banner-detik

face masks

7 Hari Menggunakan Wash-Off Mask Sebagai Morning Cleanser

seo-img-article

Untuk yang punya jenis kulit kering, coba deh pakai wash-off mask sebagai pengganti facial wash di pagi  hari.

Karena kulit saya kering dan dehidrasi, saya jadi suka sekali mencoba dan bereksperimen dengan skincare yang bisa bikin kulit saya terasa lebih lembap dan nyaman. Termasuk eksperimen mengurangi penggunaan sabun wajah. Penggunaan facial wash berlebihan memang terasa bikin kulit semakin kering setiap harinya.

Nah, sudah satu minggu belakangan ini, saya mencoba mengawali ritual pagi saya dengan menggunakan wash-off mask. Jadi setelah bangun tidur, saya mencuci muka dengan menggunakan air saja. Lalu setelahnya, saya memakai wash-off mask, yang sifatnya membersihkan dan melembapkan kulit. Biasanya wash-off mask ini saya pakai selama 10-15 menit. Lalu setelah itu, saya mandi dan sekalian mencuci muka dengan menggunakan air saja, tanpa menggunakan facial wash.

Jadi morning cleanser yang saya pakai, praktis cuma wash-off mask saja tanpa facial cleanser atau micellar water. Wash-off mask yang saya gunakan selama 7 hari ini ada 5, yaitu: I’m From Mughwort Mask, Masker Keffir Etawa, Wardah Nature Daily Milky Oat Exfoliating Scrub Capsule Mask, Wardah Nature Daily Orange Pomelo Brightening Wash Off, dan Quesella Acne Care Clay Mask.

wash-of-mask-Arum (2)

Baca juga: 7 Masker Wash-Off untuk Ubah Kulit Kering Jadi Kulit Glowing

Menurut pengalaman saya, clay mask kurang cocok digunakan untuk metode ini. Karena untuk saya sendiri, kalau hanya dicuci dengan air saja tanpa facial wash, clay mask di kulit saya masih meninggalkan residu. Jadi berdasarkan pengalaman saya, wash-off mask yang paling enak digunakan untuk metode ini, harus memiliki sifat melembapkan kulit, dan punya butiran super halus pada cream maskernya. Jadi saat dibersihkan dan dipijat ke wajah, bisa sekalian sebagai mild physical exfoliator. I’m From Mughwort Mask dan Wardah Nature Daily Milky Oat Exfoliating Scrub Capsule Mask memenuhi kriteria ini. Namun Wardah Nature Daily Milky Oat Exfoliating Scrub Capsule Mask ini sedikit ada efek pedas di mata saya ketika penggunaan. Jadi saat ini, favorit saya untuk digunakan sebagai pengganti morning cleanser adalah I’m From Mughwort Mask.

Bagaimana efeknya setelah tujuh hari skip facial wash di pagi hari dan menggantinya dengan wash-off mask? Di kulit kering saya rasanya amazing! Kulit jadi lebih lembap, lembut, dan supple. Kulit kelihatan lebih smooth teksturnya dan lebih sehat. Rangkaian skincare lain yang sedang saya gunakan saat itu pun rasanya juga bisa bekerja lebih optimal di kulit saya.

Bisa dibilang cara ini, bekerja dengan sangat baik sih di kulit saya yang jenisnya kering dan dehidrasi. Tapi mungkin berbeda jenis kulit, bisa beda result ya. Tapi saya sendiri jujur tidak akan meneruskan ritual ini. Karena walau hasilnya bagus di kulit saya, namun cukup memakan waktu di pagi hari. Apalagi saya di pagi hari cenderung lebih suka skipcare, untuk menghemat waktu skincare routine. Baru di malam hari, saya layering skincare yang step-nya lumayan panjang.

Baca juga: Cara Mempersingkat Skincare Rutin Namun Hasilnya Tetap Efektif

Kalau kamu pernah mencoba metode ini juga, share hasilnya ya. Apalagi kalau jenis kulitmu berbeda dengan jenis kulit saya, karena saya penasaran juga bagaimana hasilnya bila ini diaplikasikan pada kulit yang berminyak. Selamat mencoba!

Image: Dok. Female Daily/Arum, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment