banner-detik

lifestyle

4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kerutan Terlihat Lebih Jelas

seo-img-article

Kerutan memang menjadi salah satu tanda penuaan yang mengganggu. Tapi ternyata ada lho, kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari memperjelas kerutan.

Siapa yang sudah menyadari adanya kerutan atau garis halus di wajah? Saya pun akhir-akhir ini sedang gelisah banget nih, dengan smile lines yang mulai terlihat di wajah. Akhirnya karena penasaran banget, saya mulai mencari tahu, apa saja sih sekiranya yang menyebabkan munculnya garis halus hingga menjadi kerutan dan terlihat lebih jelas. Ternyata, selain karena facial expression yang sulit dikendalikan, ada lho, kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa memperjelas kerutan.

Baca juga: Anti-Aging Set Wajib Punya Mulai dari Drugstore sampai High-End!

kerutan

Tapi sebelum saya membahas kebiasaan-kebiasaanya apa saja, saya mau menjelaskan dulu nih, tentang jenis-jenis kerutan. Ada dua jenis kerutan yang bisa dilihat dari penyebabnya, yaitu dynamic wrinkles dan static wrinkles. Dynamic wrinkles disebabkan oleh ekspresi wajah yang repititif, yang sebenarnya juga nggak bisa kita ‘tahan’ atau cegah juga. Sedangkan static wrinkles, disebabkan oleh hilangnya elastisitas kulit serta pengaruh gravitasi, yang membuat kulit kamu semakin kendor dan sedikit demi sedikit nggak firm lagi. Nah, sekarang langsung saja saya bahas, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang memperjelas kerutan!

Squinting atau memincingkan mata

kerutan

Sebagai pengguna kaca mata, saya sendiri sulit sekali menghindari squinting ketika tidak menggunakan kaca mata. Apalagi kalau memiliki minus yang besar, pasti akan memincingkan mata lebih ‘serius’ lagi. Nggak cuma karena menggunakan kaca mata saja, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kita memincingkan mata. Salah satunya ketika melindungi mata dari paparan sinar matahari. Kebiasaan ini kalau dilakukan sesekali sih, nggak papa. Tapi kalau terlalu sering, ternyata akan memperjelas garis halus dan kerutan di daerah mata. Jadi, kurang-kurangi squinting ya, dan jangan lupa gunakan sunnies kalau cuaca sedang terik!

Pengaplikasian eye makeup

Coba deh sekarang bayangkan kamu sedang mengaplikasikan eye makeup. Ada berapa banyak facial expression yang kamu lakukan ketika menggunakan eyeshadow, eyeliner, atau mascara? Mulai dari memincingkan atau membesarkan mata, sampai ‘mengangkat’ alis saat menggunakan eyeliner, applying eye makeup unfortunately berkontribusi pada kemunculan garis halus atau kerutan. Kamu pasti juga tahu kan, bahwa kulit di daerah mata jauh lebih tipis dibandingkan kulit di area lainnya. Tentunya hal ini akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap garis halus atau kerutan sehingga terlihat lebih jelas.

Posisi tidur

Kamu tim tidur terlentang atau menyamping? Kalau saya sih terbiasa tidur menyamping. Posisi tidur tertentu juga dapat menyebabkan atau bahkan memperjelas kerutan dan garis halus lho, apalagi kegiatan ini dilakukan setiap hari untuk jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini dikarena adanya tekanan eksternal terhadap kulit yang ‘mempercepat’ kemunculan kerutan di wajah. Jadi, bukan hanya karena pengaruh penuaan internal dari tubuh saja, ada hal-hal eksternal yang ‘memaksa’ munculnya kerutan atau garis halus. Kamu bisa siasati dengan mengubah posisi tidur kamu menjadi terlentang, atau mengganti sarung bantal atau guling dengan bahan silk untuk meminalisir gesekan dengan kulit.

Tidak menggunakan sunscreen

Last but never the least; tidak menggunakan sunscreen. Mungkin kamu sendiri sudah dengar ya, berbagai macam efek buruk terhadap kulit nstidak menggunakan sunscreen. Bukan cuma dapat menimbulkan flek hitam saja, tidak rutin menggunakan sunscreen juga dapat menyebabkan munculnya garis halus dan kerutan. Penyebabnya sebenarnya bukan karena produknya, tetapi karena paparan sinar matahari dan sinar UV yang merusak kulit. Makanya, penggunaan sunscreen menjadi suatu hal yang wajib tanpa nego deh. So, always remember to apply and re-apply your sunscreen!

Baca juga: Yuk, Lindungi Kulit Kamu dari Paparan Sinar Blue Light dengan Menggunakan Sunscreen!

Itu tadi 4 kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya remeh, tetapi memberikan pengaruh yang bikin hati gelisah; garis halus dan kerutan. Dari keempat kebiasaan ini, mana yang paling sering kamu lakukan? Share juga ya pengalaman dan cara kamu mengatasi kerutan yang terlihat jelas!

 

Images: dok. Female Daily, pexels.com, freepik.com, unsplash.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment