Belajar dari Drama Korea True Beauty, Berikut 4 Kesalahan Makeup yang Sering Dialami Pemula!

Belajar dari Drama Korea True Beauty, Berikut 4 Kesalahan Makeup yang Sering Dialami Pemula!

Mungkin bisa dibilang sedikit terlambat, tapi baru-baru ini saya baru aja nonton serial drama Korea dari True Beauty. Jujur, saya baru nonton hingga episode 2, tapi menurut saya film ini penuh dengan nostalgia dan mengingatkan akan diri saya sendiri beberapa tahun yang lalu. Buat kamu yang belom nonton, serial ini menceritakan tentang seorang remaja SMA bernama Lim Ju Kyung, yang seringkali di-bully teman-temannya karena dia jelek. Di suatu kesempatan, akhirnya Ju Kyung mati-matian belajar makeup hingga dirinya tampil cantik dan hal ini merubah hidupnya secara drastis! Nah, adegan yang bikin saya nostalgia adalah adegan di mana Ju Kyung sedang mati-matian belajar makeup, karena kesalahan yang dirinya alami mirip sama beberapa kesalahan makeup yang saya lakukan dulu. So, berikut adalah beberapa kesalahan makeup yang sering dilakukan oleh para pemula dalam makeup!

1. Foundation Salah Undertone

Screen Shot 2021-01-22 at 11.55.30

Waktu awal saya baru belajar makeup ke diri sendiri, saya terobsesi banget sama yang namanya makeup ala artis Korea, sama kayak Ju Kyung! Tapi sayang, undertone kulit saya berbeda dengan orang Korea. Kalau kebanyakan orang Korea punya undertone neutral atau pink, sedangkan saya memiliki warm undertone. Padahal, saat itu saya suka banget menggunakan BB cream dan saya selalu berfikir untuk terlihat cantik, saya harus gunakan shade seterang mungkin! Jadi, saya selalu membeli shade yang 2x lebih terang dari kulit saya sendiri. Hasilnya? Tentu aja jadi ashy dan menyeramkan tentunya. Nggak sedikit teman saya yang selalu mengomentari makeup saya yang terlalu putih! Tapi saya nggak perduli, karena saat itu saya merasa diri saya cantik. Mirip dengan yang Lim Ju Kyung alami di drama True Beauty. Oh the good old days. Untung sekarang sudah banyak foundation atau cushion dari produk lokal yang kualitasnya nggak kalah dengan produk Korea dengan shades yang lebih friendly dengan kulit perempuan Indonesia!

2. Alis Terlalu Tebal atau Dicukur Sampai Botak

Screen Shot 2021-01-22 at 11.54.32

Alis asli saya tipenya adalah tebal dan tumbuhnya lebat nggak karuan. Jadi, kalau mau digambar, saya harus mencukur alis hingga rapih, baru di gambar atau di fill-in perlahan-lahan dengan menggunakan pensil alis. Beda ceritanya di zaman saya masih baru belajar, saya malah ‘menggambar’ di alis saya yang masih tebal dan lebat! As the time goes by, saya belajar mencukur alis, bahkan nggak jarang terlalu banyak mencukur hingga akhirnya alis saya pitak. Pilihan produk yang saya gunakan pada awal masih belajar adalah Anastasia Beverly Hills Dibrow Pomade. Pomade alis bukanlah pilihan produk yang bagus terutama buat kamu yang masih pemula dalam bikin alis, karena percayalah hasil yang saya buat beneran kayak ulet bulu! Took me around 2 years untuk membuat alis yang saya inginkan. Bahkan hingga sekarang, saya masih belum ‘puas’ dan terus menerus explore gaya gambar alis. Makeup is a process, and something to explore and have fun with!

Baca juga: Mau Tahu Siapa Sih Pemeran True Beauty yang Paling Mirip dengan Kamu?

3. Foundation Terlalu Tebal

pemerna-drama-True-Beuty-Soompi-1200x800

Nggak cuma menggunakan foundation terlalu tebal, saya bahkan pernah menggunakan concealer untuk satu wajah. Karena di saat itu, saya ingin membuat wajah saya se-glass skin dan se-flawless mungkin. Mirip banget sama Ju Kyung di drama True Beauty! Hasilnya? Ya terlalu tebal. Akhirnya jadi crack dan patchy di mana-mana. Saya sendiri bahkan pernah mengalami apa yang Ju Kyung alami di drama True Beauty, di mana foundation saya transfer ke baju orang lain saat saya nggak sengaja nabrak! Malu banget kan? Now as the time goes by, saya sadar foundation yang digunakan seperlu dan seadanya aja. Kalau ada jerawat, itu artinya kulit harus di rawat dengan menggunakan skincare, bukan di cover dengan menggunakan makeup setebal-tebal mungkin.

4. Merasa Bukan Diri Sendiri Tanpa Makeup

true-beauty

Saya pernah merasa nggak percaya diri atau seperti diri sendiri ketika nggak menggunakan makeup. Sama banget seperti yang dirasakan Ju Kyung pada series ini. Dan menurut saya ini adalah kesalahan yang sangat besar. Saya menggunakan makeup sebagai topeng persona diri saya yang lain. Bahkan, ada momen di mana saya bisa panik banget ketika lipstik saya luntur sedikit saja. A super unhealthy way to view myself! Sekarang saya sudah lebih dewasa, saya tetap diri saya sendiri dengan atau tanpa makeup. Saya tetap cantik walau nggak menggunakan makeup, dan makeup saya gunakan untuk tampil lebih rapih sekaligus sebagai sarana ekspresi diri. Mereka yang mengatakan hal lain atau mencoba menghancurkan kepercayaan diri saya, they are toxic dan nggak semua harus kita jadikan teman, kan?

Baca juga: Paling Ditunggu di 2020, Cek Fakta Soal Drakor True Beauty yang Akan Segera Tayang!

Berikut adalah beberapa kesalahan makeup yang saya ingat gara-gara Ju Kyung di drama True Beauty. Gimana dengan kamu? Pernahkah mengalami beberapa hal ini juga? Jangan lupa share di komen ya!

 

Foto: Dok. tvn.com/truebeauty