banner-detik

burts bees

Review Wardah Lightening Day Gel, Moisturizer Untuk Kulit Berminyak ini Bisa Tangkal Blue Light?

seo-img-article

Sebagai penggemar gel moisturizer, pelembab yang satu ini wajib kamu coba! Salah satu moisturizer dari Wardah ini banyak disukai oleh si kulit berminyak dan berjerawat, karena super nyaman dan murah. Diklaim dapat melindungi kulit dari sinar UV dan blue light, saya jadi makin penasaran sama moisturizer ini.

Wardah Lightening Series ini sebetulnya sudah ada sejak lama, tapi saya belum pernah nyobain satu pun produk dari rangkaian ini. Sampai saya dikirimkan salah satu moisturizer dari Wardah Lightening Series, yakni Wardah Lightening Day Gel. Selain varian day/night gel, dalam rangkaian ini juga ada varian day/night cream yang lebih cocok untuk kulit normal to dry skin. Berhubung jenis kulit saya normal to oily, saya merasa varian gel ini lebih cocok buat saya.

Packaging

Packaging-nya terbuat dari tube plastik biasa, dengan tutup fliptop yang secure. Menurut saya, 20ml tuh nanggung banget untuk sebuah moisturizer. Tapi, kalau ngomongin travel-friendly-nya, of course, kemasan tube kecil seperti ini lebih enak dibawa-bawa dan hemat tempat. Namun, moisturizer ini juga tersedia dalam ukuran 30ml dan kemasan jar, buat kamu yang ingin moisturizer ini dalam ukuran lebih besar. Lumayan deh, walaupun cuma beda 10ml.

Formulasi

Seluruh rangkaian Wardah Lightening terbaru, termasuk moisturizer ini mengandung Advanced Niacinamide. Selain mencerahkan, Niacinamide-nya juga bakalan membantu dalam mengontrol sebum. Kamu nggak perlu khawatir kulitmu bakal berubah jadi kilang minyak di siang hari. Selain Niacinamide, moisturizer ini juga mencerahkan kulit dengan kandungan Licorice-nya. 

Day gel ini mengandung Octinoxate & Avobenzone sebagai UV filter-nya, yang mana merupakan chemical sunscreen. Namun, tidak dicantumkan berapa tepatnya level proteksi SPF dan PA-nya. Sementara itu, Glycerin digunakan sebagai humectant, ditambah allantoin yang bikin kulit terhidrasi & terasa sejuk. 

Wardah juga nggak lupa untuk include kandungan antioksidan dalam moisturizer-nya. Antioksidan dalam moisturizer ini berupa Toccopheryl Acetate atau Vitamin E, serta ekstrak buah Silver Vine (Actinidia Polygama), yang diklaim mengandung antioksidan yang komplit, mulai dari Vitamin C, Vitamin E dan Flavonoid. Buat pemilik kulit super sensitif, perlu dicatat kalau produk ini nggak bebas dari fragrance dan pewarna. Berikut ingredients lengkap dari Wardah Lightening Day Gel:

Aqua, Niacinamide, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Dimethicone, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/​VP Copolymer, Phenoxyethanol, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Polysorbate 20, Carbomer, Disodium EDTA, Allantoin, Chlorphenesin, Silica, Tocopheryl Acetate, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Pentylene Glycol, Potassium Hydroxide, Fragrance, Amodimethicone, Sodium Hydroxide, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Actinidia Polygama Fruit Extract, Trideceth-9, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, Ci 42090

Experience

Nggak sampai satu bulan, saya sudah berhasil menghabiskan moisturizer ini sampai ludes. Bukan karena isinya yang memang cuma 20ml, tapi karena saya cukup enjoy dengan produk yang satu ini. Tekstur gel-nya sangat nyaman di kulit. Saya jamin, pasti rasanya pun nyaman di kulit oily, karena teksturnya super lightweight dan meresap nggak pakai lama.

Nggak perlu pakai banyak produk, karena setengah ruas jari saja sudah bisa meng-cover seluruh wajah, atau satu ruas jari untuk wajah dan leher. Saat bersentuhan dengan kulit, gel-nya terasa dingin dan menyejukkan. Nggak heran kalau moisturizer ini nyaman dipakai siang hari, apa lagi saat cuaca lagi panas-panasnya.

Occlusivity-nya juga terbilang ringan karena nggak menyumbat pori. Namun menurut saya, moisturizer ini kurang strong untuk menahan kelembaban di kulit. Moisturizer ini memberikan finish yang shiny/glowy sesaat setelah aplikasikan. Namun, lama kelamaan menghilang seiring meresapnya gel ke dalam kulit.

Untuk efek mencerahkan, jujur saya nggak melihat perbedaan apapun. Selain itu, walaupun diklaim dapat menangkal sinar UV, saya tetap merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen sebanyak 2 jari setelahnya, sebab dengan pemakaian moisturizer yang terbilang sedikit, pastinya jumlahnya nggak akan mencukupi agar UV filternya melindungi kulit dengan optimal.

Sepengetahuan saya, blue light dapat ditangkal dengan physical sunscreen (Titanium Dioxide / Iron Oxide). Sementara moisturizer ini menggunakan chemical SS. Sepertinya, proteksi dari blue light yang di-support oleh moisturizer ini, datang dari kandungan antioksidan dan Niacinamide. Lagi-lagi, saya tetap merekomendasikan menggunakan sunscreen, khususnya physical sunscreen untuk menangkal blue light, ditambah serum atau ampoule yang mengandung antioksidan seperti Flavonoid, Vitamin C dan Vitamin E.

Final Verdict

Untuk harganya yang murah meriah, formulasi dan teksturnya yang nyaman bikin produk ini nggak akan ada ruginya buat kamu coba. Sayangnya, saya pribadi kurang prefer bentuk moisturizer yang terpisah antara “day” / “night” karena jadi harus punya keduanya. Jadi, untuk malam hari, kamu bisa menggunakan Wardah Lightening Night Gel.

Foto: dok. pribadi

Slow Down

Please wait a moment to post another comment