banner-detik

beautiful people

7 Podcast Pengembangan Diri yang Bisa Kamu Dengarkan!

seo-img-article

Akhir-akhir ini, podcast semakin beragam mulai dari musik, humor sampai self improvement! Beberapa di antaranya bisa kamu dengarkan di podcast ini. 

Apakah kamu sering merasa capek, suntuk, bahkan nggak bersemangat menjalani aktivitas? Saya pun sering merasa begitu. Biasanya saya melakukan hal-hal lain untuk refreshing, bisa dari baca buku, nonton film bahkan mendengarkan podcast! Semenjak beberapa tahun belakangan ini podcast sebagai platform berbasis audio memang lagi berkembang banget. Selain obrolan yang lucu, kadang ada banyak podcast yang menyajikan topik tentang self-help, self love sampai self improvement! Beberapa di antaranya bisa kamu dengarkan di waktu luang, seperti berikut ini.

Terrible, Thanks For Asking

Menurut saya, Nora McInerny sebagai host dari podcast ini bisa membawa rangkaian ceritanya dengan baik, bahkan terkadang “dibumbui” dengan humor. Nora sendiri memulai podcast ini karena dulunya ia sempat mengalami depresi dan trauma atas kematian sang suami dan ayahnya. Nora bahkan takut untuk cerita ke banyak orang dan memilih untuk diam. Menurutnya, perasaan buat tidak mengatakan apapun itu tidak sepenuhnya baik. Dari podcast ini, Nora ingin mengajak pendengar untuk berbagi kisah mereka. Kalau kamu lihat di podcast-nya, akan banyak pengalaman menarik yang mungkin pernah kamu alami dan cara mengatasinya.

What It Takes

Podcast satu ini cocok buat kamu yang ingin mencari inspirasi! Akan ada banyak tokoh atau figur tertentu yang menceritakan kisah mereka meraih mimpinya termasuk ups and downs-nya. Mulai dari olahraga, layanan publik, musik sampai pengetahuan bisa kamu dengarkan di sini. Banyak juga obrolan yang belum mereka sampaikan di publik yang justru menjadikannnya unik! Salah satunya tentang sejarah NBA sampai kisah Salman Khan yang memberikan edukasi online gratis dengan pemutaran video pendidikan yang menarik.

The Chasing Joy Podcast

Sesuai dengan namanya, kamu akan dengerin banyak kisah seru dari orang-orang yang menggapai kebahagiaan mereka. Georgie, sebagai host juga mewawancarai banyak orang tentang pengalaman yang berhubungan dengan kebaikan dan kebahagiaan. Georgie memulai podcast ini pada 2017 lalu dimulai dari menceritakan kisahnya sendiri tentang pengalaman keluar dari pekerjaan untuk pertama kali, jatuh cinta hingga pengalamannya pindah ke London selama 3 bulan! Dari semua perjalanannya, Georgie menghubungkan kembali apa tujuan hidupnya dengan cara yang lebih baik.

Baca juga: Podcast Meditasi Supaya Kamu nggak Stres di Rumah

Oprah’s SuperSoul Conversations

Kalau ngomongin tentang figur satu ini, saya sendiri mengagumi beliau. Bahkan beberapa kali menonton “The Oprah Winfrey Show” yang menurut saya unik dan to the point! Nah, kalau kamu pernah melihat obrolan Oprah Winfrey bersama Prince Harry dan Meghan Markle, itulah podcast yang ia hadirkan. Oprah’s SuperSoul ini akan mewawancarai banyak figur ternama tentang kehidupan asli mereka yang jarang diketahui publik. Bahkan beberapa di antara obrolannya bisa menginspirasi pendengar bahwa masih banyak hal di dunia ini yang belum dieksplor. Oprah juga mengajak pendengar untuk lebih mengenal diri masing-masing dengan obrolan yang santai namun meaningful!

The Happiness Lab

Biasanya apa hal yang bikin kamu bahagia? Kalau kebanyakan orang menganggap bahwa punya uang banyak, dapat likes banyak di Instagram sampai followers jutaan, Dr. Laurie Santos mematahkan anggapan itu semua. Mungkin hal-hal tadi bisa memberikan kebahagiaan namun belum seutuhnya. Satu hal yang bikin menarik dari podcast ini adalah kamu bisa tahu apa arti bahagia dari berbagai sudut pandang termasuk dari pandangan ilmiah! Dr. Laurie Santos juga memberikan segmen spesial melalui kelas Psychology and The Good Life. Topik yang dibawa juga termasuk simple dan ringan tapi akan bikin kamu takjub!

H.E.R Space

Podcast satu ini menurut saya inspiratif. Akan ada dua host yaitu Dr. Dominique Broussard dan Terri Lomax yang akan memandu jalannya cerita dari wanita berkulit hitam yang ingin menyuarakan aspirasinya! Kalau selama ini black women seringkali disepelekan dan tidak dianggap, mereka bisa bercerita bebas melalui platform ini. Obrolannya juga beragam mulai dari keluarga, teman sampai self love! Dengerin podcast ini mengingatkan saya sama film The Hidden Figures tentang black women yang berhasil bekerja di NASA dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film dengan Tokoh Wanita Inspiratif!

Help Me Be Me

Kadang-kadang manusia bisa susah tertebak emosinya. Kadang bisa tiba-tiba nangis atau bahagia banget! Saya juga sering mengalami ini yang kadang bikin bingung bagaimana cara mengatasinya. Help Me Be Me yang dipandu oleh Sarah May B ini dikhususkan untuk mencari solusi tentang masalah emosi yang naik turun ini. Dalam setiap episodenya akan dibagi menjadi 3 segmen, mulai dari apa permasalahanya, penyebab sampai cara mengatasinya! Beberapa episode yang sudah dibahas adalah cara mendapatkan ide kreatif, mengatasi kesepian, meningkatkan kepercayaan diri sampai menghadapi burnout!

 

 

 

Itu dia beberapa podcast yang bisa kamu dengarkan untuk semakin mengenal diri sendiri. Kalau ada rekomendasi podcast lainnya yang bagus, bisa share di bawah ini ya!

 

 

 

 

Image : dok.podcast, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment