banner-detik

makeup

3 Cara Supaya Makeup Tahan Lama Meski Pakai Masker

seo-img-article

Kamu pasti kesal kan kalau sudah repot-repot makeup, eh ternyata nempel semua di masker?

Alih-alih ingin terlihat flawless di depan teman-teman saat bertemu, justru terlihat belang karena makeupnya bukan nempel ke wajah tapi nempel ke masker. Waduh, betenya bisa seharian penuh, apalagi kalau suasana hati lagi sensitif. Nah, untuk menghindari hal seperti ini, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini supaya makeup tahan lama dan nggak gampang transfer ke masker.

Selalu gunakan primer

Kalau biasanya sebelum pandemi, kamu nggak pernah pakai face primer, sekarang coba deh rutin menggunakan face primer sebelum mengaplikasikan makeup. Sebuah kunci untuk riasan wajah jadi nggak kabur kemana-mana. Selain menjaga riasan wajah, juga face primer bisa membuat tampi;lan pori-pori kamu tampak lebih kecil, dan membuat kulit jadi lebih lembap. Kamu bisa memilih face primer yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bahkan beberapa brand lokal pun sudah menawarkan face primer dengan formula yang oke, lho!

Jenisnya pun macam-macam, ada yang bentuknya krim, ada yang spray. Kalau face primer bentuk spray seperti dari brand Studio Tropik, kamu bisa menggunakannya dalam berbagai cara. Bisa untuk sebelum mengenakan riasan wajah, dan juga setelahnya untuk mengunci seluruh riasan wajah supaya nggak gampang luntur. Begitupun kalau merasa kulitmu lagi kering atau cuaca lagi terik, kamu bisa menyemprotkan produk tersebut ke wajah sebagai face mist supaya kulit tetap lembap dan wajah tetap segar!

Baca juga: Rare Beauty Milik Selena Gomez Luncurkan Eyeshadow Palette yang Wearable

Ganti foundation dengan cushion atau two way cake

Kalau menggunakan foundation, biasanya tampilan makeup akan terlihat lebih berat. Memang sih coverage-nya unggul dan bisa menyamarkan noda-noda gelap lebih sempurna, namun, kalau ada yang crack atau patchy, kamu akan sulit untuk memperbaikinya. Repot dong kalau harus bahwa botol foundation ke mana-mana? Lebih baik pilih pakai cushion, yang lebih ringan hasilnya, namun ketika kamu buka masker dan ingin touch-up, kamu nggak kerepotan.

Beberapa cushion sekarang sudah memiliki formula yang bagus dan mengandung pelembap juga. Jadi nggak cuman bikin riasan wajah makin flawless, tapi juga jadi lebih menempel karena nggak bikin kulit kering. Sekarang ini cushion juga banyak yang matte atau semi-matte, lho! Jadi nggak terlalu “basah” dan gampang nempel di masker. Kamu bisa gunakan loose powder lagi setelah pakai cushion supaya lebih tahan lama.

Produk two way cake atau bedak sekaligus foundation, atau biasa disebut powder foundation, juga kembali hits saat ini, bahkan ramai dibicarakan di TikTok! Karena selain praktis dan punya coverage yang bagus, two way cake umumnya bisa bikin makeup tahan lama. Kamu bisa coba produk Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake, atau Make Over Powerstay Matte Powder Foundation, atau MAC Studio Fix Powder Plus Foundation yang sudah terkenal kualitasnya.

Baca juga: Cara Merawat Reusable Cotton Pad

Tunggu makeup sampai kering

Beberapa riasan akan mudah transfer ke masker apabila terlalu buru-buru menggunakan masker setelah dandan. Hal ini bisa saja terjadi karena riasan yang masih basah belum sepenuhnya menempel dengan sempurna. Memang nggak bisa dihindari kalau memang keadaannya mepet. Tapi kalau masih punya waktu yang lebih lama, kamu bisa mendiamkan beberapa menit, supaya riasan yang menempel benar-benar sudah melekap dengan sempurna, nggak ngecap di masker.

 

Nah, itulah beberapa tips simpel untuk bikin makeup tahan lama meskipun kamu sering pakai masker. Kalau sekedar ingin ke supermarket atau ambil uang di ATM, kamu bisa menggunakan tone up cream atau tinted sunscreen saja supaya wajah terlihat lebih cerah dan halus tanpa perlu repot-repot, karena waktu yang dibutuhkan untuk pergi hanya sebentar.

Kalau kamu sendiri lebih suka pakai makeup atau nggak nih selama pandemi?

 

Image : Freepik.com & dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment