banner-detik

fitnfab

Bangun Tidur Tapi Merasa Lelah? Simak 3 Penyebabnya!

seo-img-article

Pernahkah kamu mengalami lelah meski baru bangun tidur? hal ini bisa saja dialami semua orang. Walaupun tidur memang waktu yang tepat untuk beristirahat. Tapi sebenarnya ada waktu tidur yang nggak baik, sehingga menghasilkan kualitas tidur yang buruk. Jadi ketika bangun tidur justru merasa lelah. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena tanda ini bukan berarti tubuh kamu memiliki penyakit. Kamu bisa mengubahnya dengan mengetahui penyebab, dan mengubah kebiasaan tersebut.

Kurang tidur

Bangun tepat waktu

Bagi kamu yang sering begadang mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas kuliah, nggak perlu bingung. Kalau kamu merasa lelah saat bangun tidur, ya itu karena jam tidur kamu kurang! Waktu normal tidur adalah 8-9 jam sehari. Sementara kalau kamu terjaga di malam hari dan hanya tidur sekitar 4-5 jam, bahkan 2 jam saja, maka pemulihan tubuh dan pembuangan toksin tubuh saat tidur jadi nggak optimal.

Untuk mengubah kebiasaan tersebut memang nggak mudah, tapi bisa kok diusahakan! Kerjakanlah tugas dan pekerjaaanmu saat pagi-sore hari, usahakan kamu selesaikan sebelum jam 7 malam. Sediakan cemilan dan playlist yang bikin kamu semangat. Kamu harus tertib dengan jadwalmu sendiri. Jangan dibalik, bersantai-santai saat pagi dan lembur saat malam hari! Kalau pola yang kacau dibiarkan terus-menerus, kamu akan selalu bangun tidur kelelahan dan tubuhmu akan mudah sakit!

Baca juga: 5 Pillow Mist dengan Aroma Lavender untuk Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

Penggunaan gadget terlalu sering

Memang nggak bisa dipungkiri, kebiasaan attached dengan gadget semakin kesini semakin meningkat. Terutama dengan hadirnya virus COVID-19 yang mengharuskan seseorang untuk berdiam diri di rumah atau melakukan pekerjaannya via online. Dari meeting satu ke meeting lainnya, menggunakan gadget. Sementara, kebanyakan orang menggunakan waktu istirahatnya juga untuk berselancar di media sosial, yang menggunakan gadget juga. Jadi nggak heran kalau bangun tidur terasa lelah, karena setiap hari kita menatap gadget hampir seharian.

Ketika sudah menggunakan gadget dalam waktu yang lama, khususnya di malam hari, kita akan lebih sulit untuk mengistirahatkan mata. Karena otak akan terus bekerja sesuai apa yang dibaca atau ditonton. Untuk itu, buat kamu yang masih sering main gadget di malam hari untuk cari barang di marketplace atau skrol Instagram dan Tiktok, lebih baik dikurangi. Ganti melakukannya di pagi atau siang hari. Buat target atau reminder seperti “letakkan ponsel mulai jam 9 malam.” Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati teh chamomile dan baca buku, atau menyalakan diffuser sambil mendengarkan musik, biar lebih rileks menjelang tidur malam.

Baca juga: Rekomendasi Baju Tidur untuk WFH yang Kekinian

Dehidrasi dan kelebihan gula

7 Kegiatan yang Bikin Tambah Semangat di Pagi Hari

Penting diingat, ketika seseorang tidur, semua organ tubuh akan bekerja sesuai dengan perannya masing-masing. Nggak jarang ketika tidur, tubuh terasa dehidrasi dan kekurangan air. Untuk itu, kamu perlu membiasakan untuk cukup minum sebelum tidur. Konsumsilah 1-2 gelas air mineral 30 menit sebelum tidur.

Selain itu, juga bagi kamu yang masih suka ngemil makanan manis di malam hari, usahakan untuk menguranginya ya. Kandungan kadar gula yang tinggi bisa bikin kamu jadi susah tidur. Jadi, kamu bisa menggantinya dengan minum air mineral saja atau jus buah homemade.

Hindari juga mengonsumsi kopi di malam hari. Selain bikin nggak bisa tidur, jumlah kopi yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit. Apalagi kalau kamu minum kopi yang menggunakan susu, gula, whipped cream, dan karamel yang banyak. Kalau memang nggak bisa meninggalkan kopi, minum saat pagi atau siang hari saja, dan sebaiknya kopi hitam. Ice Americano tanpa gula lebih aman untuk tubuh dibandingkan dengan kopi susu yang gulanya berlimpah.

Baca juga: 6 Eye Treatment Lokal yang Affordable dan Mengandung Peptide untuk Mengencangkan Kulitg Area Mata

Jadi, itulah beberapa penyebab mengapa seseorang merasa kelelahan setelah bangun tidur. Kalau sudah memperbaiki kebiasaanmu tapi kamu masih mengalami hal yang sama, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter ya.

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment