banner-detik

lifestyle

7 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Bisa Memicu Bau Badan dan Mulut

seo-img-article

Bau tak sedap pada badan dan mulut, bukan cuma disebabkan masalah kebersihan. Ada juga makanan dan minuman sehari-hari yang bisa memicu bau tak sedap pada badan dan mulut.

Permasalahan bau tak sedap pada badan atau mulut, memang bisa menjadi persoalan yang mengganggu. Bahkan, bisa memengaruhi kepercayaan diri kamu, lho. Selain masalah higienis seperti persoalan menggosok gigi atau mandi sehari-hari, ternyata ada juga makanan atau minuman yang bisa memicu bau tak sedap. Biasanya, disebabkan karena kandungan zat kimia yang terdapat pada makanan atau minuman yang diproses dan dikeluarkan oleh tubuh. Berikut 7 makanan dan minuman sehari-hari yang bisa memicu bau tak sedap pada badan dan mulut.

Baca juga: Di Rumah Saja Tapi Malah Bau Badan? Mungkin Ini Sebabnya!

1. Bawang putih, bawang merah, bawang bombay, jintan, dan kare

bawang makanan dan minuman memicu bau tak sedap

Pasti kamu sudah familiar dengan aneka bumbu-bumbu dapur di atas! Meski bumbu-bumbuan seperti ini bisa membuat aroma masakan lebih harum dan appetizing, ternyata aroma kuatnya bisa tertinggal di mulut dan badan kamu. Hal ini disebabkan adanya senyawa sulfur yang dihasilkan saat bumbu-bumbuan tersebut masuk ke dalam pencernaan. Senyawa ini kemudian bereaksi dengan keringat dan pori-pori, meninggalkan bau tidak sedap pada mulut dan badan kamu.

2. Gorengan

Gorengan memang nikmat banget disantap hangat-hangat, menjadi snack pengganjal perut yang digemari berbagai kalangan. Tapi sayangnya, konsumsi gorengan bisa membuat bau badan. Karena gorengan dimasak dalam minyak yang banyak, kadar minyak dan lemak pada gorengan menjadi sangat tinggi. Hal ini, selain berdampak buruk pada kesehatan, juga bisa membuat proses pencernaan menjadi terganggu, sehingga badan menjadi bau. Jadi, jangan terlalu sering mengonsumsi gorengan ya!

3. Makanan pedas

makanan pedas makanan dan minuman memicu bau tak sedap

Siapa di sini yang suka makan pedas? Makanan-makanan pedas bisa juga lho memicu bau badan. Biasanya, makanan-makanan pedas cenderung memiliki bumbu-bumbuan yang banyak dan beragam agar rasanya kuat. Apalagi di Indonesia, sambal-sambal pasti memiliki bawang putih dan bawang merah. Tapi masalahnya bukan itu saja, makanan pedas juga membuat kamu berkeringat! Jadi, bukan cuman nafas kamu saja yang bau, badan kamu pun jadi ikut bau.

4. Junkfood

Kalau makanan yang satu ini, sudah menjadi lifestyle yang nggak bisa dihindari kemunculannya. Memang sih, junkfood memiliki rasa, aroma, serta menu-menu yang sangat menggoda. Tapi sayangnya, junkfood juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Bukan cuma berbahaya untuk kesehatan, kadar gula dari junkfood menghasilkan Glycemic Index yang tinggi dan dapat mengacaukan susunan kimia pada darah. Akhirnya, bakteri pada kulit akan bercampur dengan senyawa tersebut dan memicu bau badan.

5. Durian

durian makanan dan minuman memicu bau tak sedap

Meski banyak menjadi makanan favorit, durian ini sayangnya bisa memicu bau tak sedap pada mulut. Durian memiliki aroma yang sangat menyengat, bahkan sejak sebelum dibuka. Bau khasnya bisa menyebar dalam radius yang cukup jauh. Untuk beberapa orang, termasuk saya, bau dari durian bisa membuat saya pusing dan mual. Biasanya bau durian yang tak sedap akan hilang setelah kurang lebih 5 jam bila dikonsumsi terlalu banyak.

6. Alkohol

alkohol makanan dan minuman memicu bau tak sedap

Selain makanan, ada pula minuman yang bisa memicu bau badan atau mulut, salah satunya adalah alkohol. Konsumsi alkohol dapat membuat kamu berkeringat lebih banyak dan mulut kering. Saat diproses, alkohol akan dikeluarkan melalui pori-pori, nafas, dan urine. Sehingga, mulut dan tubuh akan mengeluarkan bau “alkohol” yang menyengat. Selain itu, konsumsi alkohol berlebih juga dapat memicu berbagai macam penyakit mulut dan hati, seperti kerusakan gigi, plak, dan peradangan hati. Jadi, batasi konsumsi alkohol kamu ya!

7. Susu

susu makanan dan minuman memicu bau tak sedap

Saat diproses dalam tubuh, susu yang kaya akan protein akan pecah menjadi Hidrogen Sulfida dan Metil Markaptan yang membuat badan menjadi bau. Untuk beberapa jenis produk susu fermentasi seperti yoghurt, akan menghasilkan lemak yang dikeluarkan melalui keringat kemudian dikonsumsi oleh bakteri. Hal ini juga dapat membuat badan kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Baca juga: 3 Deodorant Bagus untuk Mengatasi Bau Badan!

Sekarang, kalau kamu kebingungan kenapa tiba-tiba badan atau mulut kamu mengeluarkan bau tak sedap, salah satu makanan atau minuman di atas bisa jadi pelakunya. Meski makanan serta minuman tersebut dapat memicu bau tak sedap pada badan dan mulut, kamu tidak perlu takut atau khawatir untuk mengonsumsinya. Kamu hanya perlu membatasi kadar konsumsi makanan-minuman tesebut. Yang  terpenting, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan badan serta mulut, ya!

 

Images: pexels.com, unsplash.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment