skin care

Solusi untuk Jerawat yang Muncul Setelah Berolahraga

seo-img-article

Olahraga malah bikin kulit wajah dan punggung jerawatan? Coba perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum kamu mulai berolahraga!

Kalau dari pengalaman saya, berolahraga secara rutin bikin kulit saya jadi lebih glowing dan sehat. Namun banyak juga yang mengeluh bahwa kulit muka dan punggung jadi lebih mudah berjerawat setelah berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tapi ini bukan alasan untuk berhenti berolahraga ya! Karena olahraga dan aktivitas fisik juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Yuk simak cara-cara berikut ini untuk meminimalisir munculnya jerawat sesudah olahraga!

Baca juga: 5 Channel Youtube untuk Olahraga Singkat di Rumah Bagi Pemula!

Hindari pakai makeup saat olahraga

Jika kulit mukamu mudah berjerawat, hindari menggunakan makeup sebelum berolahraga. Bersihkan wajah sebelum berolahraga dengan face cleanser yang ringan dan melembabkan kulit. Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri dan pori-pori yang tersumbat, jadi pastikan kulit tetap bersih sebelum dan sesudah berolahraga.

Apabila kegiatan olahraga dilakukan di luar ruangan, selalu gunakan sunscreen. Sinar matahari juga bisa menyebabkan breakout, sehingga pastikan kulit kita terlindung dari sinar matahari. Pastikan kalian menggunakan sunscreen dengan cukup dan merata.

Jangan skip pakai pelembap karena kulit kering akan memaksa tubuh menghasilkan lebih banyak minyak sehingga pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. Pastikan produk yang dipakai saat berolahraga adalah produk yang ringan dan non-comedogenic.

Gunakan pakaian dan handuk bersih

Selalu gunakan pakaian dan handuk yang bersih atau baru dicuci sebelum berolahraga. Ini karena sel kulit mati, bakteri, dan kotoran dari baju dan handuk yang belum dicuci dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Jangan lupa selalu gunakan handuk bersih untuk mengelap keringat ya. Jangan gosok kulit dengan handuk karena dapat menyebabkan gesekan yang mengiritasi kulit. Coba untuk menepuk-nepuk kulit perlahan, dengan menggunakan handuk yang bahannya lembut dan mudah menyerap air, sampai kering.

Oh iya, pastikan pakaian untuk berolahraga juga menggunakan bahan yang menyerap keringat ya. Jika mencuci pakaian, pastikan pakaian olahraga telah dibilas dengan baik dan kering sepenuhnya.

Jaga kebersihan alat olahraga

Jika menggunakan alat olahraga, selalu lap dan bersihkan alat sebelum dan sesudah digunakan. Hal ini penting agar bakteri dari alat olahraga tidak menempel di tubuh. Jika menggunakan fasilitas olahraga di tempat umum seperti gym, gunakan lap dan sterilizer sebelum menggunakan alat olahraga.

Untuk peralatan yang sifatnya menempel dengan kulit seperti helm dan pelindung lengan, selalu bersihkan secara rutin dengan alkohol. Jangan pernah mau bertukar alat pelindung dengan orang lain, karena dapat menyebarkan bakteri dan minyak dari alat pelindung ke kulit.

Dan yang tidak kalah penting, selalu gunakan hand sanitizer ataupun mencuci tangan, sebelum menyentuh wajah dan bagian tubuh yang acne-prone ya!

Langsung mandi sesudah berolahraga

Salah satu cara untuk mencegah jerawat yang timbul karena olahraga adalah dengan langsung mandi sesudah berolahraga. Meskipun sebenarnya keringat itu tidak secara tiba-tiba menyebabkan jerawat, akan tetapi untuk kulit yang acne-prone, kombinasi panas dari tubuh, keringat dan bakteri dapat mengiritasi kulit kita. Setelah mandi, pastikan badan sudah kering sepenuhnya sebelum menggunakan baju, untuk menghindari kelembapan berlebih.

Baca juga: Tips Memilih dan Memakai Parfum Saat Berolahraga

 

Jika sudah rutin melakukan hal ini dan tetap memiliki masalah dengan jerawat setelah berolahraga, jangan ragu untuk mengontak dermatologist ya! Salam olahraga!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment