banner-detik

lifestyle

Tips Melindungi Wajah dari Sinar Gadget

seo-img-article

Bukan hanya di masa pandemi saja orang jadi lebih sering terpapar sinar gadget. Sebelum pandemi pun banyak aktivitas yang melibatkan gadget. Bukan nggak mungkin kalau sehari bisa 12 jam bahkan 16 jam melihat layar gadget.

Orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk marathon drama Korea satu season penuh, setidaknya bisa menghabiskan 16 jam untuk menyelesaikannya. Belum lagi ditambah buka Whatsapp, Zoom meeting, scrolling Instagram, bahkan belanja di e-commerce, yang akhirnya membuat kita bisa menghabiskan waktu lebih lama di dunia maya.

Hal ini tentu berdampak pada wajah kita. Meski sinar matahari nggak langsung kena wajah, tapi sinar yang ada di gadget bisa menimbulkan reaksi yang serupa, dan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah dan akan memicu tanda-tanda penuaan dini, termasuk garis halus, kerutan, dan noda-noda gelap. Wajib diketahui juga kalau setiap kita melihat layar selama satu jam, kondisi kulit bisa berpengaruh hingga ke dermis, yang memiliki serat kolagen dan elastin.

Supaya menjaga kondisi kulit, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk melindungi wajah kamu dari paparan sinar gadget.

Pakai dark mode 

Untungnya teknologi sekarang sudah semakin canggih. Sebelum ada dark mode, beberapa layar masih terlihat terang dan terik jika digunakan di malam hari, bahkan ketika sudah diatur seminim mungkin untuk cahayanya, tetap masih terang. Setelah hadir fitur dark mode ini, setidaknya jadi membantu sekali dalam aktivitas yang biasa menggunakan gadget. Kalau di Android, fitur mode gelap dan cahaya biru dapat diatur dengan mudah. Sementara untuk IOS sudah ada pilihan sendiri untuk dark mode maupun yang default.

Jadi, kamu bisa atur sendiri. Misalnya ketika di kamar, dan ketika malam hari, kamu bisa mengatur cahaya di layar dengan situasi di kamar. Begitu juga ketika bekerja menggunakan laptop, usahakan memberi jarak yang wajar dan nggak terlalu dekat supaya sinar gadget nggak langsung berinteraksi dengan wajah.

Baca juga:  5 Sunscreen Lokal dengan Kandungan Niacinamide untuk Melindungi dan Mencerahkan Kulit

Gunakan sunscreen meski di dalam rumah

Beberapa orang mungkin masih menganggap remeh keunggulan sunscreen. Masih banyak yang berpikir kalau di rumah saja artinya nggak butuh pakai sunscreen. Apalagi kalau tinggal di kos-kosan yang minim jendela dan jarang terkena matahari. Namun, perlu diketahui juga kalau sinar gadget juga memiliki spektrum cahaya yang serupa, dan kalau kita terpapar terus-menerus maka bisa berakibat buruk pada kulit wajah kita. Untuk itu, perlu banget memakai sunscreen meski dalam ruangan.

Walau nggak keluar rumah, kita kan tetap berinteraksi dengan orang-orang melalui gadget. Bekerja 9 jam sehari, dengan kebiasaan scrolling Instagram, ditambah lagi kalau streaming. Pasti banyak waktu yang dihabiskan depan layar gadget, sehingga kita butuh perlindungan ekstra untuk wajah. Tetap menggunakan sunscreen setiap hari walaupun nggak pergi kemana-mana, adalah salah satu cara memproteksi kulit.

Baca juga: Ini Dia Pengaruh Stres Pada Kulit dan Cara Mengatasinya!

 

Selain sunscreen, juga kamu bisa rutin menggunakan skincare yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang kaya akan antioksidan, yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya lingkungan yang buruk atau radikal bebas. Tips ini nggak hanya bisa kamu aplikasikan sementara saja lho, tapi juga seterusnya, karena sehari-hari kita akan selalu berhadapan dengan gadget. Jadi jangan malas untuk merawat kulit wajah ya! Pastikan kamu juga selalu tahu kapan kamu harus rehat dari gadget kamu, sehingga kamu memberi waktu bagi kulit untuk beristirahat juga.

 

Image: Freepik.com & Dok. Female Daily 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment