banner-detik

lifestyle

7 Jenis Istirahat yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Diri Kita

seo-img-article

Pernah nggak sih, ngerasa demot dalam segala hal? Kalau kamu pernah, kamu nggak sendirian kok!

Masalahnya, selama ini kita salah memahami dan berpikir kalau istirahat itu berarti diam saja di rumah dan tidur seharian. Tapi pernah nggak, kamu merasa udah coba tiduran seharian, tapi malah tetap terasa lelah banget? Atau mungkin, baru saja hari senin pagi, rasanya berat banget untuk memulai hari bekerja. Nah, ternyata nggak cuma soal fisik aja, masih ada faktor lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kamu secara menyeluruh! Berikut, ada 7 jenis istirahat yang seharusnya kita lakukan, namun sayangnya seringkali nggak disadari!

1. Istirahat fisik

Istirahat fisik itu tidak hanya tidur, namun termasuk di dalamnya istirahat aktif dengan melakukan kegiatan sejenis yoga atau pijat. Kegiatan untuk merelaksasikan otot-otot tubuh dan pikiran kita.  Jadi silakan atur jadwal rutin dengan instruktur yoga kesayangan atau pijat refleksi untuk relaksasi. Itu bukan dosa, kamu butuh melakukannya!

Baca juga: Atasi Susah Tidur dengan 7 Produk Lokal Ini!

2. Istirahat mental

This one is pretty self-explanatory – our minds need to get off the hamster wheel. Namun di sisi lain, betapa sulitnya mengistirahatkan pikiran di tengah pandemi ini. Banyak sekali hal yang kita khawatirkan. Terutama ketika segala sesuatunya serasa bergerak dengan sangat lambat selama pandemi. Segala hal jadi selalu mampir di otak dan meminta perhatian kita.

Dr Sandra Dalton-Smith memberi saran agar kita bisa meluangkan waktu untuk melakukan istirahat mental, yaitu dengan menjadwalkan istirahat singkat setiap dua jam agar memberi waktu otak untuk rehat sejenak. Istirahat singkat ini cukup sekitar 15 menit.

Baca juga:Sunnies Face Eyecrayon Stick, Solusi Makeup Anti Ribet!

3. Istirahat sensori

“Bright lights, computer screens, background noise and multiple conversations — whether they’re in an office or on Zoom calls — can cause our senses to feel overwhelmed,” siapa di sini yang merasakan hal yang sama? Berapa jam dalam sehari kita menatap layar komputer, ponsel, meeting berkali-kali dan terpaksa multitasking? Padahal kita butuh mengistirahatkan panca indera kita dari kesibukan seperti itu.

Baca juga: 5 Pillow Mist dengan Lavender untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

4. Istirahat emosional

Tahu nggak salah satu tanda bahwa kita telah melakukan istirahat emosional dengan baik? Menurut Dr Dalton Smith, salah satunya ketika kita bisa menjawab pertanyaan “Bagaimana kabarmu hari ini? dengan mengatakan “Saya sedang tidak baik-baik saja” secara JUJUR kalau memang kita sedang tidak baik-baik saja. Mampu berbagi keluhan jika memang membutuhkan.

Nah, masih ada 3 macam istirahat lagi yang bisa selengkapnya kamu baca di halaman ini!

 

Image: Dok. Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment