banner-detik

haircare

4 Produk Pengganti Conditioner untuk Bikin Rambut Tetap Lembut Berkilau

seo-img-article

Ingin rambut sehat dan mudah diatur, namun tidak suka menggunakan hair conditioner? Ada banyak kok produk pengganti conditioner yang bisa merawat rambut tetap lembut dan bercahaya!

Conditioner adalah salah satu produk penting untuk perawatan rambut. Hair conditioner mengembalikan kelembapan rambut yang sedikit hilang setelah kita membersihkannya dengan menggunakan sampo. Conditioner juga membuat rambut lembut, shiny, dan ternutrisi.

Tapi saya sendiri bukan penggemar conditioner. Saya kurang suka karena conditioner ini terkadang susah sekali dibersihkan dengan air saja. Membersihkan conditioner sampai saya benar-benar yakin tidak ada residu yang tersisa, seringkali memakan waktu yang lama setiap kali mandi. Makanya saya memutuskan untuk nggak lagi memakai produk yang satu itu.

Kalau kamu juga nggak suka memakai conditioner, salah satu dari produk di bawah ini mungkin bisa jadi pengganti conditioner untuk perawatan rambutmu.

Baca juga: Rekomendasi Hair Conditioner Buat Rambut Kering Maksimal! | Haircare101

 

1. Hair oil

Ini adalah pengganti conditioner favorit saya! Daripada memakai conditioner, saya lebih suka memakai hair oil sebelum mencuci rambut. Saya sendiri menggunakan Nutrishe Nutrihair Hair Treatment Oil atau kadang saya hanya memakai VCO dengan merek apapun yang saya temukan di dapur rumah saya. Efek yang dihasilkan sama kok dengan ketika kita memakai conditioner sesudah menggunakan sampo. Yaitu rambut jadi lebih halus, lembap, dan mudah diatur.

Namun kelebihannya buat saya adalah cara pakainya. Kita pakai hair oil ini dulu, baru kemudian membersihkan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan sampo. Ini membuat residu hair oil lebih mudah dibersihkan, ketimbang conditioner yang dipakai setelah sampo dan dibersihkan dengan air saja. Tapi, nggak semua hair oil dipakai sebelum keramas ya. Ada banyak juga produk hair oil yang seperti hair serum, dipakai setelah keramas setelah rambut sudah dikeringkan dengan handuk.

2. Leave-in conditioner

Ini juga bisa jadi pengganti conditioner kita yang biasanya dibilas. Conditioner jenis ini dipakai setelah mencuci rambut, diaplikasikan dalam keadaan rambut setengah kering. Produk kondisioner tanpa bilas yang pernah saya coba adalah Pantene Pro-V Perfec+On Kondisioner Tanpa Bilas. Produk ini membuat rambut saya lebih lembap, mudah disisir, dan nggak gampang kusut. Hanya saja, jangan dipakai terlalu banyak karena akan membuat rambut lepek.

3. Hair mask

Cara pakai hair mask memang hampir mirip dengan conditioner, hanya saja hair mask didiamkan sedikit lebih lama di rambut kita sebelum dibilas. Namun kelebihannya, hair mask biasanya punya daya melembapkan yang lebih tinggi dibandingkan conditioner. Jadi kita cuma perlu pakai hair mask seminggu sekali, tidak perlu setiap kali keramas seperti kalau kita memakai conditioner. Jadi menurut saya, hair mask ini bisa menghemat waktu. Kita bisa melakukan hair masking ini saat weekend atau saat ada waktu luang saja. Hair mask yang saat ini saya pakai adalah Ellips Vitamin Hair Mask. Pakai hair mask juga bikin rileks dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala, karena sambil dipijat-pijat!

4. 2-in-1 shampoo and conditioner

2-in-1 shampoo and conditioner adalah produk sampo yang sudah mengandung pelembap di dalamnya. Jadi kita tidak perlu memakai conditioner lagi secara terpisah. Jujur saja, produk ini bukan favorit saya karena selain hasilnya memang nggak semaksimal kalau menggunakan produk terpisah, juga karena jenis sampo seperti ini membuat kulit kepala saya mudah berminyak dan menyebapkan ketombe. Namun bila kamu tidak ada masalah dengan kulit kepala, produk ini akan menjadi solusi praktis untuk perawatan rambut sehari-hari!

 

Nah, cukup banyak kan pilihan pengganti conditioner? Jadi, jangan malas merawat rambut cuma karena tidak cocok atau tidak suka dengan conditioner ya, karena ada banyak pilihan hair care lain yang mampu membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Selamat mencoba!

 

Image: Freepik.com, Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment