banner-detik

lifestyle

Sebelum Pacaran, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini dari Calon Pasangan!

seo-img-article

Ada 3 hal yang perlu kamu coba nilai!

Valentine’s day is around the corner! Saya yakin, akan ada banyak yang menggunakan kesempatan hari Valentine ini untuk ‘menembak’ atau merayakan hari jadian mereka. Wohoo! Apakah kamu salah satunya? Well, apakah itu akan betul terjadi di Valentine ini atau nggak, at some point in our lives pasti akan ada saatnya kita memilih dengan siapa kita akan berpacaran, setidaknya kalau kamu memang mau menikah.

Tapi sayang, kadang kita sendiri ragu untuk memulai suatu hubungan karena nggak tahu kriteria apa aja yang harus dilihat dari calon pasangan. Atau sebaliknya, saking kita sudah dibutakan oleh perasaan, kita jadi nggak tahu lagi apa yang harus dipertimbangkan dari calon pasangan. Nah, kalau kamu salah satunya, sebaiknya perhatikan hal-hal penting ini sebelum lanjut ke tahap yang lebih serius. Ada beberapa pertimbangan yang saya pikirkan mengenai calon pasangan, yaitu:

Interests

asian-couple-love-laughing-drinking-red-wine-kitchen_34840-523

Sebelum menerima seseorang jadi pacar, salah satu hal yang saya nilai dari dirinya biasanya adalah kesamaan dalam segi hobi atau ketertarikan. Well, kesamaan hobi nggak berarti harus sama persis ya. Misal saya hobi makeup, masa cowoknya harus ikutan suka sama makeup? Nggak mungkin kan? Tapi, common interest ini bicara tentang kegiatan yang bisa kita sama-sama enjoy. Entah itu bisa nge-gym bareng, hiking bareng, nonton bareng, sama-sama suka nyanyi, sama-sama hobi makan, atau hal-hal apapun yang simpel!

Saya sempat dapat pacar yang sukanya seharian berada di rumah dan nggak mau keluar sama sekali, sedangkan saya suka explore, jalan-jalan, menemukan hal-hal baru. Memang sih, bisa saja ganti-gantian, atau sekalian saja lakuin kegiatan masing-masing. Tapi saya lebih suka kalau bisa melakukan sesuatu yang bisa dinikmati bareng-bareng! Kalaupun kamu dan pasangan punya interest yang berbeda, coba juga pikirkan apakah kalian bisa cari jalan tengahnya? Kalau memang bisa, ya go for it! Toh kalian yang menjualankan hubungan. Tapi, masih ada juga sih pasangan yang nggak terlalu mementingkan hal seperti ini. Kalau kamu gimana?

Baca juga: 11 Tanda Bahwa Pacar Kamu Melakukan Gaslighting

Values

asian-couple-love-having-fun_34840-313

Saya masih bisa toleransi kalau kita nggak punya interest yang sama, tapi kalau bicara soal values atau nilai yang dipegang, ini sudah satu hal yang berbeda lagi. Value yang seseorang pegang sangat berpengaruh kepada keputusan apapun yang dibuat, serta bagaimana cara orang tersebut memandang segala sesuatu. Jadi, akan sulit untuk menjalani kehidupan bersama kalau dari awal kamu nggak setuju atau nggak suka dengan value yang dipegang calon pasanganmu. Walaupun kamu memutuskan berpacaran dengan seseorang sebagai sesuatu yang kasual atau santai, tapi you are who you spend your time with. Kamu akan banyak spend time, mendengarkan, belajar menghormati, mendengarkan, dan berbagi ke pasanganmu. Itu sebabnya get to know his values and character first before committing. A guy with a bad character will turn your relationship full of thorns and thistles. Jangan lanjut dengan alasan ‘saya akan coba mengubah dirinya’ karena you are not his hero. Karakter adalah tanggung jawab masing-masing dan bukan orang lain. So, be careful!

Goals

happy-young-asian-couple-love-having-good-time_1339-81063

Common interests help you determine how you spend your free time. Common goals determine how you spend your life. Cobalah bicarakan kepada calon pasanganmu, cita-cita yang dimiliki apa sih? Coba sesuaikan dengan cita-citamu, apakah bisa berkesinambungan satu sama lain? Keputusan, cara berpikir, dan kehidupan seseorang sangat bergantung dengan tujuan hidup yang dimiliki. Goals juga sangat menentukan segala aspek mulai dari tempat tinggal, karier yang dipilih, bagaimana kamu menghabiskan waktu dan uang, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya sebelum kamu berkomitmen dengan seseorang, akan ada baiknya kamu tahu lebih dulu ke mana arah tujuan hidupnya. Kamu nggak akan ikutan kereta yang nggak punya arah tujuan, kan? Ingat juga untuk nggak menjadikan goals atau tujuan hidup pasanganmu jadi tujuan hidupmu sendiri. Know yourself first! Dengan demikian kamu akan lebih bisa menilai lelaki macam apa yang kamu inginkan.

Baca juga: Waspada Predator Seksual, Berikut Beberapa Do’s And Don’ts Online Dating!

Memang sih, mungkin banyak dari kita yang ketika pacaran lebih memilih untuk ‘go with the flow’, tanpa harus mikirin hal-hal ribet seperti ini. Tapi ingat bahwa pacaran nggak cuma sekedar fun aja. Dengan siapa kamu pacaran bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental, pola pikir, dan perilakumu. Belajar dari kesalahan masa lalu, saya jadi lebih berhati-hati, bahkan coba konsultasi ke teman yang saya percaya di masa PDKT, supaya saya nggak dibutakan oleh cinta atau ketertarikan fisik semata! Dengan kita coba berpikir secara rasional dalam memilih pasangan, kita akan lebih siap menjalani hubungan!

Gimana dengan kamu? Apakah kamu tipe yang akan coba berpikir rasional, atau tipe go with the flow dalam hubungan? Jangan lupa share di komen ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment