haircare

Apa Saja Advanced Treatment untuk Mengurangi Rambut Rontok?

seo-img-article

Rambut rontok memang masalah menyebalkan. Kalau sudah cukup parah dan mengakibatkan thinning hair, kamu bisa coba advanced treatment, lho!

 

Produk hair care seperti shampoo, conditioner, hair mask, hair serum, hair tonic, dan hair oil nggak sukses mengatasi rambut rontokmu? Kalau gitu kamu harus coba advanced treatment di klinik kecantikan terpercaya.

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, kulit kepala juga butuh distimulasi, bahkan bisa diakali untuk tampilan rambut yang lebih lebat. Nah, untuk mendapatkan hal itu, tentu saja harus kamu konsultasikan ke dokter kulit atau ahlinya.

Karena penasaran tentang advanced treatment yang bisa membantu mengatasi rambut rontok, saya mewawancarai dr. Corry Khatreen, SpKK, seorang dermatologist di Maharis Clinic Jakarta. Simak, yuk!

Banyak orang kesulitan mengatasi masalah rambut rontok, Dok. Ada advanced treatment apa saja sih yang bisa membantu menumbuhkan rambut dan mengurangi kerontokan?

Selain pakai produk hair care, treatment di klinik memang disarankan bila kerontokan rambut cukup parah dan tak kunjung mereda. Ada banyak yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan dan mengurangi kerontokan rambut. Mulai dari hal yang paling sederhana yaitu dengan obat topikal dan obat minum, lalu ke treatment yang lebih canggih bisa dengan laser rambut dan PRP. Apabila cara itu tidak mempan, bisa juga dengan hair transplant atau transplantasi rambut.

Hair transplant itu apa saja plus minusnya dan gimana caranya? Apakah ada perbedaan prosedur untuk perempuan dan laki-laki?

“Hair transplant termasuk mini surgery yang berhubungan dengan kosmetik. Tidak ada perbedaan prosedur antara wanita dan pria. Secara garis besar teknik hair transplant adalah dengan memindahkan folikel rambut kita sendiri dan ditanamkan ke bagian rambut yang botak.
Treatment hair transplant memberikan hasil yang lebih menjanjikan dan lebih cepat mengatasi kebotakan dibandingkan dengan treatment lainnya, tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang tidak disarankan untuk dilakukan hair transplant karena tidak akan ada hasilnya, seperti kerontokan karena memang orang tersebut menjalankan kemoterapi, memiliki kebotakan yang sangat luas, dll.
Minusnya dari metode ini adalah sangatlah mahal dari segi biaya, bisa mencapai ratusan juta. Efek samping dari tindakan ini bisa terjadi infeksi, inflamasi di kulit kepala atau folikulitis, perdarahan, kehilangan sensasi didaerah transplantasi, dan kalau diperhatikan baik-baik bisa terlihat tidak sama dengan rambut sekitarnya yang masih asli. Ada juga kasus yang rambutnya masih tetap rontok meskipun sudah melakukan hair transplant.”

Wah, ternyata banyak juga kekurangannya, ya. Kalau PRP untuk kulit kepala itu apakah bisa sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut, Dok? Bagaimana prosedurnya? Harus berapa kali sampai terlihat hasilnya?

“PRP adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan hasilnya sangat baik, walaupun tidak terlihat langsung atau instan. Hasilnya bisa terlihat setelah 4-6 bulan, setelah beberapa kali treatment. Treatment ini menggunakan darah dari tubuh kita sendiri yang diproses sehingga kita hanya mendapatkan residu PRP dari darah kita. Residu tersebut banyak mengandung growth hormone yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Pengaplikasian PRP ini dapat disuntikan secara langsung atau dapat menggunakan teknik microp-needling.”

Selain transplantasi rambut, laser, dan PRP, ada nggak treatment lain yang dokter sarankan untuk mengembalikan ketebalan rambut atau menyuburkan rambut?

“Kombinasi beberapa treatment bisa memberikan hasil yang lebih optimal dibandigkan hanya monoterapi. Misalnya kedua tindakan hair transplant dan PRP dapat kita kombinasikan dengan menggunakan obat topikal misalnya tonic, shampoo dan obat oral yang mengandung biotin, zink, dan hormon. Jadi, selain kulit kepala dan rambut terstimulasi dari luar, juga dapat perawatan dari dalam tubuh.”

Baca juga: 5 Produk Selain Shampoo untuk Mengurangi Rambut Rontok

Nah, itu dia informasi dari dermatologist terkait advanced treatment yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Tentu saja harus dilengkapi dengan gaya hidup yang sehat seperti mengurangi rokok, konsumsi makanan kaya nutrisi, mengurangi stress, dan tidak terlalu sering menggunakan hot tools untuk styling rambut. Untuk detil lebih lanjut, kamu bisa konsultasikan langsung ke dermatologist, ya! Semoga rambut rontokmu cepat teratasi dan bisa segera ada pertumbuhan rambut-rambut baru!

 

Image: Instagram dr. Corry, Freepik.com, Guardian SG

Slow Down

Please wait a moment to post another comment