ic-fd

Inilah 3 Penyebab Wajah Tampak Lebih Tua dari Usianya!

beauty school
author

diaan_acil・29 Jun 2021

detail-thumb

Pernahkah kamu merasakan wajah sendiri tampak nggak muda lagi? Atau melihat teman kamu yang usianya masih tergolong muda, namun tampak lebih tua dari usianya?

 

 

Memang banyak lho, yang usianya masih belia tapi terlihat lebih dewasa atau bahkan tampak beberapa tahun lebih tua dari usia aslinya. Ini disebabkan oleh berbagai hal, lho! Kalau kamu mau lebih awet muda, atau setidaknya, tampil sesuai usiamu, kamu harus cek beberapa faktor penyebab di bawah ini.

Merokok

Selain nggak baik untuk kesehatan, merokok juga bisa mempercepat penuaan, akhirnya tampilan wajahmu nggak sesuai dengan usiamu. Faktanya, perokok terbiasa menggunakan otot wajah secara konsisten untuk menghisap rokok. Ketika mengerutkan bibir, garis tipis akan muncul di sekitar bibir dan di sudut mata.

Selain itu, perokok biasanya cenderung kekurangan vitamin C. Nah, kekurangan vitamin C akan menurunkan produksi kolagen pada kulit, sehingga saat kolagen hilang, kulit akan mulai kendur. Untuk itu, kalau kamu ingin wajahmu tampak lebih muda, usahakan hindari merokok, banyak makan buah yang kaya vitamin A, C, dan E yang terkenal kaya antioksidan. Lengkapi pula dengan produk yang bisa memicu produksi kolagen, seperti skincare dengan kandungan vitamin C, retinol, atau Niacinamide.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Tisu Basah Tidak untuk Membersihkan Wajah!

Jarang merawat kulit

Hal yang penting dilakukan tapi justru dilupakan. Seberapa pentingkah merawat kulit? Jelas penting banget, selain menutrisi kulit supaya lebih sehat dan kenyal, juga dapat memberi efek awet muda bagi wajah kamu. Mereka yang rutin melakukan perawatan kulit, biasanya tampil lebih segar dan awet muda, karena kulitnya nggak kering, terlihat bouncy, nggak kusam.

Nggak perlu yang mahal, asal kamu bisa konsisten dan produknya sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Biasakan untuk double-cleansing setiap hari, untuk menghilangkan minyak, kotoran, sisa makeup, dan debu di wajah. Kalau wajah nggak dibersihkan secara maksimal, akhirnya gampang menimbulkan komedo serta jerawat. Jangan lupa lengkapi dengan serum, moisturizer, dan sunscreen biar tetap lembap dan terlindungi dari sinar UV.

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Mengurangi Keriput di Sekitar Mata!

Menggunakan riasan tebal

Sering terjadi di kalangan anak muda, nih. Banyak riasan menarik di internet, lalu ditiru untuk sehari-hari. Padahal, nggak semua riasan cocok untuk dipakai daily. Boleh-boleh saja eksplor gaya makeup apapun, tapi untuk tampilan sehari-hari, ada baiknya kamu pilih yang ringan. Kalau kamu sering pakai warna mata gelap, contour yang harsh, dan riasan bibir yang gelap, kamu jadi tampak lebih tua dari usiamu. Contohnya, ada Kylie Jenner yang sering banget bikin contouring yang bold dan overdrawn lips, sehingga dia bahkan tampak jauh lebih tua dari sang Kakak, Kendall Jenner. Sebaliknya, gaya cewek-cewek Korea yang makeup-nya tipis dan glowing, terlihat lebih muda, kan?

Untuk mengurangi tampilan wajah yang tua, kamu bisa menggunakan warna yang lebih soft, dan sedikit shimmer, yang kasih efek lebih fresh. Pilih juga lipstik warna natural seperti pink dan peach, plus jangan pakai foundation atau bronzer terlalu tebal.

 

Itulah beberapa penyebab wajah lebih tua dari usianya. Adakah yang jadi kebiasaanmu? Kalau kamu mau terlihat awet muda, yuk, ubah kebiasaan di atas!

 

Image : Freepik.com