banner-detik

bath n body

4 Kandungan yang Bisa Menyamarkan Bekas Luka!

seo-img-article

Kita tahu kalau yang namanya pegang atau mencet jerawat sangat nggak baik untuk kulit. Selain akan meninggalkan bekas, memencet jerawat dengan kuku atau tangan yang kotor, bisa menyebabkan infeksi dan memperparah kondisi jerawat. Kapan mau punya kulit semulus Song Hye Kyo, kalau masih nggak bisa menahan rasa iseng ini?

Kalau sudah terlanjur pencet-pencet atau nggak sengaja tersenggol, nggak apa-apa, jangan stress dulu. Karena kamu bisa kok menyamarkan bekas lukanya dengan beberapa kandungan ini:

trilogy indonesia - rosehip oil antioxidant  642

Rosehip oil

Berasal dari buah dan biji tanaman mawar, rosehip oil ini merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan minyak yang baik untuk kesehatan kulit. Rosehip oil  dapat meregenerasi kulit dan membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut. Dengan kadar 80% asam lemak esensial, Omega 3, 6, 9, vitamin A, vitamin C, beta carotene dan lycopene, rosehip oil diklaim bisa melembapkan kulit, melawan radikal bebas dan membantu mengurangi bekas luka.

Fakta menariknya adalah, rosehip ini sudah ada sejak dulu dan sering digunakan oleh penduduk Amerika asli dan juga suku Maya, untuk mengobati luka yang ada di tubuh maupun wajah.

Madu untuk Sleeping Mask-3

Madu 

Selain menjadi bahan pelengkap sarapan dengan pancake, ternyata madu juga bisa berfungsi sebagai bahan yang bisa melembapkan kulit, serta ampuh untuk mengatasi bekas luka yang masih meradang. Kandungan anti bakteri dalam madu dapat meredakan inflamasi, membersihkan luka, sekaligus melindunginya. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan kulit bekas luka.

 Baca juga: 7 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Kering

Kiehl's Vitamin C 1

Vitamin C

Bekas luka pasti meninggalkan tekstur serta warna kulit yang berbeda. Terutama bekas luka jerawat dan juga bekas cacar. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C, yang dipercaya bisa mencerahkan wajah dan memudarkan noda gelap pada kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu produksi kolagen dan elastin, yang menjadi kuncian penting pertumbuhan kulit baru akibat bekas luka yang meradang.

 

TBS Moringa

 

Shea Butter

Shea butter memiliki kandungan asam lemak yang mampu memperbaiki dan melembutkan kulit, sehingga kulit di sekitar luka menjadi lebih sehat dan ternutrisi. Selain itu, kandungan Omega 3 dan anti oksidan dalam shea butter mampu mencegah timbulnya keloid. Kamu bisa menggunakan shea butter dalam bentuk padat ataupun cair, dan mengoleskannya ke luka yang sudah kering sebanyak 2-3 kali sehari.

Baca juga: 5 Kandungan Skincare untuk Merawat Pori-Pori Agar Lebih Bersih dan Kencang

Itulah beberapa kandungan skincare yang bisa memulihkan bekas luka di wajah kamu. Pastikan kamu menggunakannya secara rutin, supaya dapat hasil yang maksimal dan wajah kembali bersinar!

 

Image: Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment