banner-detik

beautiful people

5 Fakta Menarik Soal Miss Universe 2020 yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Miss Universe akhirnya diadakan kembali tahun ini! Ini dia fakta-fakta menarik soal Miss Universe 2020!

Selama outbreak pertama COVID-19 tahun 2020, banyak banget acara-acara dan pagelaran internasional besar yang jadi diundur atau bahkan batal diadakan. Mulai dari kompetisi olahraga dunia seperti Olympic Games atau Liga Eropa UEFA, sampai konser-konser world tour besar yang diadakan penyanyi-penyanyi kondang. 2020 memang menjadi tahun yang cukup kelam tanpa perayaan warna-warni. Beauty pageant sekelas Miss Universe juga sampai kena dampaknya, harus hiatus sampai kondisinya memungkinkan untuk diadakan.

Baca juga: Ngobrol Bareng Catriona Gray, Miss Universe Tentang Beauty dan Women Empowerment

Nah, tahun 2021 ini, dunia mulai sedikit-sedikit bangkit dari kondisi pandemi. Beberapa event besar mulai kembali diadakan dengan protokol kesehatan ketat. Salah satunya adalah ajang Miss Universe ke-69, yang akhirnya selesai digelar beberapa hari lalu! Untuk kamu yang ketinggalan beritanya, berikut 5 fakta menarik soal Miss Universe 2020!

Diadakan tahun 2021

Meski diadakan di tahun 2021, ajang Miss Universe kali ini tetap menjadi Miss Universe 2020. Karena keadaan pandemi COVID-19, kontes pencarian Ratu Sejagat jadi harus ditunda di tahun selanjutnya. Penundaan ini bukan kali pertama yang terjadi di ajang Miss Universe, lho. Faktanya, ini adalah kali ketiga setelah sebelumnya Miss Universe 2014 dan 2016 juga pernah ditunda dan diadakan di bulan Januari tahun berikutnya.

Miss Universe 2020

Miss Universe 2020 diadakan di Hard Rock Hotel & Casino, Florida, pada 16 Mei 2021 lalu. Pastinya, kompetisi ini diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Di antaranya dengan melakukan tes PCR berkala pada semua kontestan dan kru, penggunaan masker, social distancing, sampai pembatasan jumlah audiens yang bisa menyaksikan secara langsung. Buat kamu yang belum nonton, kamu bisa saksikan langsung acaranya secara terpisah di kanal YouTube Miss Universe.

Steve Harvey tidak menjadi pembawa acara

Menjadi host untuk Miss Universe sejak 2015, Steve Harvey kali ini tidak lagi tampil sebagai pembawa acara. Dikonfirmasi pada April 2021 lalu, Mario Lopez, penyiar dan TV host asal Amerika, dan Olivia Culpo yang akan hadir menjadi host untuk Miss Universe tahun ini. Lopez sendiri pernah menjadi host untuk Miss Universe 2007, sedangkan Olivia adalah pemenang Miss Universe 2012. Beberapa Miss Universe sebelumnya juga tampil sebagai expert analyst dan backstage correspondent, yaitu Paulina Vega (MU 2014), Demi-Leigh Nel-Peters (MU 2017), dan Cheslie Kryst (Miss USA 2019).

Indonesia diwakili Ayu Maulida, kenakan kostum nasional komodo

Setelah sukses menjadi Putri Indonesia 2020, Ayu Maulida Putri akhirnya maju ke ajang Miss Universe 2020. Seperti para kontestan lainnya, ada sejumlah kostum serta gaun yang akan dipamerkan Ayuma. Yang paling menarik perhatian adalah kostum komodo! Pada babak national costume, Ayuma tampil unik dan breathtaking dengan kostum komodo hasil kolaborasi sejumlah desainer ternama, seperti Diana Putri, Yuling Hoo, dan Silvy Prajogo.

Miss Universe 2020

Kostum ‘Komodo Dragon: Indonesian Prehistorical Heritage’ sengaja dipilih sebagai ikon hewan nasional Indonesia. dilengkapi dengan sequins berwarna hitam dan emas, kostum ini memberi efek 3D yang unik dan nyata. Pembuatannya membutuhkan kurang lebih 5000 keping sequin yang dirancang manual, panjangnya bahkan mencapai 3 meter dengan berat 136 kg! Sayangnya, langkah Ayuma harus terhenti di Top 21, but still, applause and forever gratitudes to Ayuma for representing Indonesia gracefully!

Miss Myanmar kehilangan koper di pesawat

Miss Universe 2020

Kejadian tak terduga sayangnya harus menimpa perwakilan Myanmar, Thuzar Wint Li, yang kehilangan salah satu kopernya di pesawat. Pasalnya, sejak ketibaannya di Florida pada 7 Mei hingga mendekati waktu acara, kopernya belum juga dapat ditemukan. Kejadian ini menyebabkan Thuzar tidak dapat mengenakan kostum nasional yang telah disiapkannya. Beruntung, beberapa konstestan lain datang membantu dan meminjamkan kostum untuk Thuzar, memberikan beberapa alternatif kreatif untuk mengganti kostum nasionalnya. Akhirnya, Thuzar tetap dapat tampil dengan menggunakan kostum etnik Chin Myanmar, sembari membawa pesan ‘Pray for Myanmar’ yang sangat berani.

Dimenangkan perwakilan Meksiko, Andrea Meza

Miss Universe 2020

Mengalahkan 73 kontestan lainnya, nama Andrea Meza yang akhirnya resmi diumumkan sebagai pemenang Miss Universe 2020. Sebagaimana tradisi Miss Universe, secara simbolis Zozibini Tunzi sebagai Miss Universe pendahulu di tahun 2019, memberikan mahkotanya kepada Andrea Meza malam 16 Mei lalu. Mengikuti Meza, Miss Brazil Julia Gama menjadi runner-up dan second runner-up ditempati oleh Miss Peru, Janick Maceta Del Castillo.

Nah, itu dia 5 fakta menarik soal Miss Universe 2020 yang baru selesai diadakan beberapa hari lalu. Kamu sendiri sudah nonton belum? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Images: Miss universe, @ayumaulida97, @thuzar_wintlwin, people.com, twitter/@whenscarves 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment