banner-detik

beauty school

SPF Sunscreen Korea Nggak Sesuai Klaimnya, Lalu Harus Diapakan?

seo-img-article

Sejak berita sunscreen brand Purito yang nggak sesuai dengan klaimnya, jadi banyak orang yang curiga dengan sunscreen buatan asal Korea. Setelah setahun penantian, mulai banyak nih, brand-brand yang mengeluarkan statement, kalau ternyata sunscreen keluaran mereka, ternyata nggak memiliki perlindungan SPF sesuai dengan klaim-nya.

Baca juga: Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kontroversi Sunscreen Purito!

Nggak heran sih kalau hal ini terjadi, karena sunscreen Purito sendiri dibuat oleh maklon yang ada di sana. Jadi pasti banyak sekali brand-brand yang akan kena dampak ini. Dan benar saja, salah satu brand skincare Korea kecintaan saya, dear Klairs, baru saja mengumumkan kalau dear, Klairs Soft Airy UV Essence SPF50+ PA++++, hanya memiliki perlindungan SPF sekitar 12.4-25.

Baca juga: Kontroversi Sunscreen Korea Berlanjut. Krave Beauty Beet The Sun Berhenti Diproduksi

Begitu tahu berita ini, saya sedih banget! Mengingat Dear, Klairs Soft Airy UV Essence SPF50+ PA++++ adalah salah satu sunscreen kecintaan saya, dan sudah saya pakai hingga 2 tahun lebih. Jujur kepikiran sih, apa kabarnya kulit saya ini selama menggunakan sunscreen ini. Untungnya, saya nggak pernah berjemur atau panas-panasan ketika menggunakan sunscreen ini, semoga damage-nya nggak terlalu parah. 

Ketika para brand mulai mengeluarkan statement mengenai keabsahan kandungan SPF pada produk mereka, rata-rata yang dilakukan adalah dengan stop produksi, menarik stok yang ada di toko dan menawarkan full refund kepada customer. Sayangnya sistem full refund hanya berlaku di negara di mana sunscreen ini dijual secara official, atau sesuai dengan kerjasama antara brand dan distributor di negara masing-masing.

Jadi untuk kita yang di Indonesia, nggak bisa nih melakukan klaim refund terhadap produk yang sudah kita beli. Lalu, harus diapakan sunscreen-sunscreen ini? Apakah harus dibuang begitu saja? Tentunya nggak dong. Karena kalau dibuang begitu saja, jatuhnya akan mubazir dan malah menambah sampah kosmetik.

Walaupun klaim perlindungan SPF di dalamnya nggak sesuai, tapi produk sunscreen ini memiliki berbagai kandungan lainnya yang baik untuk kulit. Misalnya di dalam sunscreen dear, Klairs Soft Airy UV Essence SPF50+ PA++++, ada kandungan Sea Buckthorn Oil yang dapat menghidrasi kulit, Niacinamide untuk mencerahkan, dan Beta-Glucan untuk menenangkan kulit sensitif. Jadi kamu bisa menggunakan produk ini sebagai tahap skincare tambahan, untuk melembapkan. Atau anggap saja, kamu sedang menggunakan day cream yang ada sedikit kandungan sunscreen-nya. Setelah itu, untuk mendapatkan perlindungan SPF yang maksimal, jangan lupa gunakan sunscreen lagi di atasnya. Rata-rata, sunscreen buatan brand Korea memiliki tekstur yang nyaman, ringan dan nggak oily. Jadi nggak perlu takut ketika menggunakan sunscreen ber-layer-layer.

Selain menggunakannya sebagai pelembap wajah, kamu juga bisa menggunakannya sebagai pelembap tubuh, seperti tangan, dada, atau juga kaki. Lumayan kan, area yang tadinya nggak begitu terlindungi SPF, sekarang jadi ada sedikit perlindungannya.

Jadi ingat ya, kalau kalian memiliki banyak sunscreen dari brand Korea, jangan langsung dibuang atau di anggurkan. Tetap pakai hingga habis, supaya nggak menambah sampah dan menyia-nyiakan uang yang sudah kalian keluarkan.

doc: Klairs.global

Slow Down

Please wait a moment to post another comment