banner-detik

lifestyle

Menjadi Wanita yang Terliterasi dan Mandiri Secara Finansial? Why Not! | Girls Run the World

seo-img-article

Sebenarnya, urusan mandiri secara finansial, bukan hanya tanggung jawab dan tugas pria saja. Wanita juga harusnya dapat mandiri dan teredukasi secara finansial!

Zaman sekarang, tugas wanita bukan hanya untuk urusan rumah tangga aja. Ada wanita yang bekerja. Ada wanita yang jadi ibu rumah tangga. Bahkan, ada juga wanita yang menjadi keduanya! Wanita sebaiknya bisa menyesuaikan diri, untuk mengikuti arus zaman, dan biaya hidup yang semakin tinggi dengan cepat. Sebaiknya, bisa berdaya dan mandiri atas dirinya sendiri.

Before we get into the topic, saya mau ngomong sedikit maksud dari terliterasi dan mandiri secara finansial ini. In short, terliterasi secara finansial, berarti kita paham soal keuangan, paham apa pentingnya, bagaimana mengaturnya, serta bagaimana bisa mengambil keputusan yang tepat untuk urusan keuangan kita. Mandiri secara finansial sendiri, ya, berarti mampu memiliki penghasilan sendiri. Nah, kenapa sih, kita sebagai wanita sebaiknya bisa berdaya, mandiri, serta terliterasi secara finansial? Saya akan jelaskan alasannya di bawah ini!

Baca juga: Bahaya Terselubung Saat Pakai Paylater

Bijak menggunakan uang

Ketika kamu, let’s say, make your own money, secara nggak langsung, kamu akan belajar bagaimana caranya mengatur keuangan. Paling nggak, punya basic financial literacy, yang akan membuatmu lebih bijak melihat urusan finansial. Kamu juga bisa lebih menghargai uang yang kamu hasilkan dan miliki. You earn it and you want to make the best out of it. Ini bakal bermanfaat banget buat diri dan keseharian kamu. Semakin kamu bijak mengatur keuangan, semakin bijak juga kamu memahami mana yang benar-benar kamu butuhkan.

Baca juga: Tips Nabung untuk Belanja Skincare

Mempersiapkan untuk hal terburuk

Perempuan Terliterasi dan Mandiri Finansial

Dalam urusan rumah tangga, tugas mencari nafkah memang diwajibkan kepada suami, meski semuanya kembali lagi ke kesepakatan bersama. Tapi, nggak akan ada yang tahu bagaimana keadaan akan berubah kan? Hal ini akan berisiko banget, kalau hanya ada satu sumber penghasilan di rumah tangga kamu. This is when you can step in, you can help! Kalau kamu paham dan berdaya secara finansial, tentu kamu nggak akan begitu kaget dengan perubahan, dan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Kamu juga akan lebih percaya diri untuk mengambil keputusan finansial.

Baca juga: Jangan Asal Ikutan Tren Main Saham! Baca Detailnya

Menjadi partner yang bisa diandalkan

Perempuan Terliterasi dan Mandiri Finansial

Sesuai dengan poin pertama di atas, ketika kamu bisa mengatur keuangan kamu, kamu juga akan bisa mengelola keuangan rumah tangga kamu! Kamu akan jadi partner duet yang serba bisa dan serba paham dengan pasanganmu. Kalian akan familiar dengan manejemen, budgeting, bahkan mungkin, investasi keuangan! Meski kamu belum bisa mandiri secara finansial, kamu bisa belajar dan mengedukasi diri soal keuangan. Karena, ketika berumah-tangga, urusan keuangan akan jadi soal yang paling krusial untuk diatur dan dibahas.

Baca juga: Cara Super Gampang untuk Mulai Menabung!

Bertanggung jawab akan diri sendiri

Perempuan Terliterasi dan Mandiri Finansial

Wanita yang terliterasi dan mandiri secara finansial, akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan. Baik keputusan finansial, maupun keputusan lainnya. Hal ini dikarenakan wanita nggak lagi bergantung kepada orang lain soal keuangannya, dan bisa bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Nah, kalau begini, kamu pun bisa merdeka menentukan arah perkembangan dan pencapaian kamu. Tentu, hal ini berlaku untuk kamu yang belum menikah, atau sesuai dengan kesepakatan bersama kamu dengan pasangan.

Baca juga: Cara Mudah Berbagi Peran dengan Pasangan dalam Rumah Tangga

Gimana? Sudah tahu kan, kenapa menjadi mandiri dan terliterasi secara finansial itu penting? Tentu, untuk urusan mandiri secara finansial, semua kembali lagi ke kesepakatan bersama antara kamu dengan pasangan. Meski kamu nggak diharuskan untuk bekerja, nggak ada salahnya, untuk mulai belajar finansial? Biar kamu nggak awam-awam banget kalau ditanya soal pengelolaan keuangan, dan bisa membantu keputusan keuangan rumah tangga kamu.

Perempuan Terliterasi dan Mandiri Finansial

Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah, untuk nggak merendahkan wanita lain hanya karena dia bekerja atau nggak bekerja. Semua wanita bebas memiliki hak dan menentukan pilihannya sendiri. Kita sebagai sesama wanita, harus suportif juga dengan keputusan wanita lainnya. Semua wanita sama kok, sama-sama mengusahakan yang terbaik untuk dirinya dan keluarganya.

Kalau kamu, gimana? Share dong, cerita kamu di kolom komentar!

Image: unsplash.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment