banner-detik

fitnfab

Selain Ampuh untuk Jerawat, Berikut Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut dan Tubuh!

seo-img-article

Tidak hanya terkenal ampuh untuk atasi masalah wajah dan jerawat, tea tree oil ternyata  juga bisa dipakai untuk mengatasi permasalahan pada rambut dan tubuh!

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan kandungan tea tree oil yang dapat mengatasi isu jerawat. Of course, bahan ini menjadi salah satu bahan yang paling populer di dunia skincare. Apalagi karena bahan aktifnya yang antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga ampuh banget untuk masalah jerawat. Namun ternyata nggak hanya ampuh untuk jerawat, tea tree oil juga banyak manfaat lain lho! Penasaran? Simak hal-hal berikut ini.

Membantu mengatasi ketombe

Untuk kalian yang punya masalah ketombe, penggunaan tea tree oil ini bisa banget dicoba. Salah satu penyebab utama ketombe adalah karena jamur Malassezia yang berkembang biak di kulit kepala. Oleh karena itu sifat antibakteri atau anti-jamur tea tree oil bisa membantu. Beberapa studi klinis, juga sudah mendukung teori ini, bahwa penggunaan tea tree oil dapat mengurangi ketombe di kulit kepala. Nah bagaimana caranya tea tree oil ini digunakan? Kamu bisa coba dengan 2 cara, yaitu mencari shampoo yang mengandung tea tree oil atau membuat masker rambut dengan campuran tea tree oil. Beberapa shampoo bagus mengandung tea tree oil yang bisa kamu coba adalah Kiehl’s Tea Tree Oil Shampoo, Natur Tea Tree Oil Shampoo, Tresemme Shampoo Scalp Care Tea Tree Oil, dan Wardah Anti Dandruff Shampoo Tea Tree Oil & Peppermint.

Tonton juga: Hair Conditioner Buat Rambut Rusak! Haircare 101

Sebagai antiseptik dan mempercepat penyembuhan luka

Jika kamu mengalami luka-luka ringan seperti luka gores, tea tree oil dapat menjadi pertolongan kamu. Luka yang terbuka dapat infeksi karena menjadi sarang kuman, namun jangan khawatir karena tea tree oil dapat membunuh bakteri S. Aureus penyebab luka infeksi. Selain mencegah infeksi, bahan ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Lagi-lagi sifatnya yang anti-bakteri dapat meredakan inflamasi dan merangsang sel darah putih agar proses pemulihan luka semakin singkat. Cara penggunaaanya gampang. Kamu tinggal campur tea tree oil dengan air hangat, dengan perbandinga  1:10, 1 tetes tea tree oil dan 10 tetes air hangat. Lalu bisa kamu kompres dengan kapas ke luka yang sudah dibersihkan.

Baca juga:Nadfaskin Tea Tree Serum, Ampuh Atasi Bakteri Penyebab Jerawat! FD Early Access

Sebagai deodoran alami

Tidak hanya sifat anti-bakterinya dapat membantu ketombe dan luka, namun tea tree oil ternyata dapat bantu mengontrol penyebab aroma tidak sedap! Tea tree oil mengandung kandungan astrigent yang bisa bantu atasi bau ketiak. Caranya juga mudah, kamu bisa membuat sebuah tea tree oil spray. Kamu tinggal campurkan 2 tetes tea tree oil dengan 2 sendok makan air (pastikan air bersih ya!). Ketika sudah di campur kamu tinggal semprot deh spray tersebut ke ketiak kamu. Tapi tak hanya untuk ketiak lho, kamu bisa juga semprot campuran ini ke area tubuh lainnya yang berkeringat atau rentan bau badan, seperti dada, punggung, tengkuk, dan lain-lain.

Jadi itulah beberapa manfaat lain dari tea tree oil untuk rambut dan tubuh. Sangat banyak ya manfaat dari minyak yang satu ini!

 

 

Image : Getty Images, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment