banner-detik

beauty school

Penyebab Bibir Kering dan Rusak yang Wajib Kamu Tahu

seo-img-article

Pernah mengalami bibir kering dan rusak? Terasa perih, tampil pecah-pecah, dan warnanya menghitam? Tentu bikin kamu nggak nyaman dan juga mengganggu penampilan!

 

Jangan cuma wajah dan tubuh kamu saja yang dirawat, bibir kamu juga area kecil yang perlu perawatan yang cukup. Untuk menghasilkan tampilan bibir yang sehat dan indah alami, kamu harus punya kebiasaan baik sehari-hari.

Yuk, ketahui kebiasaan apa saja yang bikin bibir kering dan rusak! Mengubah kebiasaan sederhana ini dengan rutinitas baru bisa kasih impact yang besar terhadap tampilan bibir kamu, lho!

Jarang minum air putih

Memang sebagian kegiatan manusia sehari-hari nggak jauh dari air. Namun, beberapa orang masih nggak suka nih minum air mineral, padahal isi tubuh manusia juga mayoritas air. Banyak orang masih lebih banyak minum yang manis-manis ataupun kafein, padahalminuman kemasan atau yang manis-manis nggak baik untuk kesehatan. Nah, untuk mengatasi bibir kering dan rusak, kamu wajib mengonsumsi air mineral yang cukup setiap harinya.

Air putih bikin kulit dan tubuh terhidrasi, bibir kamu juga bisa lembap sepanjang hari. Terutama di musim pandemi sekarang ini, kamu kan banyak menghabiskan waktu di rumah karena WFH. Kulit kering atau bibir kering itu sudah jadi masalah yang nggak baru lagi. Jadi pastikan untuk tetap terhidrasi ya! Supaya nggak lupa minum 8 gelas air putih dalam sehari, kamu bisa siapkan tumbler besar di dekatmu!

Rutin merokok

Bagi perokok aktif, pasti sudah menyadari kalau bibirnya jadi menggelap setelah rutin merokok. Itu karena dalam sebatang rokok megandung zat kimia berbahaya, seperti tar dan nikotin. Kedua bahan yang nggak cuma merusak fungsi organ tubuh, tapi juga merusak bibir karena zatnya yang menyisa atau menempel di bibir. Akibatnya, lama-kelamaan bibir jadi menggelap, plus gampang kering dan pecah-pecah. Yuk, stop kebiasaan merokok! Kalau belum bisa berhenti total, paling tidak kamu berusaha menguranginya. Sayangi paru-paru, kulit, dan bibir kamu!

Baca juga: Yuk, Manjakan Bibir dengan 10 Luxury Lip Balm Ini!

Melupakan lip balm

Hayoo, siapa nih yang sering mengeluh punya bibir kering tapi nggak punya pelembap bibir? Biar bibir nggak gampang pecah-pecah karena terlalu kering, jangan lupa olesikan lip balm setiap saat. Meskipun kecil, lip balm ini adalah beauty product yang wajib kamu miliki! Baik cewek maupun cowok, jangan malu untuk melembapkan bibir. Sekarang sudah banyak banget lip balm dalam berbagai varian dan kandungan yang merawat kelembutan bibir. Lip balm tanpa warna bisa dipilih untuk cowok. Kalau kamu cewek dan ingin tampil lebih segar, bisa pilih tinted lip balm. Kalau kamu punya bibir yang ekstra kering, pilih lip balm dengan kandungan shea butter. Banyak juga lip balm yang dilengkapi dengan SPF, lho!

Baca juga: 5 Rekomendasi Tinted Lip Balm untuk Bikin Bibir Pink Natural

Nggak pernah eksfoliasi bibir

Kata siapa eksfoliasi hanya perlu dilakukan di kulit wajah dan tubuh? Eksfoliasi bibir juga penting, lho. Supaya kulit mati di bibir kamu bisa terangkat, bibir kering dan rusak jadi lebih halus, dan warna bibir jadi cerah. Kamu bisa menemukan banyak pilihan lip scrub di berbagai drugstore maupun marketplace favorit kamu. Pastikan beli di official store ya, supaya barang yang dibeli dijamin keasliannya dan aman bagi bibir. Untuk alternatifnya, kamu bisa menggunakan gula dan madu untuk mengeksfoliasi bibir, dengan sikat gigi berbulu lembut. Kamu bisa melakukan eksfoliasi bibir setidaknya seminggu sekali.

Baca juga: 5 Lip Sleeping Mask Korea yang Bikin Bibir Plumpy dan Lembut

Jadi, kebiasaan apa yang suka kamu lakukan dari empat poin di atas? Mulai sekarang, lakukan semuanya secara rutin ya! Nggak hanya bisa memperbaiki bibir kering dan rusak saja, tapi juga bisa bikin bibir kamu tampil lebih bagus kalau sedang pakai lipstik!

 

Image : freepik.com & dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment