banner-detik

made in indonesia

4 Skincare Lokal dengan Kandungan Tranexamic Acid

seo-img-article

Tertarik mencoba skincare dengan Tranexamic acid? Ada beberapa pilihan produk skincare lokal, yang bisa kamu coba lho!

Tranexamic acid digadang-gadang sebagai salah satu ingredient yang cukup menjanjikan, untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Mulai dari flek karena paparan sinar matahari, bekas jerawat berupa Post Inflammatory Hiperpigmentation (PIH), sampai hiperpigmentasi yang disebapkan oleh hormon atau melasma.

Selain menekan pembentukan melanin di kulit, Tranexamic acid ini juga dapat memperkuat skin barrier lho! Jadi selain memudarkan noda-noda di kulit, juga bantu menyehatkan kulit, menenangkan, dan mencegah kemunculan  hiperpigmentasi. Dan yang lebih menarik, Tranexamic acid ini nggak bikin kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Namun tetap saja penggunaannya harus dibarengi dengan penggunaan sunscreen ya. Karena sinar UV adalah penyebap paling banyak terjadinya hiperpigmentasi. Jadi percuma kalau pakai skincare apapun tanpa dibarengi dengan penggunaan sunscreen.

Dengan manfaatnya tersebut, nggak heran Tranexamic acid mulai banyak dilirik. Dan untuk menemukan kandungan ini, nggak perlu jauh-jauh kok, karena skincare lokal kita beberapa sudah punya produk dengan kandungan Tranexamic acid. Ini dia beberapa skincare lokal, mulai dari essence sampai dengan sunscreen, yang punya kandungan Tranexamic acid.

Baca juga: Tranexamic Acid untuk Hiperpigmentasi Sampai Melasma | Beautypedia

 

Review Lacoco Dark Spot Essence

Lacoco Dark Spot Essence

Produk dengan Tranexamic acid pertama yang pernah saya coba adalah Lacoco Dark Spot Essence. Produk ini merupakan exfoliating essence, dengan kandungan lengkap 5% AHA (Glycolic acid), 1% BHA, 2% PHA, dan juga dilengkapi dengan 2% Tranexamic acid. Fungsinya tentu untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati secara lembut dan berkala, serta membantu menyamarkan noda-noda di wajah.

Lacoco Dark Spot Essence ini teksturnya gel-ish seperti tekstur serum. Biasanya dipakai di slot serum, setelah penggunaan hydrating toner. Dan setelahnya, bisa dilayer dengan hydrating serum atau boleh kalau mau langsung pakai moisturizer, sesuai dengan kebutuhan kulit saja. Pemakaiannya dianjurkan di malam hari, dan siangnya wajib menggunakan sunscreen.

Glowlabs Glo C-Serum

Glowlabs Glo-C Serum

Serum dari brand lokal Glowlabs ini punya dua ingredient utama, yaitu vitamin C dalam bentuk 10% Ethyl Ascorbic Acid (EAA) dan Tranexamic acid. Dengan kandungan vitamin C yang lumayan tinggi dan juga Tranexamic acid, tentunya serum ini akan bekerja dengan sangat baik memudarkan noda-noda di wajah dan mencerahkan kulit.

Glowlabs Glo-C Serum ini merupakan water-based serum, dengan tekstur gel-liquid yang mudah menyerap ke kulit wajah tanpa rasa lengket. Penggunaannya bisa siang maupun malam. Dan jangan khawatir karena walau presentase kandungan actives-nya cukup tinggi, namun serum ini juga dilengkapi dengan kandungan Glycerin dan Centella asiatica untuk menenangkan dan menghidrasi kulit.

Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream

Mau skipcare dan langsung pakai moisturizer saja tanpa perlu pakai serum? Tenang saja, karena brand lokal juga punya cream moisturizer dengan kandungan Tranexamic acid, yaitu Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream. Selain Tranexamic acid, krim moisturizer ini juga dilengkapi dengan Niacinamide, untuk membantu mencerahkan dan memudarkan noda-noda di wajah. Dan juga terdapat kandungan Allantoin sebagai antioksidan dan juga pelembap.

Tekstur krim ini cukup thick, namun setelah diratakan di kulit terasa ringan dan nggak greasy atau berminyak. Di beberapa orang dengan kulit sensitif, mungkin akan terasa tingling sensation saat pemakaian awal produk ini.

Maharis Sublime Sun Defense SPF 50 PA ++

Apakah ada produk lokal dengan Tranexamic acid berbentuk sunscreen? Tentu ada dong! Malah Maharis Sublime Sun Defense ini punya proteksi yang tinggi, yaitu SPF 50 PA ++ lho! Dan selain Tranexamic acid, sunscreen ini juga dilengkapi dengan Chamomile untuk anti-inflamasi. Untuk perlindungan terhadap sinar UV, produk ini menggunakan Zinc oxide dan Titanium dioxide.

Selain itu, menurut review yang saya baca, senscreen ini teksturnya mudah diratakan ke kulit dan meninggalkan feel halus setelah pemakaian. Menarik ya? Sambil memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, kita juga sekalian merawat kulit dengan kandungan-kandungan skincare di dalam sunscreen ini!

 

Nah, ternyata skincare lokal dengan Tranexamic acid cukup beragam, kan? Menurut kamu, mana yang paling menarik untuk kamu coba?

 

Image: Dok. brands, Dok. Female Daily/Arum, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment