banner-detik

eye makeup

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memakai Softlens Besar

seo-img-article

Sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens dengan diameter besar, coba pertimbangkan dulu hal-hal ini!

Softlens ukuran besar memang menarik banget, apa lagi untuk yang suka dolly makeup look yang bikin wajah jadi kelihatan kayak boneka yang imut dengan mata besar yang berbinar. Tapi nggak semua orang cocok lho pakai softlens dengan ukuran diameter yang lebih besar dari kornea mata asli kita. Apalagi kalau ukuran diameternya benar-benar signifikan bedanya, seperti 16 mm. Saya sendiri termasuk yang nggak cocok menggunakan softlens dengan ukuran besar. Jadi saya sekarang lebih memilih menggunakan softlens dengan ukuran normal atau diameter 14 mm saja.

Baca juga: 7 Tips Merawat Softlens yang Wajib Diketahui!

Perhatikan tiga hal berikut ini, sebelum memutuskan untuk memnggunakan softlens berukuran besar secara terus-menerus.

tips softlens 2

Kenyamanan

Softlens berhubungan langsung dengan area sensitif kita, yaitu mata, jadi kenyamanan dan keamanannya adalah faktor utama yang harus kita perhatikan, sebelum memikirkan hal-hal lainnya. Karena percuma banget tampil cantik, kalau ternyata nggak nyaman dan malah membahayakan kesehatan. Penggunaan softlens dengan diameter yang lebih besar dari kornea mata, pasti akan terasa mengganjal. Perawatannya juga harus ekstra, harus sering menggunakan tetes mata khusus, karena softlens dengan dimeter besar ini cenderung lebih mudah membuat area mata kering dan iritasi. Lalu, sisa lensa kontak yang menempel di area lingkar luar kornea kita juga berpotensi mengganggu pandangan dan dapat mengganggu aliran darah di area sekitarnya.

Namun kalau setelah mencoba ternyata kamu merasa nyaman, atau merasa bisa mentolerir rasa mengganjalnya, dan juga nggak merasa direpotkan dengan perawatan ekstranya, silakan saja untuk melanjutkan penggunaannya.

Ukuran mata

Umumnya, softlens dengan diameter besar digunakan oleh orang bermata sipit untuk membuat mata terlihat lebih terbuka dan lebar. Namun perhatikan juga ukuran mata secara keseluruhan, ya. Kalau ukuran mata terlalu kecil, selain susah memasang softlens dan sangat nggak nyaman, hasilnya juga malah aneh dan terlihat tidak natural.

Proprorsi wajah

Softlens berdiameter besar memang membuat mata terlihat lebih bulat dan juga lebih besar. Tapi perlu diingat juga, softlens dengan ukuran diameter besar, juga membuat ilusi wajah terlihat lebih bulat dan lebar. Wajah saya dari sananya memang sudah lebar dan chubby. Ketika pakai softlens dengan diameter 16 mm ini, saya merasa muka saya jadi lebih bulat dan lebar. Jadi kalau memang sedang ingin menggunakan softlens dengan diameter yang besar, biasanya saya pun juga effort pakai makeup dan contouring agar muka saya nggak terlihat terlalu chubby.

Tapi untuk kamu-kamu yang punya wajah kecil atau wajah oval, softlens dengan ukuran diameter besar ini bakalan cantik banget pastinya di wajahmu. Malah akan membantu menonjolkan fitur-fitur di wajahmu.

Makeup look

Bagaimana pun juga, softlens dengan diameter besar tentu terlihat tidak natural. Semua orang akan melihat kalau kita sedang memakai softlens. Menurut saya sih, kalau kita memakai softlens jenis ini tanpa memakai makeup sama sekali, jatuhnya malah aneh dan tidak seimbang. Tapi kalau kita pakai makeup yang terlalu berat, lengkap dengan lipstik merah atau bulu mata super tebal, juga akan terlihat sangat berlebihan. Menurut saya, makeup fresh dan minimalis ala Korean makeup look adalah yang paling tepat untuk dipasangkan dengan softlens berdiameter besar ini.

Baca juga: 3 Makeup Complexion Lokal Terbaru yang Bikin Wajah Flawless

Tapi yang lebih penting lagi, pastikan softlens yang kamu pakai adalah softlens dengan merk yang jelas, aman, dan dibeli di optik terpercaya ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment