banner-detik

diy

Sampah Kecantikan Jangan Dibuang! 4 Ide DIY Kardus dan Botol Beauty Bekas

seo-img-article

Suka overwhelmed nggak sih, dengan kardus dan empties bekas skincare atau makeup? Selain bisa didaur ulang, kamu bisa repurpose dengan lakukan 4 hal ini!

Kamu pasti punya rutinitas skincare maupun makeup yang produknya nggak mungkin cuma satu. Belum lagi kalau kamu penganut skincare step ala cewek-cewek Korea, dan suka menyimpan stok produk terfavorit kamu. Eventually, sampah bekas kardus dan produk beauty ini juga bakal menumpuk kan? Program daur ulang memang jadi alternatif yang paling banyak dipilih, tapi kamu bisa juga jadi lebih kreatif dan upcycle sampah-sampah bekas ini! Berikut 4 ide DIY kardus dan botol beauty bekas yang bisa kamu coba di rumah!

Baca juga: Yuk, Daur Ulang Sampah Kosmetik Kamu di Sini!

Kasih bingkai, jadi pajangan!

bekas kardus dan botol

Ide yang satu ini pertama kali saya dapat dari thread Twitter. Ternyata, kardus bekas skincare atau makeup yang kecil-kecil ini bisa dimanfaatkan jadi pajangan yang cantik banget! Untuk bahan-bahannya, selain kardus-kardus kecantikan, kamu butuh bingkai dengan ukuran paling kecil A4, karton, gunting, dan lem. Caranya juga sangat mudah dan fun. Pertama, sortir dan tentukan box mana yang mau kamu pajang, kamu bisa pilih sesuai dengan warna atau tema yang mau kamu berikan. Kedua, pipihkan kardus dan susun kasar di atas kertas/karton sesuai dengan ukuran bingkai yang kau punya, kamu bisa gunting sisi yang nggak mau kamu tampakkan. Ketiga, tempelkan kardus-kardus tadi di atas karton, lalu pajang deh dengan bingkai sudah ada!

Botol bekas skincare jadi vas bunga atau pot

bekas kardus dan botol

Di antara berbagai botol skincare yang kamu ‘koleksi’, pasti ada kan, yang kemasannya cantik banget dan sayang untuk dibuang? Worry not, kamu bisa kreasikan jadi vas bunga yang bisa dipamerkan di kamar! Untuk botol-botol bekas toner, cukup tambahkan satu atau beberapa tangkai bunga untuk jadi vas ala-ala tema Scandinavia. Nggak harus bunga hidup kok, artificial flowers are fine! Sedangkan untuk jars, bisa kamu manfaatkan jadi pot untuk kaktus atau sucullent. Jangan lupa cuci sampai bersih dengan sabun sebelum menambahkan bunga atau tanamannya ya!

Manfaatkan kembali untuk travel

Selain bisa jadi vas atau pot, kamu bisa manfaatkan kembali botol-botol bekas skincare atau makeup untuk jadi travel-bottles. Jadi, kamu nggak harus selalu membeli travel-sized products setiap akan berpergian, apalagi kalau harus sampai menyetok produk-produk sampel. Simpan jars atau botol-botol skincare yang ukurannya travel friendly, lalu cuci bersih dengan air hangat dan isi kembali dengan produk yang kamu punya. Selain lebih hemat, alternatif yang satu ini benar-benar memanfaatkan semua yang sudah ada kan? Wise choice!

Baca juga: 4 Trik Packing Biar Nggak Ribet Saat Traveling!

Storage!

bekas kardus dan botol

Kardus maupun jars bekas skincare bisa dimanfaatkan sebagai alternatif penyimpanan yang ciamik juga, lho. Nggak harus skincare, kardus-kardus bekas parfum juga bisa dimanfaatkan. Kardus-kardus bekas packaging bisa memuat barang-barang kecil seperti pins, ikat rambut, atau bobby pins, sementara skincare jars bisa jadi tempat kamu menaruh brushes. Supaya lebih cantik, bisa kamu hias dengan cat, pita, atau aksesori lain. The bottom line is, kardus-kardus dan beauty empties bisa jadi berbagai macam ide penyimpanan asal kreatif melihat kegunaannya!

Menarik bukan? Mulai dari menjadi pajangan sampai alternatif penyimpanan, beauty boxes and empties bisa dimanfaatkan kembali sebagai kreasi yang asik dilakukan di rumah. Memajang kardus bekas skincare atau makeup contohnya, bisa jadi semacam kebanggaan tersendiri nggak sih untuk bisa punya produk-produk itu? Apalagi kalau produknya limited atau eksklusif, bisa dipajang deh di kamar. Share juga dong hasil prakarya kalian dengan beauty empties, jangan lupa tag Female Daily ya!

 

Images: dok. Female Daily, unsplash.com, pexels.com, twitter/@salichilic, theklog.co

Slow Down

Please wait a moment to post another comment