banner-detik

beauty school

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Waxing

seo-img-article

Meski rasanya lega sekali sesudah waxing, ternyata masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk merawat kulit sesudah waxing!

Bagi saya, waxing adalah cara mencabut rambut tumbuh paling praktis. Rasanya bersih sempurna dan tanpa sisa. Apalagi kalau kita melakukan waxing di salon. Meskipun demikian, bukan berarti ketika sesi waxing selesai, lalu kita tidak melakukan perawatan apapun. Perawatan kulit sesudah waxing sangat penting, agar kulit terhindar dari masalah-masalah post-waxing seperti ingrown hairs, gatal-gatal, kemerahan, infeksi bakteri, sampai bekas luka.

Lalu apa saja sih yang harus dilakukan sesudah waxing?

Gunakan pakaian longgar dengan bahan yang nyaman

Jika kita pergi ke waxing parlour, pastikan kita menggunakan pakaian yang longgar dan bahannya nyaman. Ini penting untuk menghindari keringat dan gesekan ke bagian tubuh yang di-wax. Penggunaan wax yang mencabut bulu secara paksa, seringkali membuat kulit teriritasi sehingga gesekan dari pakaian akan membuat kulit semakin teriritasi.

Apabila melakukan bikini waxing atau Brazilian Waxing, pastikan juga kamu menggunakan pakaian dalam yang bersih, nyaman dan berbahan katun ya! Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian tubuh yang baru di-wax agar tidak terjadi infeksi bakteri.

Kompres dengan air dingin atau pakai aloe vera gel

Jika kulitmu mudah kemerahan dan meradang setelah waxing, kompres bagian kulit tersebut dengan kompres yang dingin. Kompres dingin dapat menenangkan kulit yang kemerahan setelah waxing. Kompresan dingin ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya langsung menggunakan es batu di kulit, atau menggunakan kain lembut yang direndam air dingin. Jika mau menggunakan kain, pastikan kain yang digunakan bersih ya! Karena jika tidak malah meningkatkan resiko infeksi bakteri.

Jika tidak menyukai sensasi kompres dingin, alternatifnya bisa dengan menggunakan Aloe Vera Gel dingin untuk mengompres kulit. Gunakan gel yang memiliki ingredients yang dapat menenangkan kulit seperti Aloe Vera atau Tea Tree untuk menenangkan kulit yang kemerahan. Lakukan hal ini secara rutin beberapa hari sesudah waxing untuk menangkan kulit.

 

Hindari berenang dan sinar matahari!

Sesudah waxing, wajar bila sementara kulit akan menjadi lebih sensitif. Biasakan untuk menunggu 48 jam sesudah waxing untuk meredakan kemerahan pada kulit sebelum langsung berjemur di sinar matahari, karena kulit akan lebih mudah terbakar. Hindari juga kegiatan berenang, karena klorin dari air kolam renang juga dapat mengiritasi kulit yang sedang sensitif, jadi pastikan kulit kalian sudah benar-benar kalem sebelum berenang dan berjemur ya!

Gunakan pelembap

Sering mengalami masalah ingrown hair? Pastikan kulit selalu lembab dan lembut ya! Kulit yang lembab akan terasa lebih halus dan rambut pun akan lebih mudah tumbuh, sehingga ingrown hair akan lebih jarang muncul. Menggunakan lotion pelembab ataupun body oil untuk melembabkan kulit sesudah waxing mengurangi resiko ingrown hair. Tapi jangan menggunakan produk lotion yang terlalu kental ataupun produk yang mengandung mineral oil karena dapat menyumbat pori-pori. Jika kulitmu sensitif hindari produk yang mengandung pewarna dan pewangi.

Mild exfoliation

Jika masih ada ingrown hair, jangan khawatir, lakukan eksfoliasi ringan di bagian kulit yang terdapat ingrown hair, dengan menggunakan scrub super lembut. Jangan mencabut ataupun mencongkel ingrown hair karena dapat mengakibatkan infeksi dan iritasi.

Jika kalian akan melakukan eksfoliasi kulit sesudah waxing, pastikan kulit kalian sudah tidak dalam kondisi yang sensitif. Lakukan exfoliasi seminggu sesudah waxing, atau saat rambut sudah mulai tumbuh, dan jangan sampai over-eksfoliasi karena akan melukai kulit!

 Itu dia hal-hal yang harus dilakukan sesudah waxing. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian tubuh yang di-wax ya. Selamat waxing!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment