Baca juga: 5 Toner Lokal Ini Ampuh Menenangkan dan Melembapkan Kulit Sensitif!

Sering buang air kecil

Buang air kecil memang bagus, berarti tubuh bekerja dengan baik. Namun kalau sudah terlalu sering sampai bolak-balik kamar mandi, bisa menimbulkan tanda tanya. Melansir dari Medical New Today, kebanyakan orang buang air kecil sebanyak 6 sampai 7 kali setiap harinya. Kalau kamu mengalami lebih dari itu, bisa jadi kamu sudah kelebihan cairan. Artinya, kamu bisa mengurangi asupan air putih supaya nggak terlalu banyak buang air kecil. Nggak terlalu jadi masalah jika kamu mengalaminya selama di rumah saja. Namun, akan jadi hal yang repot jika kamu mengalami beser di kantor, sepanjang perjalanan luar kota, atau sedang wisata naik gunung dan aktivitas lainnya yang sulit mencari toilet umum.

Baca juga: 4 Rekomendasi Suplemen Korea yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh!

Nah, itulah beberapa efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi air putih. Jadi, sebaiknya minum air sesuai kebutuhan ya! Bagi yang nggak suka dengan rasa air putih, tetap usahakan minum ya, paling tidak 5-6 gelas sehari supaya kamu nggak dehidrasi, dan cairan di tubuh kamu nggak terlalu banyak kafein atau gula. Stay safe, stay healthy!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment