banner-detik

lifestyle

Rekomendasi Aplikasi Editing Foto dan Video untuk Bikin Konten!

seo-img-article

Beberapa aplikasi berikut ini bisa bantu kamu edit foto dan video!

Masa pandemi jadi momen di mana saya banyak eksplor diri saya sendiri, termasuk memperbanyak bikin konten dan belajar lebih dalam tentang editing. Karena gimanapun, sekarang orang semakin berlomba-lomba membuat feed atau konten yang menarik hingga menimbulkan banyak engagement. Dulu, Adobe Photoshop jadi salah satu aplikasi andalan saya untuk edit foto. Tapi, belajar Adobe Photoshop nggak sesimpel dan semudah itu! Untungnya, sekarang udah ada banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk edit foto, bahkan untuk edit video. Nah, kalau kalian juga ingin coba-coba buat konten tapi bingung harus pakai aplikasi apa, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba!

1. Adobe Lightroom

Lightroom_Classic

Pernah lihat banyak influencer atau content creator yang bikin konten feed-nya terlihat color coordinated atau memiliki tone warna yang sama? Kalau kamu jadi salah satu yang ingin bikin seperti itu, kamu bisa coba Adobe Lightroom! Adobe Lightroom bisa bikin kamu atur tone warna yang kamu inginkan, bahkan kamu bisa mengaplikasikan preset yang kamu mau. Preset adalah seperangkan setting-an warna, yang bisa langsung kamu aplikasikan ke foto dalam satu kali klik. Saat ini, udah banyak pilihan preset yang bisa kamu beli di website, atau kamu bisa juga buat sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan! Kamu juga bisa melakukan setting manual editing pada foto kamu dengan mengubah mulai dari Light, Color, Detail, Effects, dan masih banyak settingan lainnya! Adobe Lightroom bisa kamu dapatkan secara gratis di iOS atau App Store!

2. Adobe Photoshop Fix

Adobe-Photoshop-Fix

Pernah nggak, ngerasa kesel banget karena kamu udah foto bagus-bagus, tapi di background foto banyak orang lewat atau objek yang mengganggu? Jangan khawatir! Adobe Photoshop Fix bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini! Dengan fitur Healing, kamu bisa menghapus bagian-bagian dari foto yang ingin kamu hilangkan. Well, aplikasi ini juga sering digunakan influencer atau content creator untuk mengecilkan lengan atau menguruskan badan dengan fitur Liquify. Bahkan, Titan Tyra pernah memberikan tutorialnya sendiri untuk menggunakan aplikasi ini. Tapi, kalau menurut saya sih, you just have to be you. Nggak perlu sampai ubah bentuk badan demi likes atau engagement semata! Kamu masih bisa explore fitur lainnya juga seperti Adjust, Crop, Smooth, dan Light yang bisa kamu coba sendiri. Adobe Photoshop Fix bisa kamu dapatkan secara gratis lewat iOS atau Android!

Baca juga: 5 Produk untuk Mempercantik Foto #DiRumahAja

3. Facetune

1439404796_japanese-demo-photo-3

Pernah lihat hasil editing foto wajah yang terlihat mulus banget seperti artis atau content creator Holywood? Yes, para content creator seperti James Charles, Jeffree Star, Nikita Dragun, dan masih banyak lainnya lagi sering menggunakan Facetune sebagai aplikasi andalan. Kamu bisa banyak eksplor fitur dari aplikasi ini mulai dari Filters, Smooth, Backdrop, dan masih banyak fitur lainnya. Kamu bahkan bisa tambahkan efek lighting, ganti warna rambut, dan touch up makeup! Pokoknya, ada banyak banget yang bisa kamu eksplor hanya dari aplikasi yang satu ini. Kamu bisa download Facetune secara gratis, tapi ada beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan hanya kalau kamu subscribe versi Upgrade-nya. Tapi sayang, banyak yang ketagihan menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto secara berlebihan hingga hasilnya terlihat fake dan nggak natural. Ingat ya, don’t overdo your editing!

 4. Procreate

gradient-lettering-tutorial-10

Akhir-akhir ini saya lagi sering banget explore editing dengan menggambar GIF atau sekedar menambah handwriting pada foto atau video saya. Untuk melakukan ini, saya menggunakan aplikasi Procreate yang terdapat khusus di Ipad dan menggunakan Apple Pencil supaya lebih leluasa menggambar. Dengan aplikasi procreate, kamu bisa membuat animasi, GIF, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu explore! Saya juga sering gunakan aplikasi untuk untuk membuat animasi Title sebagai pembukaan video supaya lebih menarik. Procreate bukan aplikasi yang gratis, tapi kamu bisa dapatkan dengan harga sekitar Rp 120 ribu untuk sekali install di iOS.

5. Vllo

8df234_d65197be94fd4477afe0c696773f1296_mv2_d_5280_2727_s_4_2

Kamu ingin edit video tapi bingung mau edit di mana? Sekarang, kamu bisa coba edit video dengan aplikasi Vllo! Banyak fitur yang bisa kamu gunakan dari aplikasi ini. Mulai dari cutting video, isi background song, tulis caption, menambahkan GIF animasi, voiceover, bahkan masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai basic untuk membuat video. Kamu bisa dapatkan Vllo secara gratis di iOS, tapi ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan hanya kalau kamu upgrade ke pro version!

Baca juga: 5 Tren Teknik Foto TikTok yang Perlu Kamu Coba! (With Audio)

6. Unfold

Dl3k5U5U4AA34bt

Kamu pernah ingin bikin instastory dengan layout yang kece dan keren? Kamu bisa gunakan Unfold! Unfold punya berbagai macam template yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan foto dan video supaya lebih aesthetic. Kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk menambahkan tulisan dengan berbagai macam pilihan font yang ada. Kamu bisa dapatkan Unfold secara gratis, tapi kamu perlu subscribe kalau ingin gunakan semua fitur!

7. Phonto

phonto

Last but not least, Phonto bisa kamu gunakan untuk bantu kamu menambah tulisan dengan berbagai jenis font yang tersedia. Kamu bisa melakukan setting warna, shadow, kamu bahkan bisa buat gradasi warna untuk menambahkan rainbow effect pada tulisan yang ingin kamu buat. Kamu bisa gunakan font default yang sudah ada, atau kamu juga bisa download font yang kamu mau. No more boring titles and texts thanks to Phonto! Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di iOS atau App Store ya!

So, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk editing foto maupun video. Beberapa aplikasi tersebut sering saya gunakan untuk membuat konten, dan nggak jarang juga saya menggabungkan fungsi dari beberapa aplikasi untuk membuat sebuah konten. Yang penting, jangan berhenti untuk nggak berhenti eksplor, dan tetap berkreasi!

Happy creating!

 

Foto: Dok. phonto.com, twitter.com/unfoldhq, apkmagic.com, ipadcalligraphy.com, entrepreneur.com, phinemo.com,

Slow Down

Please wait a moment to post another comment