banner-detik

beauty school

Mau Tahu Posisi Tidur yang Menyehatkan Kulit? Simak di Sini, Yuk!

seo-img-article

Posisi tidur seseorang mungkin berbeda-beda. Ada yang terbiasa tidur tengkurap, ada yang tidur miring atau tidur meringkuk karena kedinginan. Perlu diketahui kalau ada posisi tidur yang ternyata bikin kamu jerawatan dan cepat tua, lho! 

Pernah bingung nggak, kenapa tiba-tiba bisa ada jerawat setelah bangun tidur? padahal nggak lagi menstruasi, atau keluar rumah hingga terpapar polusi. Bisa jadi jerawat kamu timbul karena posisi tidur yang nggak tepat. Beberapa ahli menemukan bahwa orang yang tidur dengan posisi tengkurap bisa menyebabkan jerawat, karena tidur tengkurap memiliki posisi yang membebani wajah ke bantal atau kasur, hingga tekanan yang didapatkan berlebihan. Apalagi, posisi tidur tengkurap bisa membuat kotoran yang ada di sarung bantal atau kasur jadi bercampur dengan skincare malam hari yang sudah menempel di wajahmu.

Bahkan nggak cuma jerawat, posisi tidur yang nggak baik juga bisa menyebabkan masalah lain, seperti kulit keriput dan bengkak. Dilansir dari The Get Gloss, berikut adalah beberapa posisi yang bisa kamu tiru, untuk menjaga kesehatan kulit kamu, untuk bikin kamu lebih glowing.

Baca juga: Bangun Tidur Tapi Merasa Lelah? Simak 3 Penyebabnya!

Posisi tidur telentang

Posisi yang melegakan ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, lho! Menurut facialist, Su Man. Posisi telentang merupakan posisi yang baik buat kesehatan kulit. Karena bisa mencegah kerutan di wajah dan leher, karena mencegah kulit terlipat. Lipatan di kulit bisa timbul, karena seiring dengan bertambahnya usia yang mengurangi kadar kolagen dalam tubuh. Jadi, buat kamu yang mau awet muda, posisi satu ini sangat direkomendasikan! Selain itu juga, tidur telentang bisa menjaga punggung dan leher sejajar hingga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Baca juga: 5 Pillow Mist dengan Lavender untuk Atasi Susah Tidur

Posisi tidur miring

Ternyata posisi ini memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh. Nggak cuma untuk orang biasa, bahkan tidur miring ini juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena posisi ini yang paling aman, dan nggak menimbulkan tekanan untuk tulang belakang. Meski tidur miring cukup baik untuk kesehatan tubuh, perlu diperhatikan juga bantal yang dipakai ya. Kamu bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi dari bantal biasanya. Pilih sarung bantal berbahan sutra biar lebih nyaman dan nggak terasa kasar kena kulit wajah, pastikan juga nggak ada celah antara leher dan bahu. Sebaiknya, kamu sering ubah juga posisi miringnya ke kanan dan ke kiri, jadi nggak hanya ke kiri terus atau ke kanan terus, karena bisa membuatmu terasa pegal saat bangun pagi.

Baca juga: Alasan Tidur Cukup Bikin Kulit Sehat

Memang posisi tidur yang paling direkomendasikan adalah miring dan telentang, karena paling aman dan bisa bikin kamu tertidur pulas. Kalau kamu punya good night sleep, otomatis kondisi kulitmu juga nggak kelihatan kuyu dan letih. Supaya nggak gampang jerawatan, jangan lupa sering ganti sprei dan sarung bantal kamu ya!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment