banner-detik

lifestyle

12 Makanan dan Minuman ini Menyebabkan Gigi Kuning!

seo-img-article

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Salah satunya adalah makanan dan minuman!

Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi memang penting. Selain dapat memengaruhi kepercayaan diri, gigi yang sehat dan bersih dapat terhindar dari berbagai penyakit mulut yang bahkan bisa memberi rasa nyeri yang kebangetan. Gigi yang sehat memiliki warna yang cemerlang, dan nggak harus putih, lho. Sebenarnya, warna gigi yang agak kuning menandakan gigi yang kuat dan sehat, karena merupakan warna alami dari dentin di lapisan bawahnya.

Baca juga:7 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Bisa Memicu Bau Badan dan Mulut

Akan tetapi, kalau warna kuningnya berlebihan, artinya ada yang salah nih, dengan perawatan atau gaya hidup kamu. Salah satu yang bisa mempengaruhi warna kuning pada gigi adalah, konsumsi berlebih makanan atau minuman tertentu. Apa saja ya? Berikut 12 makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning!

1. Kopi

Hayo, siapa yang nggak bisa sehari nggak minum kopi? Meski rasanya enak dan bisa mencegah kantuk, kandungan asam tanat (tannin) pada kopi dapat menyebabkan munculnya plak. Kalau terus dibiarkan tanpa dibersihkan secara rutin, dapat meninggalkan bekas kecokelatan dan gigi menjadi lebih kuning.

Baca juga: Minum Es Kopi Susu Setiap Hari, Apa Dampaknya terhadap Kulit?

2. Teh

Sepaket dengan kopi, teh juga mengandung lebih banyak tannin dan membuat gigi kuning lebih parah dibanding kopi. Tannin merupakan tipe polyphenol yang punya warna kuning atau cokelat, dan bisa meresap ke enamel gigi sehingga gigi menjadi kuning.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki kadar asam yang tinggi sehingga dapat merusak dan mengikis enamel gigi. Selain itu, minuman bersoda yang memiliki warna gelap seperti kola, juga memiliki pewarna buatan chromogens yang dapat meninggalkan bekas pada gigi. Gigi akan semakin tipis dan semakin kusam.

4. Lemon

Sama seperti minuman bersoda, lemon atau mungkin lebih sering dibuat jadi jus lemon, juga memiliki kadar pH asam yang sangat tinggi. Akan sangat destruktif bila mengkonsumsi buah lemon secara langsung, karena asamnya akan kontak langsung dengan gigi, dan gigi menjadi terkikis. Kadar asam yang tinggi ini juga dapat menimbulkan bekas warna pada gigi.

5. Wine

Memiliki warna merah yang pekat dan gelap, wine atau anggur merah dapat meninggalkan bekas warna yang signifikan pada gigi. Wine juga mengandung tannin yang berperan pada discolor gigi menjadi lebih kuning. Sifat asamnya juga dapat mengikis gigi dan membuat warna merah pekatnya jadi menempel.

6. Kari

Nggak cuma bisa menimbulkan bau mulut, konsumsi kari juga bisa membuat gigi lebih kuning. Warna kuning yang sangat vibrant dan kuat dari kari, berasal dari bumbu kunir yang memiliki senyawa kurkumin.  Nah, warna yang sangat kuat ini lah yang dapat meninggalkan bekas warna dan membuat gigi jadi lebih gelap dan menguning. Saking pigmented-nya kurkumin ini, sering digunakan jadi pewarna baju, lho!

7. Buah Beet

top view of white and pinkish red root vegetable beetroots on a bucket on a green background

Meski memiliki segudang khasiat baik untuk tubuh dan kesehatan, sayangnya buat beet dapat meninggalkan bekas noda pada gigi. Warnanya yang pekat dan cantik ini lah yang menyebabkan stain pada gigi. Bahkan, sampai disarankan untuk menggosok gigi satu jam setelah mengkonsumi buat beet, lho.

8. Saus tomat

Saus tomat memang jadi bumbu pelengkap yang bisa mendampingi beraneka macam makanan. Tomat juga mengandung banyak nurtisi yang baik untuk tubuh. Sayangnya, pigmen merah yang terang dan kuat dari saus tomat juga dapat meninggalkan bekan noda pada gigi bila dikonsumsi berlebih.

9. Kecap

Warna hitam gelap pekat dari kecap bisa membuat gigi lebih kuning dan meninggalkan bekas warna. Pekatnya warna kecap juga menunjukkan tingginya tingkat konsentrasi pigmen, sehingga tidak heran jika bisa meninggalkan stain di gigi.

10. Dark berries

Mirip seperti wine, buah beri-berian gelap seperti blueberry, blackberry, atau pomegranates, mengandung pigmentasi gelap yang juga dapat menimbulkan stain pada gigi, Pigmen ini dapat menembus pori-pori enamel gigi dan menempel. Pada beberapa kasus, bahkan dapat menimbulkan noda keunguan di gigi. Hal ini juga berlaku untuk jus dengan buah-buahan berwarna gelap, seperti cranberry atau jus anggur.

11. Cuka

 

Kalian pasti sudah tahu, cuka memiliki kadar asam yang cukup menimbulkan staining pada gigi. Meski masih aman dikonsumi pada makanan, konsumsi atau penggunaan cuka berlebih dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi jadi lebih kuning. Kadar asam ini lah yang menambah kemungkinan adanya noda pada gigi. Jenis cuka yang bisa menyebabkan gigi kuning salah satunya adalah cuka untuk dressing sayuran, yaitu balsamic vinegar. 

12. Permen karet

Meski memiliki warna yang lucu dan menggoda, permen karet mengandung pewarna buatan yang juga dapat menodai gigi. Apalagi biasanya permen karet dikunyah dalam waktu yang cukup lama, sehingga menambah waktu untuk pigmentasinya menembus enamel gigi. Memakan permen karet berlebih juga berisiko pada kesehatan gigi karena kandungan gulanya yang tinggi, gigi jadi berlubang dan menghitam.

Gigi yang menguning memang dapat disebabkan berbagai faktor, seperti gaya hidup, perawatan gigi, sampai pengaruh genetik. Yang terpenting bukan menghindari sama sekali konsumsi makanan dan minuman di atas, akan tetapi selalu menjaga dan merawat kebersihan gigi. Jangan lupa juga cek kesehatan gigi kamu ke dokter minimal satu bulan sekali ya!

 

Images: dok. Female Daily, freepik.com, unsplash.com

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment