banner-detik

skin care

3 Tanda Skin Barrier Rusak yang Perlu Diperhatikan

seo-img-article

 

Sudah rutin skincare-an dan memperbaiki gaya hidup, tapi masalah kulit tetap muncul? Kenali beberapa tanda berikut! Bisa jadi skin barrier kamu rusak.

 

Sebelum membahas apa saja tanda-tanda skin barrier rusak, kita pahami dulu yuk definisi skin barrier. Sebagai lapisan terluat kulit, skin barrier sendiri berfungsi menjaga kulit dari kerusakan yang terjadi akibat terpapar sinar matahari, terkena polusi, dan juga kotoran. Nah, kalau skin barrier rusak, biasanya akan muncul beberapa tanda seperti berikut ini.

 

Peradangan kulit

skin barrier rusak

Nggak cuma tenggorokan saja yang bisa radang. Wajah kalau kebanyakan kena kotoran dan menyerap racun, bisa mengalami radang juga. Skin barrier yang rusak bisa membuat kulit jadi lebih sensitif dan iritasi. Hal ini karena kulit lebih mudah terpapar banyak polusi, sinar matahari, dan juga kotoran. Akibatnya, kulit mengalami radang. Radang terjadi dengan tanda kulit lebih cepat memerah, terasa perih dan gatal ketika terkena sinar matahari, ataupun polusi yang ada di luar rumah.

Baca juga: WAJIB COBA! 3 Skincare Under 50 Ribu yang Ampuh Bikin Kulit Glowing Pasca Mudik!

 

Lebih mudah berjerawat

Munculnya jerawat juga bisa jadi tanda ketika skin barrier rusak. Jerawat akan timbul hari demi hari, walaupun sudah diobati. Biasanya sulit reda dan malah bertambah semakin banyak tiap harinya. Selain itu, jerawat karena rusaknya skin barrier biasanya muncul di banyak tempat sekaligus. Nggak seperti jerawat hormonal yang hanya muncul di titik tertentu.

Namun perlu diingat juga, jangan langsung mengklaim kalau skin barrier kamu rusak, karena di musim pandemi ini juga ada fenomena maskne, yaitu jerawat yang timbul karena terlalu sering memakai masker, akibat kotoran menumpuk di dalam masker, bercampur dengan makeup dan keringat.

Produksi sebum berlebih meski kulit kering

skin barrier rusak

Kalau kamu pernah merasa banyak sebum yang keluar di wajah kamu, namun kulit terasa kering, bisa jadi itu tanda skin barrier kamu sedang nggak baik-baik aja. Sebum yang diproduksi oleh kulit adalah sebuah mekanisme pertahanan diri akibat kurangnya hidrasi pada kulit. Jadi, meski kulit kamu terlihat mengilap atau berminyak, kamu akan tetap merasa kering akibat dehidrasi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi, Ini Cara Merawat yang Benar!

Untuk mengembalikan kondisi ke semula, kamu bisa menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit yang bisa menenangkan wajah dan cocok untuk kulit kamu. Jangan lupa juga tetap minum air putih dan konsumsi vitamin, supaya kulit terjaga nggak hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Selamat mencoba!

 

Image : Dok. Female Daily & Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment