Ini yang Wajib Dipersiapkan untuk Menghadapi Banjir

Ini yang Wajib Dipersiapkan untuk Menghadapi Banjir

Banjir kembali melanda sebagian wilayah Indonesia. Pastikan kamu punya benda-benda ini di rumah untuk menghadapinya, ya.

Hujan deras yang nggak kunjung berhenti membuat beberapa wilayah di Indonesia kembali dilanda banjir, khususnya di Ibu Kota Jakarta. Beberapa area yang biasanya nggak pernah banjir pun turut terkena imbasnya, namun syukurlah per hari ini sudah surut. Meskipun begitu, prediksi dari BMKG, Jakarta dan sekitarnya masih akan diguyur hujan deras sampai tanggal 25 Februari mendatang. Makanya, nggak ada salahnya kita mempersiapkan beberapa hal berikut ini kalau-kalau banjir kembali datang.

Baca juga: Memasuki Musim Hujan, Coba 4 Minuman Sehat Ini Supaya Tubuh Tetap Fit!

Power bank ekstra

Saat hujan deras dan banjir datang, biasanya beberapa wilayah mengalami mati listrik juga untuk menghindari terjadinya korsleting. Supaya masih tetap bisa berkomunikasi dengan nyaman, pastikan kamu sedia power bank cadangan berkapasitas besar untuk nge-charge handphone di saat darurat, ya.

Persediaan air bersih

Biasanya makanan instan selalu jadi salah satu hal pertama yang distok saat banjir tiba. Tetapi ada satu hal yang juga nggak kalah penting, yaitu air bersih galonan. Kalau area tempat tinggalmu terkena banjir yang nggak terlalu parah, namun susah dapat akses air bersih, air bersih ini bisa digunakan untuk memasak atau untuk bersih-bersih juga in case. 

Kompor portable

Kompor portable might come in handy kalau kamu tetap memilih untuk masak, apa lagi kalau di rumahmu pakai kompor listrik. Jangan lupa untuk sedia cadangan gas portable juga ya.

Tas atau storage waterproof

Mengingat hujan deras masih akan datang lagi, sebaiknya simpan semua dokumen penting dalam tas atau storage box yang waterproof. Di dalamnya kamu juga bisa simpan benda-benda berharga lainnya.

Sabun antiseptik dan obat-obatan

Sediakan sabun antiseptik beserta obat-obatan yang kamu butuhkan dan juga masker. Mengingat saat ini kita juga masih di tengah masa pandemi. Segera mandi atau membersihkan kaki dengan sabun antiseptik setelah terkena air banjir.

Baca juga: Apa Sih Manfaat Eucalyptus Bagi Kesehatan?

Di atas merupakan lima barang yang wajib dipersiapkan untuk menghadapi banjir. Kalau ternyata area rumahmu memang langganan banjir, bisa juga sediakan perahu karet atau pelampung untuk evakuasi, ya.

Stay safe and healthy, everyone!

Foto: dok. CNN Indonesia