banner-detik

lifestyle

Tips Kombinasikan Dekorasi Bergaya Tradisional dan Modern

seo-img-article

Dua konsep dekorasi ini bisa dikombinasikan lho untuk tampilan yang tidak monoton. Ini dia 3 langkah mudah yang bisa kamu coba!

Dari awal pandemi tahun lalu, rasanya bongkar-bongkar kamar atau mendekorasi ulang jadi hal yang menyenangkan. Selain lebih rapi dan tertata, kamu bisa mendapatkan ruangan yang nyaman juga, lho. Nah, kegiatan mendekorasi ruangan ini bisa bermacam-macam mulai dari mengganti warna dinding sampai mengubah dekorasi kecil-kecil di tiap ruangan. Pernah ga kebayang bagaimana jadinya kalau dekorasi tradisional dipadukan dengan yang modern? Kalau kamu pengen mencoba, ini dia tips mendekor yang bisa kamu coba!

Tentukan tema ruangan

dekorasi bergaya tradisional dan modern

Meskipun konsepnya adalah mengkombinasikan tapi kamu perlu tahu kalau kedua jenis dekorasi ini tidak bisa disusun secara seimbang. Ruangan bakal terlihat penuh dan kurang leluasa kalau kita menggabungkan semua jenis dekorasi. Nah, solusinya adalah memilih tema apa sih yang paling dominan di ruangan kamu? Misalnya, rumah kamu didominasi gaya minimalis atau industrial, kamu bisa buat perbandingan 60-40 atau 80-20 untuk tiap jenis dekorasi. Pilih dekorasi bergaya tradisional sebagai aksen pendukung, entah di bagian sofa, pintu kayu atau bahkan lampu. Bisa juga dengan tone warna dari ruangan yang ingin didekorasi, apakah didominasi dengan warna netral atau unsur kayu.

Baca juga: Percantik Rumah dengan 7 Tanaman Hias Ini!

Pilih jenis furniture pendukung

dekorasi bergaya tradisional dan modern

Kalau sudah menentukan tema, kamu bisa mencari kira-kira furniture apa yang mendukung konsep ini. Kamu bisa mulai dari dekorasi berukuran medium hingga besar baru yang berukuran kecil. Misalnya, untuk sofa kamu memilih gaya yang cukup tradisional, penuh aksen dan berukuran besar. Bisa kamu tambahkan bantal sofa dengan desain minimalis atau meja transparan yang lagi tren! Tips ini bisa kamu gunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga.

dekorasi bergaya tradisional dan modern

Selanjutnya, untuk kamar tidur. Biasanya orang tua atau nenek kakek kita punya barang-barang vintage yang unik. Kamu bisa manfaatkan itu sebagai dekorasi! Buat satu sudut ruangan yang khusus untuk menyusun dekorasi vintage ini. Bisa dengan rak buku lalu kelompokkan barang-barang sesuai kategorinya. Tips ini bisa kamu gunakan supaya barang jadi terlihat rapi.

Baca juga: Tips Gunakan Dekorasi Berbahan Rotan untuk Hunian!

Tambahkan aksen pendukung

wall art

Dari segi konsep sampai furniture sudah lengkap semua, tapi kayaknya bagian dinding masih terlihat kosong. Kamu bisa mengakalinya dengan hiasan lain seperti lukisan, lampu atau bahkan kaca dengan anyaman rotan yang mudah didapatkan. Cara menyusunnya juga sesuai dengan konsep masing-masing ruangan. Misalnya, untuk meja tamu bernuansa minimalis kamu bisa tambahkan taplak dengan motif tradisional atau karpet bermotif.

hidden lamp

Sedangkan untuk lampu, kamu bisa memilih gaya minimalis seperti hidden lamp atau lampu gantung! Jenis lampu ini cocok kamu letakkan di sebelah tangga, ruang tamu bahkan kamar tidur. Hiasan lain seperti kaca dengan hiasan rotan bisa kamu letakkan di kamar tidur atau ruang tamu sebagai penambah aksen.

 

 

Dekorasi ruangan pasti berkembang terus-menerus. Tidak ada salahnya kok kalau kamu mau bereskperimen lebih sesuai dengan yang kamu mau. Female Daily Network juga punya video lengkap tentang tips mendekor kamar yang estetik di sini.

 

 

 

Image: urbanrhythm.com.au, pinterest, onekingslane.com

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment