banner-detik

lifestyle

Lakukan Kegiatan Ini Agar Semakin Semangat di Pagi Hari!

seo-img-article

Biasanya momen apa yang bikin lesu sebelum beraktivitas? Kamu bisa coba beberapa tips ini biar semakin semangat menjalani hari!

Memasuki awal minggu baru kadang-kadang bikin kita kurang bersemangat. Bisa karena tugas atau kerjaan yang menumpuk, atau bahkan nggak rela weekend berlalu begitu saja. Buat kamu yang siap-siap menghadapi awal minggu dengan rasa cemas atau bahkan kurang bersemangat, kamu bisa coba melakukan kegiatan di bawah ini. Meskipun nggak harus dilaksanakan semua, tapi at least beberapa di antaranya bisa bantu menaikkan semangat dan mood baikmu di pagi hari!

Bangun tepat waktu

Bangun tepat waktu

Tips satu ini memang susah-susah gampang dilakukan, termasuk saya sendiri. Ga jarang tombol “snooze” di alarm jadi penyelamat kalau mau tidur lebih lama. Tapi, ternyata kebiasaan ini perlu pelan-pelan kita hindari. Dengan menunda bangun tepat waktu dan menekan tombol “snooze” terus menerus, tubuh kita akan lebih capek ketika bangun nanti. Momen di mana kamu menekan tombol “snooze” ini menjadikan kamu ada di kondisi antara tidur dan terbangun atau biasa disebut sleep inertia. Nggak jarang tidur bisa menjadi gelisah karena terburu alarm dan kamu bisa pusing ketika bangun.

Rutin minum air

Rutin minum air

Banyak orang yang masih melupakan kebiasaan baik ini, lho. Bisa karena belum merasa haus sampai nggak sempat untuk minum. Nah, kamu bisa ubah kebiasaan ini dengan menaruh satu botol atau gelas minuman di samping tempat tidur. Begitu waktunya bangun, kamu bisa langsung meminumnya untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh! Kalau bosan hanya dengan air putih, kamu juga bisa mencoba campuran air hangat, lemon, dan madu. Selain bikin rileks, kombinasi minuman ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lho.

Baca juga4 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat

Lakukan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan

Memang benar sih kegiatan satu ini kalau nggak diawali dengan niat pasti nggak akan berjalan maksimal. Saya pun merasakannya, sebelum olahraga rasanya sudah capek duluan karena terbawa mindset harus melakukan gerakan yang cukup kompleks. Padahal, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga atau stretching di rumah! Apalagi matahari pagi bermanfaat untuk daya tahan tubuh dan bisa berkeringat secara lebih sehat. Boleh juga kok diselingi dengan musik favorit biar makin semangat untuk bergerak.

Buku bacaan

Buku bacaan

Dengan teknologi digital yang semakin berkembang sekarang, kamu lebih memilih membaca buku fisik atau e-book? Kalau saya sendiri masih condong ke buku fisik karena pengalaman membaca yang berbeda. Tapi, kamu juga bisa kok membaca e-book yang sudah bisa diakses dengan mudah. Kalau dirasa terlalu berat membaca buku di pagi hari, kamu bisa alihkan dengan membaca majalah atau bacaan apapun. Cukup sediakan waktu 10-15 menit supaya kamu bisa lebih terinspirasi dan semangat menjalani aktivitas.

Siapkan sarapan

Siapkan sarapan

Sesibuk apapun kegiatan di pagi hari bahkan dengan waktu yang kurang cukup, sempatkan waktu untuk sarapan, ya. Meskipun terdengar sepele, sarapan bisa meningkatkan konsentrasi kita selama beraktivitas nanti. Sarapan bisa menjadi penyelamat tubuh setelah semalaman tidak mendapatkan asupan nutrisi selama beristirahat. Kamu bisa pilih menu sarapan yang mudah kok seperti telur, roti, sereal, atau overnight oat yang bisa kamu siapkan sebelumnya.

Baca juga5 Night Treatment Favorit yang Bikin Kulit Lebih Segar Saat Pagi Hari

Persiapkan penampilan terbaik

Persiapkan penampilan terbaik

Nah, ini adalah salah satu tips supaya kita lebih mengenal dan mencintai diri kita terlebih dahulu. Dengan mengenakan pakaian yang rapi dan makeup yang fresh, diri kita akan menjadi lebih baik. Ini bisa menjadi penyemangat kamu sebelum menjalani aktivitas, lho. Gaya makeup, outfit bahkan parfum yang kamu pakai bisa kamu sesuaikan dengan kepribadian kamu. Cara ini juga ampuh dilakukan kalau kamu sedang belajar atau bekerja dari rumah seperti sekarang.

Perbaiki pola tidur

Perbaiki pola tidur

Biar tambah semangat dan fresh keesokan paginya, kamu bisa coba memperbaiki pola tidur. Usahakan untuk tidur antara 7-9 jam per malamnya. Nah, sebelum tidur usahakan supaya kondisi di sekitar kamu tenang dan rileks. Kamu bisa menjauhkan gadget, mematikan lampu, minum air hangat atau bahkan memasang aromatherapy supaya tidur menjadi lebih nyenyak.

 

Semoga tips-tips di atas bisa membantu, ya. Nah, kalau di awal minggu seperti ini, apa sih momen yang paling bikin deg-degan? Share juga ya bagaimana kamu mengatasinya!

 

Image : freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment