banner-detik

beauty school

Hindari Skincare Routine Ini Supaya Nggak Merusak Lingkungan

seo-img-article

Menjaga lingkungan memang perlu diterapkan sehari-hari, supaya bumi jadi lebih sehat dan terjaga keindahannya. Disadari atau nggak, ternyata rutinitas skincare harian kita bisa menyumbang banyak limbah sampah yang nggak bisa di daur ulang. Seperti yang kita tahu, untuk sebuah kemasan atau plastik butuh waktu ratusan tahun  supaya bisa hancur dan terurai.

Namun sayangnya, di sepanjang tahun itu kita tetap harus hidup dan bergantung pada alam. Untuk tetap menjaga supaya nggak merusak lingkungan. Berikut adalah beberapa cara kebiasaan skincare routine yang perlu kamu hindari supaya nggak menimbulkan banyak sampah.

Baca juga: innisfree Hadirkan Perawatan Tangan dari Wortel yang Didaur Ulang

Hindari menggunakan kapas sekali pakai

Memang dari segi harga, cukup ekonomis dibanding kapas yang bisa dipakai berulang kali. Namun kapas yang biasa kamu gunakan untuk menghapus riasan, memakai toner, dan menghapus cat kuku itu nggak mudah rusak, dan sulit terurai.  Untuk menggantinya, kamu bisa menggunakan kapas yang bisa dipakai berulang kali.

Baca juga: Mencoba Foyya Studio Cotton Pad, Kapas Katun yang Reusable

 

Hindari pisau cukur sekali pakai

Ternyata untuk mendaur ulang pisau cukur dan alat cukur itu sulit sekali. Untuk menghindari limbah plastik, kamu bisa mengganti kebiasaan mencukur, dengan cukuran elektrik. Kalaupun ingin lebih mudah, kamu bisa melakukan waxing di salon, untuk meminimalisir tumbuhnya bulu, dan bisa membantu mengurangi sampah dari produk kecantikan.

Baca juga: Melihat Proses Daur Ulang Bekas Kemasan Botol The Body Shop

Hindari skincare routine dengan microbeads exfoliator

Micro-beads atau scrub yang ada dalam produk perawatan kulit, memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Bahaya, karena micro-beads ini terbuat dari bahan plastik yang nggak mungkin banget di daur ulang, mengingat ukurannya yang kecil. Limbah ini akan sangat membahayakan ekosistem di perairan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, kamu bisa menggunakan produk perawatan physical exfoliator yang terbuat dari bahan-bahan natural, seperti kopi, teh atau beralih ke chemical exfoliator.

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment