banner-detik

beautiful people

10 Quotes Inspiratif dari Kartini tentang Hidup dan Perjuangan

seo-img-article

“Habis gelap, Terbitlah Terang.” Judul singkat dan tegas dari buku antologi surat yang ditulis Kartini ini santer terdengar di mana-mana. Tapi, masih ada banyak quotes inspiratif lain dari sosok Kartini yang bisa kita teladani!

Menjadi tokoh perempuan yang berada di frontline gerakan emansipasi perempuan “pertama” di Indonesia, nggak mengherankan bila Kartini memiliki segudang pemikiran dan gagasan yang inspiratif, sekaligus mampu membakar semangat. Memaknai perjuangan Kartini juga nggak harus selalu dalam bentuk peran nyata yang aktif, namun bisa dimulai dengan langkah kecil memaknai kutipan serta ide-ide yang pernah disampaikan olehnya. Berikut 10 quotes inspiratif dari Kartini mengenai hidup dan perjuangan yang bisa kamu teladani!

Baca juga: 5 Tokoh Perempuan di Drama Korea Ini Adalah “Kartini” Modern!

“Bukanlah laki-laki yang hendak kami lawani, melainkan pendapat kolot dan adat usang.”

quotes kutipan kartini

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

“Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.”

“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.”

“Cita-cita itu ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkannya pada kesempurnaan.”

“Sekarang kehidupan saya akan jadi bagus dan kaya, atau miskin dan kering; itu hanya tergantung saya.”

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”

“Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?”

“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermpimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.”

“Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputera merdeka dan berdiri sendiri.”

 

Gimana? Merinding nggak? Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dan teladani dari kutipan-kutipan Kartini yang membakar semangat ini. Nggak hanya soal perjuangan emansipasi saja, kutipan-kutipan diatas sangat bisa kamu realisasikan di kehidupan sehari-hari, lho. Kalau merasa hidup sedang sulit dan melelahkan, ingat dan camkan saja; bagus dan kaya, atau miskin dan kering; itu hanya tergantung saya!

 

Images: unsplash.com, pexels.com, aa.com.tr, dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment