banner-detik

lifestyle

3 Cara Memilih Masker Kain untuk Double Masking!

seo-img-article

Saat menggunakan teknik double masking, kamu juga harus perhatikan pemilihan masker kainnya, supaya efektivitasnya optimal!

Kasus COVID-19 yang makin meningkat di negara ini memang bikin makin parno. Tapi, jangan cuma parno saja dan nggak taat prokes ya! Kamu harus tetap tertib, salah satunya dengan menggunakan teknik double masking untuk melindungi diri saat ini. Nah, karena double masking mengkombinasikan masker medis dan masker kain, kamu juga harus tahu lho bagaimana memilih masker kain yang baik supaya efektivitas double masking-nya tetap optimal! Simak 3 caranya di artikel ini ya!

1. Pilih masker kain yang memiliki beberapa lapisan

Hal pertama yang harus kamu catat yaitu pilihlah masker kain yang punya beberapa lapisan. Sebenarnya, masker kain juga tersedia banyak banget mulai dari 2 ply, 3 ply, bahkan sampai 4 ply. Nah, kamu bisa memilih masker kain minimal 3 ply supaya penyaringan udaranya lebih baik dibandingkan yang kurang dari 3 ply. Kalau kamu pilih masker kain 4 ply akan lebih baik juga lho! Tapi, kalau menurutmu 4 ply terlalu tebal karena harus digabung dengan lapisan masker medis, kamu bisa menggunakan masker kain dengan lapisan 3 ply ya. Opsi lainnya jika kamu belum menemukan masker kain 3 ply, kamu bisa pilih masker kain 2 ply yang memiliki slot filter di dalamnya supaya kamu bisa memasukkan tissue, dll. Jadi, kamu makin terlindungi deh!

Baca juga: Rekomendasi Masker Kain dari Brand Lokal untuk Double Masking! 

2. Cari masker kain berbahan katun

Siapa yang masih sering pakai masker scuba? Sebaiknya mulai sekarang kamu beralih ke masker kain yang berbahan katun deh! Kenapa sih harus menggunakan masker kain berbahan katun? Karena bahan katun termasuk ke dalam urutan teratas yang bisa menyaring udara secara optimal. Serat-serat katun ini ukurannya lebih kecil dibandingkan serat dari bahan lainnya, sehingga dapat menahan partikel virus yang tersebar di udara. Kebayang nggak sih kalau kamu pakai masker kain yang serat-seratnya besar? Yang ada bukannya melindungi kamu dari partikel virus, justru malah partikel virus nggak bisa tersaring dengan baik dan masuk ke tubuh kamu. So, jangan remehkan pemilihan bahan untuk masker kain ya!

Baca juga: Rekomendasi Masker yang Nyaman Digunakan

3. Sesuaikan bentuk masker kain dengan wajahmu

Ukuran masker ternyata juga memengaruhi efektivitas penggunaan masker kainmu lho. Kamu wajib banget mencari masker kain yang punya ukuran pas dengan wajah supaya nggak ada rongga-rongga yang terbuka di sekitar masker. Kalau kamu menggunakan masker kain untuk double masking tapi ukurannya lebih besar dari area wajah yang tertutupi masker, partikel-partikel virus yang ada di udara tetap berpotensi terhirup oleh kamu. Alhasil, double masking yang kamu lakukan itu jadi nggak efektif dan sama saja. Makanya, penting banget untuk menggunakan masker kain yang pas dengan wajah, meskipun akan terasa sedikit pengap, tapi itu semua demi kesehatan kamu lho!

Gimana, gampang banget kan cara memilih masker kain yang baik? So, mulai sekarang gunakan teknik double masking dengan masker medis dan masker kain yang sesuai standar ya!

 

Image: Freepik, Dok.brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment